5 Manfaat Mandi Junub Bagi Wanita

Manfaat Mandi Junub Bagi Wanita

Niat mandi junub wajib dihafalkan umat muslim. Karena mandi wajib merupakan salah satu ritual yang terdapat dalam agama Islam. Mandi wajib harus dilaksanakan oleh beberapa orang dewasa dalam beberapa keadaan. Sesuai namanya, mandi besar merupakan proses membersihkan badan sekaligus mensucikan dari hadas besar. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari niat mandi junub dan melakukan tata cara mandi wajib bagi wanita.

1. Mengembalikan Energi

Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Al-Ghifary. Hadits tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang isinya, ketika Rasulullah mandi junub atau mandi wajib maka seolah hilang dari diri 2 beban yang berat. 

Beban tersebut adalah rasa malas yang menjadi beban terberat. Kemudian naiknya ruh menuju alam luhur. Serta meningkatnya kemampuan menyaksikan keajaiban ciptaan Allah SWT saat bangkit dari tidur. Intinya, mandi wajib dapat mengembalikan mood serta kebugaran setelah aktivitas biologis yang melelahkan.

2. Menjadikan Tubuh Lebih Semangat Beraktivitas

Untuk manfaat ini, Syeikh Muhyiddin menjelaskan faedah ini secara cukup singkat sebagai berikut.

Tak diragukan lagi, Allah SWT menciptakan serta membuat aturan atau syariat akan sesuatu yang bisa memperbaiki. Sekaligus menegakkan urusan umatnya.

Memikifkan faedah ini dapat membuat kita jadi lebih bersemangat memulai aktivitas.

3. Memberikan Manfaat Bagi Jasmani dan Rohani

Mandi wajib bagi muslimah setelah haid serta nifas dapat memberikan 2 manfaat. Pertama, manfaat jasmani. Secara jasadiah mandi junub bagi perempuan yang sudah usai dari haid serta nifas bermanfaat untuk membersihkan tubuh. Khususnya dari bau-bau yang tak sedap. Selain itu juga membersihkan dari berbagai macam bakteri yang terdapat di darah haid atau nifas.

Sedangkan yang kedua adalah manfaat secara rohaniah. Secara rohaniah mandi wajib membuat diri lebih bersyukur pada Allah SWT.

Di antara syariat Allah ialah mandi. Oleh sebab itu, jika kita melaksanakan mandi sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam syariat. Insyaallah kita semua akan bernaung di dalam naungan cinta dan ridho Allah. Sehingga diri kita termasuk orang yang bahagia baik di dunia maupun akhirat.

4. Mandi Sebagai Ibadah Seperti Wudhu’

Mandi junub hukumnya wajib bagi umat muslim yang sehat secara akal. Dalam pelaksanaannya, mandi wajib mempunyai niat dan tata caranya sendiri. Hal tersebut harus dipatuhi. Umumnya, mandi wajib dilakukan oleh wanita yang selesai haid dan nifas. Selain itu juga dilakukan oleh suami istri yang selesai bersenggama. Sebelum mereka melanjutkan beribadah shalat dan ibadah lainnya.

Saat seorang muslim melakukan mandi, ia berarti sudah melaksanakan perintah Allah. Ini sebagaimana diterangkan dalam al-Qur’an.

Berikut ini merupakan niat mandi junub usai bersyahwat yang wajib dibaca:

"BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. NAWAITUL GHUSLA. LIRAF'IL HADATSIL AKBAR, MINAL JANABATI. FARDLON LILLAHI TA'ALA."

Bila hadas besar bagi perempuan disebabkan keluarnya darah dari organ intim seusai melahirkan maupun nifas. Maka doa niat mandi junub yang wajib dibaca ialah sebagai berikut:

"bismillahirrahmanirrahim. Nawaitu ghusla. Liraf'il hadatsil akbar, minan nifasi. Fardlon lillahi ta'ala."

5. Mandi Merupakan Bentuk Kebersihan

Saat menjalani kegiatan dan pekerjaan sehari, tubuh kita pastinya pernah terkena sesuatu yang kotor. Maupun sisa-sisa dari suatu hal yang lengket atau keringat di badan. Oleh sebab itu, perlu sekali untuk membersihkannya dengan mandi.

Nah, itu tadi doa niat mandi junub. Perbedaannya hanyalah terletak pada doa niat mandi wajib yang harus dibaca sebelum mandi. Di samping itu, bagi wanita yang akan melaksanakan mandi wajib tak perlu menyela pangkal rambut. Bahkan tak perlu membuka jalinan maupun ikatan rambutnya.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "5 Manfaat Mandi Junub Bagi Wanita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel