Manfaat Mengikuti Pembelajaran Sistem Online Learning

Dalam beberapa tahun terakhir, metode pembelajaran online atau e-learning mulai digalakkan oleh berbagai kalangan dalam sekolah dan kuliah online. Metode ini dianggap sebagai alternatif proses pembelajaran yang lebih fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi mahasiswa saat ini. Banyak sekali manfaat dari pembelajaran online terutama dari segi penyampaian yang cenderung lebih menarik guna meningkatkan minat belajar.

Manfaat Online Learning

Inilah beberapa keunggulan mengikuti online learning:

Manfaat Mengikuti Pembelajaran Sistem Online Learning

1. Praktis dan fleksibel

Manfaat pertama dari pembelajaran online adalah dari segi kemudahan. Dengan pembelajaran online, interaksi antara guru dan siswa akan lebih praktis karena tidak harus berpergian untuk bertemu. Selain itu, tidak perlu menggunakan ruang kelas sebagai tempat belajar formal. Proses belajar mengajar bisa terjadi dimana saja asalkan kondusif dan bisa membantu Anda fokus. Ditambah lagi, tidak diperlukan tambahan seperti kebutuhan untuk "berpakaian rapi" atau "tampil formal" agar lebih fleksibel.

2. Pendekatan yang lebih sesuai

Pembelajaran online menggunakan pendekatan teknologi yang lebih cocok untuk siswa saat ini daripada metode pembelajaran konservatif di kelas. Metode penyampaian yang digunakan dalam kelas pembelajaran online juga umumnya merupakan kombinasi antara formal dan informal. Anda akan lebih mudah memahami sesuatu yang disampaikan dengan cara yang lebih sesuai dengan style anak muda sekarang. 

3. Pengalaman belajar lebih menyenangkan

Pembelajaran online telah merilis elemen pembelajaran kelas seperti guru dengan spidol dan papan tulis dan siswa dengan catatan dan pena. Anda akan mendapatkan pengajaran yang lebih menarik dengan berbagai format multimedia, baik itu foto, video maupun audio. Semuanya akan memberi Anda pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

4. Lebih personal

Beberapa teknik pembelajaran online mungkin menggunakan materi satu arah, tetapi banyak juga yang menyediakan komunikasi dua arah. Beberapa kelas pembelajaran online benar-benar menghubungkan siswa dan guru secara bersamaan sehingga mereka dapat berinteraksi seperti di dalam kelas, tetapi sebenarnya dibatasi oleh layar.

Guru akan memberikan bahan ajar secara langsung dan siswa akan dapat bertanya dan mendiskusikannya secara langsung secara online. Dengan cara ini, pembelajaran online dapat dikatakan lebih personal karena baik guru maupun siswa sebenarnya berinteraksi secara dua arah dalam waktu yang bersamaan.

5. Hemat waktu dan biaya

Dalam pembelajaran konvensional dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memulai kelas karena pergeseran ruang. Baik guru maupun siswa harus melakukan perjalanan waktu yang sama untuk mencapai kelas yang digunakan untuk belajar.

Selain itu ada biaya tambahan seperti pengadaan buku dan fotokopi bahan dan sebagainya. Salah satu manfaat lain dari pembelajaran online adalah mengurangi semua pengeluaran tersebut sehingga siswa dan guru hanya perlu terhubung ke layar dan koneksi internet.

6. Mudah didokumentasi

Dengan metode pembelajaran konvensional, siswa harus mencatat atau membuat salinan topik untuk diri mereka sendiri. Cara lain adalah dengan memfotokopi bahan, tetapi cara ini akan membutuhkan kertas dan biaya tambahan.

Manfaat lain dari pembelajaran online adalah penggunaan media yang memungkinkan siswa untuk merekam dan mengarsipkan materi yang diberikan dalam bentuk digital. Sehingga dapat dengan mudah dikonsultasikan dan dipelajari kembali di lain waktu.

Salah satu institusi yang menawarkan program online learning yang mudah dipahami dengan berbagai topik yang menarik untuk sekolah pascasarjana, perkuliahan, hingga international school yaitu di Online Learning UHAMKA. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan mengunjungi onlinelearning.uhamka.ac.id.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Manfaat Mengikuti Pembelajaran Sistem Online Learning"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel