Jenis Keputihan Saat Hamil Dari Segi Warna, Berbahaya atau Tidak?

Jenis Keputihan Saat Hamil Dari Segi Warna

Selama kehamilan, seorang wanita mungkin merasakan cairan keluar dari vaginanya beberapa kali. Keputihan saat hamil dari segi warna bervariasi dan belum tentu berbahaya. Indikator masalahnya adalah keputihan memiliki bau yang menyengat dan warna yang tidak biasa. Bahkan sejak awal mengandung, volume dan frekuensi keputihan juga akan lebih banyak. 

Jenis Keputihan Saat Hamil

Wajar saja jika ibu hamil mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat karena dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan vagina. Selain itu, warnanya bisa lebih bervariasi. Warna keputihan selama kehamilan dapat memberikan gambaran umum tentang karakteristik keputihan yang tidak normal. 

1. Bening atau putih

Keputihan selama kehamilan, seperti putih telur atau putih susu, dapat mengindikasikan leukorrhea. Ini adalah keputihan normal selama kehamilan, terutama jika baunya tidak terlalu kuat. Saat keputihan normal saat hamil memasuki trimester pertama, keputihan terjadi saat hamil karena peningkatan aliran darah ke vagina. 

Pada tahap ini, warna keputihan saat hamil juga mirip dengan putih telur. Namun, perubahan kuantitas dan konsistensi juga dapat mengindikasikan masalah. Jika seorang wanita hamil mengalami keputihan yang kental seperti jeli, konsultasikan dengan dokter kandungannya. Ini bisa menjadi tanda kelahiran prematur.

2. Putih kental

Keputihan seperti susu, gatal, mengental bisa menjadi tanda infeksi jamur Candida. Infeksi jamur sangat umum terjadi pada wanita hamil. Gejala lain biasanya termasuk gatal, terbakar, dan nyeri saat buang air kecil dan hubungan seksual.

3. Kekuningan atau kehijauan

Keputihan berwarna kuning atau hijau saat hamil menandakan adanya penyakit menular seksual seperti chlamydia atau trichomoniasis. Selain keputihan berwarna hijau saat hamil, biasanya disertai dengan kemerahan dan iritasi pada alat kelamin.

Namun, ada infeksi yang tidak menimbulkan gejala. Selain itu, keputihan yang berwarna hijau dan kental selama kehamilan karena trikomoniasis dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan yang dapat mempengaruhi ibu dan bayinya. 

4. Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu saat hamil bisa menjadi tanda adanya infeksi vagina berupa bakterial vaginosis. Biasanya, keputihan ini disertai dengan bau amis dan bertambah parah setelah berhubungan intim. Vaginosis bakterial, atau BV, disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam vagina. Menggunakan sabun kebersihan kewanitaan dan berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan merupakan faktor risiko BV. 

5. Kecokelatan

Jika keputihan Anda berwarna coklat, itu berarti ada cukup darah yang keluar dari tubuh. Ini bisa menjadi tanda awal seseorang hamil. Keputihan berwarna coklat pada awal kehamilan adalah hal biasa. Keputihan saat hamil biasanya muncul sebelum minggu ke-12 kehamilan. Bintik-bintik juga bisa berwarna merah atau merah muda. Secara umum, lendir cokelat ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika warnanya berubah menjadi coklat tua, sebaiknya periksakan ke dokter.

6. Merah muda

Keputihan berwarna merah muda saat hamil bisa berarti sesuatu yang normal atau tidak. Lendir merah muda mungkin muncul di awal kehamilan atau sebelum melahirkan. Ini juga dapat terjadi pada wanita yang pernah mengalami keguguran atau kehamilan ektopik. Keputihan berwarna merah muda pada awal kehamilan tidak menunjukkan risiko. 

7. Merah

Keputihan berwarna merah menandakan Anda harus segera mendapatkan bantuan darurat. Apalagi jika terdapat darah dalam jumlah banyak yang mengandung gumpalan dan disertai kram perut. Ini bisa menjadi tanda keguguran atau kehamilan ektopik. 

Inilah beberapa jenis keputihan saat hamil dari segi warna. Apabila normal, Anda tidak perlu khawatir namun harus tetap menjaga kesehatan tubuh ibu agar janin juga bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat hingga lahir. Penuhi asupan kebutuhan ibu hamil dengan Anmum Materna dengan NUELIPID yang mengandung DHA dan gangliosida, zat besi, asam folat, vitamin B6 dan B12 untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Jenis Keputihan Saat Hamil Dari Segi Warna, Berbahaya atau Tidak?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel