Dongeng Pengantar Tidur Anak Indonesia

Dongeng Pengantar Tidur Anak Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara dengan beragam suku bangsa dan juga budaya. Sehingga tidak heran jika ada banyak sekali dongeng untuk anak-anak yang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari dongeng yang berisi nasehat, dongeng jenaka, hingga dongeng fabel yang menceritakan tentang hewan yang berperilaku layaknya seperti manusia.

Dongeng Sebelum Tidur Anak Yang Berisi Nasehat

Sebagian besar anak di Indonesia pasti suka mendengarkan dongeng dari orang tua mereka sebelum mereka tidur. Dimana pemilihan dongeng ini cukup penting sebab hal terakhir yang anak dengar ketika hendak tidur maka hal tersebutlah yang selalu ia ingat sampai dewasa nanti. Adapun dongeng sebelum tidur yang berisi nasehat untuk anak adalah:

1. Kelinci yang sombong dan kura-kura

Dahulu kala hiduplah kelinci dan kura-kura di sebuah hutan. Meski berteman keduanya memiliki sifat yang berbeda jauh. Dimana kura-kura adalah hewan yang sangat sabar, sedangkan kelinci adalah hewan yang sombong. Karena kura-kura memiliki sifat yang lebih baik maka banyak hewan yang mau berteman dengan kura-kura namun tidak dengan kelinci.

Pada suatu hari, kelinci menantang kura-kura lomba lari. Sang kelinci merasa dirinya lebih cepat dari kura-kura sehingga nantinya ia bisa menang. Saat kelinci sudah jauh dari kura-kura lantas ia istirahat dan tidak sengaja ketiduran. Namun meski kura-kura tertinggal jauh, dia tidak pantang menyerah dan terus fokus berlari. Akhirnya kura-kura menang karena tidak pernah putus asa dan kelinci kalah sebab terlalu sombong serta meremehkan musuhnya.

2. Kancil dan buaya

Di suatu hari yang sangat terik, sang kancil merasa haus serta lapar. Namun tempat kancil berada sangat jauh dari sumber makanan dan minuman. Jika kancil ingin makan dan minum maka ia harus menyebrangi sungai yang berisi banyak buaya. Karena kancil adalah hewan yang cerdik, maka dia punya suatu ide agar bisa menyebrang tanpa takut dimakan buaya.

Kancil memanggil seluruh buaya untuk berkumpul. Kemudian dia menyuruh buaya untuk berbaris jika ingin memakan sang kancil. Buaya yang kelaparan pun menyetujuinya tanpa berpikir panjang. Saat buaya sudah berbaris maka kancil mulai berhitung dari buaya pertama sampai terakhir. Hingga kancil sampai di seberang dan buaya baru sadar jika dirinya sudah ditipu oleh kancil.

3. Bawang merah dan bawang putih

Di sebuah desa hiduplah sebuah keluarga yang terdiri dari dua anak perempuan, ayah, dan ibu. Dua anak perempuan ini bernama bawang merah dan bawang putih. Ketika ayah mereka di rumah maka sikap ibu dan bawang merah sangat baik kepada bawang putih. Namun jika ayah mereka pergi bekerja maka ibu dan bawang merah menyiksa bawang putih.

Meski sering dihina dan disuruh untuk membersihkan seluruh rumah, bawang putih tetap sabar dan tekun membersihkan rumah. Hingga pada akhirnya, ayah bawang putih tahu apa yang dilakukan ibu dan kakak tiri bawang putih itu. Lalu ayah bawang putih mengusir ibu tiri dan bawang merah dari rumahnya. Kini ayah dan bawang putih bisa hidup bahagia.

Penutup

Itu tadi 3 dongeng sebelum tidur yang bisa kamu ceritakan ke anak kamu. Dengan menceritakan salah satu dongeng diatas maka anak-anak tidak hanya akan terhibur. Namun juga bisa mendapat pelajaran dari cerita yang mereka dengarkan.

Dongeng sebelum tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. Jadi dongeng pengantar tidur mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Dongeng Pengantar Tidur Anak Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel