Bagaimana Cara Investasi Mata Uang Asing dan Keuntungannya?

Cara Investasi Mata Uang Asing dan Keuntungannya
Pexels.com

Setiap orang harus memiliki tabungan atau investasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih pasti di masa depan. Salah satu investasi menguntungkan yang bisa Anda coba yaitu investasi mata uang asing. Seperti yang kita tahu bahwa setiap mata uang memiliki rate-nya masing-masing, ada yang lebih tinggi dari rupiah. 

Investasi valas atau investasi mata uang asing merupakan salah satu bentuk investasi yang jarang dilakukan banyak orang, padahal jika dipikir-pikir investasi ini menguntungkan dan cocok bagi investor pemula. Jenis investasi ini juga cukup mudah, tidak ribet dan risiko kecil, Anda hanya perlu membeli mata uang asing menggunakan rupiah lalu menjualnya kembali ketika harga naik. Keuntungan yang Anda dapatkan dari selisih harga beli mata uang asing dan harga jualnya.

Cara Investasi Mata Uang Asing dan Keuntungannya

Sama seperti jenis investasi lainnya, investasi mata uang asing juga memiliki risiko dan keuntungannya tersendiri. Perlu diingat, bahwa investasi valas ini hanya menguntungkan jika Anda dapat melakukannya dengan benar dan tepat. Anda harus teliti melihat dan mengetahui perkembangan pasar internasional guna menentukan transaksi beli atau jual. 

Sebelum mendapatkan keuntungan Anda perlu tahu cara investasi mata uang asing. Pertama-tama Anda harus memilih jenis mata uang asing yang ingin diinvestasikan, yang pastinya harus aman dan menguntungkan. Setelah itu, Anda bisa membuat rekening valas atau cukup tukarkan rupiah ke mata uang asing ketika rate atau nilai belinya masih rendah. Setelah ratenya tinggi, Anda bisa menukarkan kembali mata uang asing ke dalam rupiah.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan investasi mata uang asing, di antaranya sebagai berikut:

1. Nilai Mata Uang yang Stabil

Dalam melakukan investasi mata uang asing Anda bisa mencari nilai mata uang asing yang stabil. Dolar biasanya jarang terkena devaluasi dan akan stabil dalam waktu yang cukup lama. Apabila Anda memiliki uang sebesar US$100, maka nilai uang tersebut akan tetap sama dalam waktu 10 tahun. 

Hal ini berbeda dengan mata uang rupiah, di mana dalam beberapa tahun kedepan nilainya bisa berubah-ubah, yang kadang bisa jadi di tinggi dan bisa rendah untuk mata uang asing lainnya.

2. Kurs Dollar Menguat

Saat ingin investasi mata uang asing, Anda bisa memilih dolar. Pasalnya kurs dollar cenderung menguat terhadap rupiah sepanjang tahun. Apalagi jika mata uang rupiah sedang mengalami penurunan nilai terhadap dollar, tentu keuntungan yang bisa Anda dapatkan semakin besar. Hal ini karena adanya selisih nilai jual dan nilai beli mata uang asing.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan, Anda bisa membeli valuta asing ketika nilainya rendah lalu ditukarkan kembali ketika naik. Ada baiknya Anda tidak menjual mata uang asing dalam waktu dekat, Anda bisa tunggu beberapa tahun kemudian.

3. Tabungan di Luar Negeri

Dengan memiliki rekening atau tabungan valas akan memudahkan Anda untuk bertransaksi lintas negara. Anda tidak perlu lagi menukar atau mengkonversi mata uang dan nilainya juga stabil. Hal ini memudahkan Anda untuk berwisata ke luar negeri, haji ziarah ke tanah suci, atau sekolah atau kuliah di luar negeri. Apabila terjadi penurunan nilai rupiah dalam negeri, Anda tidak akan merasakannya karena tabungan valas yang dimiliki tetap stabil.

Selain memiliki rekening valas, Anda juga bisa mendapatkan deposito valas mulai dari USD 100 dengan bunganya yang kompetitif di aplikasi digibank by DBS.

Deposito Valas di digibank by DBS

Deposito valas merupakan simpanan mata uang asing berjangka panjang yang penarikannya dilakukan dalam waktu tertentu dengan memberikan bunga serta keuntungan lainnya. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan deposito valas di digibank by DBS, berikut beberapa keuntungannya:

1. Deposito dengan 10 Mata Uang Asing

Di digibank by DBS, Anda bisa melakukan deposito dalam 10 mata uang asing yang disediakan yaitu HKD, EUR, CHF, NZD, JPY, CAD, GBP, AUD, SGD, USD. Anda bisa mengatur atau memilih sesuai kebutuhan

2. Bunga Kompetitif

Untuk melakukan deposito valas di digibank by DBS, Anda bisa menyimpan uang mulai dari USD 100 saja dengan bunga yang kompetitif. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak membuka deposito valas di digibank by DBS.

3. Tenor 1 sampai 12 bulan

Kebutuhan sebuah kredit serta pinjaman beberapa bulan, Anda bisa tenor 1 sampai 12 bulan di digibank by DBS. 

4. Mudah dan Praktis

Dengan adanya aplikasi digibank by DBS, Anda bisa buka rekening mata uang asing dengan mudah dan praktis. Akses 24/7 bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi digibank by DBS sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa segera mendownload aplikasi ini dan menggunakannya. 

Itulah beberapa hal mengenai investasi valas atau investasi mata uang asing yang bisa Anda ketahui. Investasi ini sangat menguntungkan, Anda bisa melakukannya di digibank by DBS saja!

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Bagaimana Cara Investasi Mata Uang Asing dan Keuntungannya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel