Jenis - Jenis Location Based Advertising

Jenis - Jenis Location Based Advertising

Location Based Advertising (LBA) merupakan strategi pemasaran langsung yang menggunakan perangkat seluler seperti smartphone untuk mengirimkan produk ke audiens di lokasi tertentu. Biasanya melalui fitur SMS. Ada juga jenis Location Based Advertising yang lain sehingga biasanya bisa diatur sesuai kebutuhan. 

Pandemi COVID-19 masih berlangsung dan berdampak negatif terhadap toko fisik yang mengandalkan pelanggan harian untuk kunjungan toko mereka. Oleh karena itu, penting bagi pemilik toko untuk memikirkan cara lain untuk mempopulerkan bisnis mereka. Salah satunya adalah saluran digital. Salah satu saluran digital yang bisa Anda gunakan adalah location-based advertising (LBA). 

Iklan ini memungkinkan Anda menargetkan orang-orang di sekitar toko atau bisnis Anda dalam radius tertentu. Mengetahui pentingnya LBA sebagai alat strategi pemasaran, konversi penjualan akan meningkat dari sebelumnya.  

Jenis-Jenis Location Based Advertising

1. Penargetan Hyper-Contextual

Tipe ini dimaksudkan untuk melewatkan data hyper-context yang sangat relevan dengan target konsumen. Data hyperlocal dikumpulkan dan digunakan untuk mengirim pesan yang relevan kepada calon konsumen. 

Meskipun jenis ini lebih umum digunakan untuk meningkatkan tingkat konversi, penargetan hypercontext juga sering digunakan oleh lembaga dan organisasi untuk menyebarkan pesan dalam radius tertentu. Penargetan konteks hiper dibuat untuk pesan yang dipersonalisasi, sehingga sangat relevan dengan penerima pesan. Biasanya, jenis pesan LBA ini dikirim di siang hari untuk mencapai tujuan.

2. Penargetan Geo-Aware

Penargetan geoaware menggunakan data lokasi waktu nyata dari penyedia telekomunikasi. Pesan tersebut kemudian dikirim ke calon konsumen dalam radius tertentu. Penargetan geografis atau iklan waktu nyata telah ada sejak lama.

Mirip dengan penargetan hiper-konteks, penargetan geografis memerlukan perhatian khusus pada pemrosesan data perilaku konsumen potensial. Dengan cara ini, Anda dapat mengirim pesan singkat dan tepat waktu kepada konsumen target Anda saat mereka berada dalam jangkauan iklan Anda, meyakinkan mereka untuk pergi ke toko untuk melakukan pembelian atau melihat produk terbaru.

3. Penargetan Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Anda tentu pernah menerima pesan promosi saat memasuki ruang pusat perbelanjaan atau bioskop yang menawarkan promosi menarik. Pesan iklan yang Anda terima adalah contoh lokasi tertentu atau iklan bertarget berbasis lokasi yang telah Anda pilih.

4. Geo-fencing

Ini hampir identik dengan penargetan berbasis lokasi, karena Anda dapat menargetkan audiens di wilayah geografis tertentu yang diidentifikasi berdasarkan koordinat yang diterima dari telepon pelanggan. Geofencing bekerja seperti pagar virtual yang menargetkan konsumen terdekat dan menciptakan radiusnya sendiri untuk memandu mereka ke tujuan tertentu. 

Iklan geofencing yang tepat dapat menarik konsumen yang bergerak dalam radius yang telah ditentukan. Tujuannya adalah untuk memandu konsumen secara virtual di dalam pagar yang ditentukan dan menciptakan arus ke dalam toko.

5. Geo-Conquesting

Geo conquesting menargetkan konsumen yang secara fisik mengunjungi atau berada di dekat toko pesaing. Jenis metode pemasaran ini digunakan untuk "membajak" lalu lintas pengunjung toko pesaing dengan penawaran atau produk hebat Anda. Sebenarnya, pengunjung mereka mungkin ingin membeli produk lain tetapi Anda telah mengirimi mereka pesan promosi yang sulit untuk diabaikan. 

Ada banyak bidang yang menggunakan informasi lokasi, seperti restoran, pakaian, komunikasi, dan lainnya. Ini adalah jenis yang memanfaatkan perilaku dan sikap konsumen pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat untuk konten iklan yang baik.

Jenis Location Based Advertising tersebut juga tentunya bisa disesuaikan dengan jenis bisnis. Telkomsel DigiAds kini bermitra dengan GoScreen untuk menjangkau audiens yang lebih besar dengan DOOH. Tujuannya adalah untuk menemukan cara yang lebih baik dan berkelanjutan untuk meningkatkan ekosistem periklanan digital Indonesia guna menciptakan solusi periklanan digital yang kuat untuk berbagai kebutuhan.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Jenis - Jenis Location Based Advertising"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel