6 Tips Aman Naik Bus Saat Corona, Apa Saja Ya?

Tips Aman Naik Bus Saat Corona

Walaupun pandemi Corona belum selesai, namun pergerakan masyarakat tentu tidak bisa dibatasi total. Kabar baiknya, akhir-akhir ini pemerintah sudah mulai melonggarkan pengetatan pergerakan masyarakat namun tetap di bawah protokol kesehatan. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk bepergian, ada beberapa tips aman naik bus saat corona agar terhindar dari penularan virus.

Cara Aman Bepergian Menggunakan Bus Saat Corona

Berbeda dengan mobil pribadi, di dalam bus kamu tentu akan menjumpai penumpang umum lain yang berasal dari tempat yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan berbagai hal sehingga penyebaran virus corona didalam bus bisa dicegah. Berikut adalah beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan ketika bepergian menggunakan bus.

1. Selalu Gunakan Masker

Masker sudah bisa dibilang seperti barang wajib yang harus dipakai saat bepergian saat pandemi corona seperti sekarang.  Oleh karena itu, jika memutuskan untuk menggunakan angkutan umum bus ketika akan bepergian, pastikan untuk selalu menggunakan masker.

2. Siapkan Hand sanitizer

Sebelum naik bus, kamu bisa mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari penyebaran virus. Namun jika disekitar tempat umum tidak tersedia tempat cuci tangan, maka selalu sediakan hand sanitizer di dalam tas. Semprot tanganmu ketika akan naik dan turun bus. Kamu bisa menyemprotkan tempat duduk atau tempat berpegangan dengan hand sanitizer.

3. Pastikan Tubuhmu Sehat Ketika Akan Naik Bus

Penyebaran virus akan cepat terjadi pada tubuh yang sakit. Begitu pula sebaliknya, virus akan cepat menyebar melalui tubuh yang sakit. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk berangkat naik bus, pastikan tubuhmu sehat dan suhu tubuh normal. Jika merasa sakit dengan gejala demam, pilek, dan batuk, lebih baik tunda dulu keberangkatanmu.

4. Selalu Menjaga Jarak dengan Penumpang Lain

Ketika naik bus, tentu kamu tidak bisa menghindari orang asing yang berada didalam bus yang sama. Agar selalu aman, selalu jaga jarak dengan orang lain. Jangan paksa untuk berdesakan atau naik bus yang penuh dengan penumpang. 

Selain itu pastikan untuk tetap terjaga selama di bus. Jika terpaksa tidur, sandarkan diri ke dinding dan jangan bersentuhan dengan penumpang lain.

5. Pilih PO Bus yang Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Tidak hanya berlaku untuk manusia, penerapan protokol kesehatan juga wajib diterapkan untuk transportasi umum seperti bus. Agar perjalananmu lebih aman, pastikan untuk memilih PO yang selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu tips aman naik bus saat corona.

Contoh PO bus yang menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan secara berkala ke bagian dalam dan luar bus. Sopir bus juga selalu menerapkan protokol kesehatan  dengan menggunakan masker.

6. Gunakan Baju Lengan Panjang

Ketika bepergian usahakan untuk selalu menggunakan baju lengan panjang. Penggunaan baju lengan panjang tentu dapat melindungimu dan mencegah virus atau bakteri langsung melakukan kontak dengan kulit. 

Melakukan perjalanan dengan aman tentu sangat penting untuk mencegahmu tertular dari virus COVID-19. Kamu tentu bisa menerapkan tips aman naik bus saat corona ini ketika akan bepergian. Semoga perjalananmu menyenangkan.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "6 Tips Aman Naik Bus Saat Corona, Apa Saja Ya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel