5 Jenis Makanan Bagi Penderita Tulang Keropos

Makanan Bagi Penderita Tulang Keropos

Jika tulang Anda mulai menunjukkan gejala keropos karena osteoporosis, tentunya Anda harus mulai memperhatikan kebiasaan sehari-hari Anda termasuk makanan yang Anda makan. Tulang sebenarnya bisa menjadi lebih kuat jika Anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat untuk tulang Anda, salah satunya melalui pola makan yang bergizi. Ada beberapa makanan bagi penderita tulang keropos yang bisa dikonsumsi. 

Makanan Untuk Mengatasi Pengeroposan Tulang

Mengonsumsi makanan sehat yang menguatkan tulang tidak hanya diperuntukkan bagi penderita osteoporosis atau gangguan pengeroposan tulang yang lain, tetapi bisa dimakan untuk mencegah pengeroposan tulang di usia tua.

Walaupun makanan tidak serta merta menyembuhkan tulang keropos, setidaknya dengan mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tulang agar cepat pulih dan menjadi kuat kembali. 

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran yang memiliki warna daun hijau tua adalah sumber makanan terbaik karena kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin A, C, K, folat, zat besi dan kalsium umumnya terdapat dalam jumlah yang cukup melimpah pada jenis sayuran ini. Tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. 

Selain kalsium, vitamin K juga baik dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko dan cedera karena osteoporosis. Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat dikonsumsi yaitu kale, bayam, brokoli, sawi hijau, dan pok choy.

2. Produk susu

Produk susu juga dikenal mengandung tinggi kalsium dan vitamin D. Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang sama-sama membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu menjaga tulang tetap kuat, sementara Vitamin D mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

Oleh karena itu, tidak salah jika produk susu termasuk sebagai makanan bagi penderita tulang keropos. Kedua nutrisi dalam makanan ini merupakan dua faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang dan merawat area tulang yang mengalami pengeroposan. Vitamin D membantu menyerap kalsium yang ada di usus sehingga tidak dikeluarkan dari ginjal. Susu bisa menjadi pilihan utama atau produk turunan seperti yoghurt dan keju.

3. Makanan mengandung protein

Selain kalsium, protein juga dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan jaringan tubuh dan jaringan otot. Tulang akan memiliki dukungan yang kuat apabila jaringan otot juga kuat. Maka dari itu pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak, ikan, unggas, telur, kacang-kacangan, dan produk kedelai. 

4. Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C memang dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika dikonsumsi bersama dengan kalsium, kombinasi nutrisi ini mampu memaksimalkan kekuatan tulang yang sudah terkena osteoporosis. 

Oleh karena itu, makanan yang kaya vitamin C baik untuk menguatkan tulang karena dapat mengatasi pengeroposan tulang dan memulihkan kesehatan tulang seiring dengan pengobatan osteoporosis yang direkomendasikan oleh dokter. Makanan yang mengandung vitamin C seperti brokoli, kiwi, stroberi, pepaya, dan jeruk. 

5. Makanan kaya akan magnesium

Magnesium juga penting dalam menjaga dan membangun kekuatan tulang. Karena kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium menurun seiring bertambahnya usia, Anda perlu mendapatkan cukup magnesium setiap hari yang bisa didapatkan dari dark chocolate, tofu, alpukat, pisang, dan kacang-kacangan.

Untuk yang memang telah mengalami tulang keropos sebaiknya konsumsi makanan bagi penderita tulang keropos yang sehat di atas dengan obat-obatan dari dokter. Pastikan juga untuk menjalankan pola hidup sehat. Anlene hadir untuk membantu mereka yang ingin cara yang lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan tulang dengan memberikan nutrisi yang lengkap seperti kalsium, vitamin K, vitamin D, protein, dll.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "5 Jenis Makanan Bagi Penderita Tulang Keropos"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel