Cara Membuat Salad Sayur Enak Sehat Sederhana

Cara Membuat Salad Sayur Enak Sehat

Selain buah-buahan, salad juga bisa dibuat dari sayur-sayuran. Bukan hanya, enak tapi juga tentunya sehat. Contoh sayuran yang bisa digunakan untuk salad adalah seperti mentimun, wortel, selaa, tomat merah, kol ungun, dll. Ternyata, cara membuat salad sayur tidaklah sulit. Dengan tips berikut yang bisa anda baca di selerasa.com, kalian bisa membuat menu sehat yang cocok untuk diet dengan mudah.

Jika kalian penasaran dengan menu diet makanan sehat ini, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya, diperlukan waktu kurang lebih sekitar 20 menitan untuk persiapan dan 20 menitan untuk memasak.

Apa Saja Bahan yang Perlu Disiapkan?

Pertama, ambil kol ungu sebanyak 4 lembar. Jika tidak ada, bisa menggunakan kol biasa. Selain kol, siapkan juga tomat merah 1 buah, bawang ungu ½ buah, dan perasan jeruk nipis secukupnya. Kemudian, siapkan juga mentimun ½ buah, wortel 1 buah, dan selada romawie kecil 1 buah. Itu adalah bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat salad sayur ini.

Kalian juga harus menyiapkan beberapa bahan yang akan digunakan untuk membuat saus. Bahan-bahan tersebut adalah gula sebanyak ¼ sendok teh, saus tomat sebanyak 1 sendok makan, mayonais plain sebanyak 5 sendok makan, saus sambal sebanyak 1 sendok makan, lada bubuk sebanyak ¼ sendok teh, dan garam secukupnya.

Langkah-langkah Membuat Salad Sayur

Jika bahan-bahan di atas sudah disiapkan semuanya, kalian bisa langsung memulainya. Caranya sangat mudah & sederhana. Yang pertama harus kalian lakukan adalah mencuci sayuran yang telah disiapkan tadi seperti bawang, mentimun, tomat, wortel, selada, dan kol. Setelah bersih, tiriskan dulu selama beberapa saat.

Jika sudah kering, potong-potong sayuran. Untuk kol ungu, iris hingga tipis-tipis lalu sisihkan. Kemudian lanjut ke wortel, kupas kulit luarnya dan parut kasar menggunakan parutan khusus wortel. Setelah itu, potong tomat jadi beberapa bagian, sesuaikan dengan selera kalian masing-masing apakah besar-besar atau kecil-kecil.

Langkah selanjutnya, potong mentimun dengan bentuk kotak kecil-kecil. Lanjutnya dengan bawang ungu yang diiris tipis.

Langkah-langkah Membuat Saus Salad Sayur

Jika seluruh bahan-bahan sudah dipotong, lanjutkan untuk membuat saus salad. Pertama-tama, ambil wadah & masukkan bahan-bahan saus yang tadi sudah disiapkan seperti garam, saus sambal, gula, saus tomat, lada bubuk, dan mayonais. Lalu, aduk bahan-bahan tersebut sampai benar-benar tercampur semuanya.

Kalian bisa mencicipinya untuk mengoreksi apakah sudah pas atau masih ada yang kurang. Tentunya, ini tergantung selera kalian masing-masing. Setelah itu, sajikan salad dengan menggunakan piring saji. Caranya cukup letakkan seluruh bahan sayuran yang telah kalian potong-potong tadi ke atas piring saji.

Kemudian, potong jeruk nipis dan peras untuk ditambahkan kecampuran sayuran yang sudah tersaji di piring tadi. Terakhir, tiangkan saus salad yang sudah kalian buat tadi. Banyaknya saus bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sebelum disajikan, aduk sayuran dan saus yang sudah diletakkan di piring tadi sampai benar-benar tercampur rata.

Kini, salad sayur sudah siap untuk disajikan. Untuk jumlah porsi yang lebih banyak, jumlah bahan sayuran maupun saus juga bisa disesuaikan. Salad pun siap untuk disantap Bersama dengan keluarga tercinta di rumah. Ternyata, membuat salad dari bahan-bahan sayuran tidak sulit, bukan? Ide dan resep ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat menu makanan sehat untuk tujuan diet hanya di selerasa.com. Karena mudah, kalain pasti bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Cara Membuat Salad Sayur Enak Sehat Sederhana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel