Inilah 5 Legenda Cerita Rakyat Terbaik Sepanjang Masa

Membuat anak senang adalah harapan semua orang tua. Salah satu cara menghibur anak adalah dengan membacakan dongeng anak. Namun, tidak sembarang dongeng yang bisa diceritakan, orang tua harus membacakan dongeng yang sesuai dengan usia anak. Hal ini agar anak mudah memahami isi dari dongeng tersebut.

Ada banyak jenis dongeng yang bisa diceritakan orang tua kepada anak. Namun, selain dongeng berbentuk fabel atau binatang-binatang, orang tua juga perlu menceritakan dongeng cerita rakyat agar anak memahami pesan moral dari cerita tersebut.

Agar anak bisa memahami isi dari dongeng tersebut, maka orang tua harus menggunakan gerak, mimik muka dan suara yang sesuai dengan karakter dongeng tersebut. Untuk itu, berikut adalah 5 cerita rakyat terbaik sepanjang masa yang bisa coba diceritakan kepada anak.

1. Malin Kundang

Legenda Cerita Rakyat Malin Kundang

Malin kundang adalah cerita rakyat dari Sumatera. Malin kundang menceritakan seorang anak yang durhaka kepada ibunya sehingga ibunya sedih dan mengutuknya menjadi batu. Sebenarnya malin kundang adalah anak yang rajin dan pekerja keras. Namun, suatu hari malin kundang pergi merantau dan ingin sukses agar bisa membahagiakan ibunya. Akan tetapi, justru saat sukses malin kundang lupa kepada ibunya, ibunya sedih dan mengutuknya menjadi sebuah batu.

2. Timun Mas

Legenda Cerita Rakyat Timun Mas

Dongeng timun mas menceritakan tentang perempuan yang bernama Mbok Srini yang ingin mempunyai anak. Kemudian ia mendapatkan seorang anak dari sebuah timun yang ia tanam. Akhirnya anak tersebut diberi nama timun mas. Mbok merawat timun mas dengan sangat baik sampai dewasa. Namun, setelah dewasa raksasa ingin mengambil timun mas. Hal ini adalah perjanjian antara mbok dengan raksasa pada awalnya. Namun mbok tidak ingin memberikan timun mas dan melawan raksasa. Akhirnya mbok sri mencari cara untuk melawan raksasa dengan biji timun, jarum, garam dan terasi dari petapa tua. Kemudian timun mas menggunakan alat tersebut untuk melawan raksasa hingga akhirnya berhasil dan timun mas tidak jadi diambil oleh raksasa.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Legenda Cerita Rakyat Bawang Merah dan Bawang putih

Bawang merah dan bawang putih menceritakan tentang anak perempuan yang baik (bawang putih) dan anak perempuan yang jahat (bawang merah). Dalam cerita ini, bawang merah selalu jahat kepada bawang putih. Namun, meski dijahati bawang putih tetap baik kepada bawang merah.

4. Lutung Kasarung

Legenda Cerita Rakyat Lutung Kasarung

Lutung kasarung menceritakan tentang legenda masyarakat sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Bumi dalam wujud seekor lutung atau monyet yang buruk rupa. Dalam perjalanannya di bumi si lutung bertemu dengan putrid Purbasari yang diusir oleh saudaranya. Atas kebaikan dan ketulusan putri, lutung kasarung berubah menjadi pangeran yang tampan.

5. Sangkuriang

Legenda Cerita Rakyat Sangkuriang

Cerita sangkuriang menceritakan tentang seorang anak yang durhaka karena ingin menikahi ibunya sendiri. Ia tidak mengetahui bahwa itu ibunya sendiri. Awalnya sangkuriang diusir ibunya karena telah membunuh ayahnya sendiri yang merupakan seekor anjing. Hal ini dikarenakan dulunya dayang sumbi bersumpah siapa yang mengembalikan pintalannya akan menjadikannya suami, kemudian yang mengembalikan adalah seekor anjing sakti.

Kemudian ibunya (dayang sumbi) memberikan syarat yang tidak mungkin bisa diselesaikan sangkuriang yaitu membuat sebuah bendungan yang bisa menutupi seluruh bukit sekaligus membuat perahu untuk menyusuri bendungan tersebut yang harus diselesaikan esok. Sangkuriang menyanggupi persyawatan tersebut, namun saat hampir selesai ibunya justru meminta bantuan penduduk desa untuk membuat keadaan menjadi pagi. Karena sudah pagi, pekerjaan sangkuriang tidak selesai. Saat sangkuriang mengetahui kenyataan yang dilakukan dayang sumbi, sangkuriang marah dan bendungan menjadi jebol.

Itulah cerita rakyat yang bisa dijadikan dongen untuk anak, selamat mencoba!

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Inilah 5 Legenda Cerita Rakyat Terbaik Sepanjang Masa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel