7 Inspirasi Gamis Brokat Kombinasi Batik

Batik merupakan warisan turun temurun dari jaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang di kerajaan-kerajaan selanjutnya yang terbentuk dari simbol-simbol yang bernuansa tradisional maupun agamis. Sesuai dengan falsafahnya yang mengatakan bahwa batik dibuat dengan dasar warna hitam, coklat dan putih yang berarti bahwa di kehidupan ada masanya kita harus menghadapi masa yang terang maupun gelap, ada susah maupun senang. Pada awal mulanya, batik hanya diperuntukkan bagi para bangsawan, keluarga kerajaan dan para pekerja di dalam istana dan bukan diperuntukkan bagi masyarakat biasa. Karena banyak pegawai kerajaan yang tinggal di luar Keraton, diceritakan bahwa para pegawai kerajaan itulah yang membawa batik keluar dan mulailah banyak peniru batik.

Tradisi membatik dulunya juga dikerjakan secara turun temurun dalam sebuah keluarga sehingga sebuah motif batik akan dikenali sebagai identitas keluarga pembuatnya dan untuk menunjukan status sosial seseorang. Bahkan sampai sekarang beberapa motif batik tradisional hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan Keraton Jogjakarta dan Surakarta.

Pada masa sekarang, siapa pun boleh menggunakan batik dengan berbagai corak dan warna. Bahkan pada 2 Oktober 2009 UNESCO sudah menetapkan batik sebagai warisan budaya asli milik Indonesia dan mulai saat itu ditetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Busana batik terus hadir dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang bisa dipakai oleh laki-laki dan perempuan maupun tua dan muda. Bagi para Muslimah, kain batik hadir untuk menjadi padanan yang sempurna untuk dijadikan gamis. 

Berikut beberapa contoh gamis dengan kombinasi batik yang bisa kamu pilih untuk kegiatan kamu di luar rumah.

1. Gamis brokat panjang

Dengan gamis brokat model panjang atau tunik cross over berwarna hijau, kamu siap tampil beda dan stylish dengan kombinasi batik parang berwarna coklat. Tambahkan hiasan pearl sebagai obi dan di sekeliling ujung brokat untuk mempercantik gamis kamu. Sebagai pelengkap, pilihlah hijab berwarna hitam polos supaya penampilan kamu semakin kece.

2. Gamis brokat bolero

Karena cukup banyak model-model baru dari gamis brokat yang terus berkembang, model brokat bolero mungkin sudah agak ketinggalan jaman untuk dipakai pada masa sekarang. Tapi jangan salah. Dengan gamis kebaya model bolero berwarna soft pink yang dipadukan sedemikian rupa dengan bawaha batik ruffle ternyata menghasilkan style yang sangat elegan lhoo. Kamu juga bisa menambahkan hijab dengan warna nude yang membuat penampilan kamu semakin cantik dan anggun.

3. Gamis tunik vintage

Buat kamu yang suka dengan vintage style, kamu bisa memodifikasi gamis merah maroon kamu menjadi tunik dengan model jadul. Padukan dengan kain jarik untuk bawahan dan selendang dengan motif yang sama untuk membuat kamu semakin fashionable. Pakailah hijab berwarna merah yang cenderung gelap untuk membuat penampilan kamu semakin sempurna.

4. Gamis brokat simpel

Apabila kamu tidak terlalu suka dengan model yang glamor, jangan khawatir karena tentu saja ada gamis brokat yang simpel tapi tetap manis dan cantik. Misalnya saja, kamu bisa memilih gamis dengan memadukan brokat simpel sebagai bahan utama dengan satin di bagian lengan dan dalaman dengan warna soft grey. Pilihlah hijab dengan warna senada agar penampilan kamu tetap kece. Jangan lupa tambahkan batik dengan warna dominan baru yang pas untuk membuat look kamu semakin istimewa.

5. Gamis brokat bat wings

Gamis dengan desain bat wings memang sudah cukup banyak peminatnya. Tapi bagaimana kalau dengan warna hitam? Jelas tambah keren dong. Pilihlah gamis brokat dengan model bat wing warna hitam dengan batik mengkilap dan hijab dengan warna terang untuk penampilan yang simpel dan fashionable.

6. Gamis brokat asimetris

Untuk tampil beda dan kece, kamu bisa memilih gamis dengan brokat yang didesain asimetris berwarna soft pink yang kemudian berwarna sama juga dengan hijab kamu. Kain jarik motif parang berwarna coklat muda sangatlah cocok untuk membuat kamu lebih menawan.

7. Gamis brokat plisket

Gamis brokat dengan model plisket maxi benar-benar sangat unik dan lain dari yang lain. Dengan warna nude yang lembut, padukan juga dengan hijab warna yang sama. Untuk bawahannya, kamu bisa memilih kain jarik warna dengan motif vintage untuk penampilan kamu yang super stylish.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "7 Inspirasi Gamis Brokat Kombinasi Batik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel