Agar Tak Sampai Diamputasi Ketahui Cara Perawatan Luka Diabetes Berikut Ini!

Ketahui Cara Perawatan Luka Diabetes

Penyakit diabetes melitus atau yang dikenal juga sebagai kencing manis termasuk dalam penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Gangguan kesehatan yang satu ini bukanlah sesuatu yang dapat diremehkan. Karena diabetes rentan sekali menyebabkan komplikasi pada penderitanya jika seandainya tidak ditangani secara tepat. Kadar gula darah yang tinggi tidak terkontrol memang besar kemungkinan akan merusak beberapa organ tubuh, termasuk diantaranya adalah syaraf penglihatan, ginjal bahkan juga menyebabkan gragen yaitu kematian jaringan. Itulah mengapa banyak penderita diabetes yang memiliki luka sulit disembuhkan, bahkan tak jarang yang harus diamputasi karena luka semakin menyebar.

Jadi bagi Anda yang menderita penyakit diabetes melitus harus berhati-hati terhadap luka yang dimiliki, khususnya adalah luka pada kaki, karena memang sulit disembuhkan, bahkan bisa menyebabkannya harus diamputasi. Luka ini tentunya harus dirawat dengan tepat agar nantinya tidak berdampak fatal. Ketahui tips dalam perawatan luka diabetes agar tidak bertambah parah ini, yaitu:

1. Rutin mencuci kaki, luka pada kaki akan sulit sembuh jika seandainya Anda tidak menjaga kebersihannya, maka dari itu wajib hukumnya bagi Anda untuk rutin dalam mencuci kaki, memastikan bahwa kondisi kaki selalu bersih atau steril sehingga tak ada kuman atau bakteri yang hidup disana.

2. Pastikan untuk menepuk kaki tersebut hingga kering sebelum Anda mengoleskan obat-obatan. Hendaknya jangan langsung memakaikan salep dan membalut luka tersebut dalam kondisi yang masih lembab, karena hanya akan memicu pertumbuhan jamur nantinya. Alangkah baiknya bagi Anda untuk mengusapnya terlebih dahulu hingga kering sebelum diberi obat.

3. Selalu mengecek tanda-tanda infeksi, pastikan juga Anda juga memperhatikan kemungkinan luka tersebut mengalami infeksi. Mengingat bagaimanapun hal ini sangatlah penting, karena banyak yang tidak sadar ketika kondisi luka sudah infeksi dan bertambah parah, seperti munculnya nanah, luka yang menyebar semakin banyak dan sejenisnya, tentu bisa berdampak fatal bukan.

4. Gunakan alas kaki yang nyaman. Pemilihan alas kaki yang tepat juga tak kalah penting untuk dilakukan. Karena ketika alas kaki yang Anda gunakan tidak nyaman justru akan semakin menekan luka bahkan membuatnya semakin parah. Anda harus pilah-pilih ukuran sepatu yang tepat begitu pula dengan kaos kaki, pilihlah bahan yang mampu untuk menyerap keringat dan lembut.

5. Sebaiknya hindari berjalan tanpa alas kaki, karena ada potensi nantinya Anda akan terkena benda tajam atau sejenisnya yang dapat melukai kaki tersebut. Tentunya hal ini berbahaya dan dapat memicu luka baru yang akan sulit untuk disembuhkan bukan.

6. Pilah-pilih asupan makanan yang dikonsumsi, tak kalah penting adalah dengan memilih sumber nutrisi yang Anda konsumsi, mengingat tidak semuanya bagus untuk luka tersebut apalagi yang manis dan meningkatkan gula darah.

7. Kontrol gula darah, pastikan untuk mengecek dan mengontrol gula darah Anda, karena ketika gula darah dalam kondisi yang tinggi tak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini juga akan mempengaruhi luka, membuatnya jadi semakin sulit sembuh, bahkan kian memburuk.

Perawatan luka diabetes yang tepat akan menghindarkan Anda dari resiko amputasi, tentunya tak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Anda juga bisa mempercayakannya kepada tenaga medis yang tepat, yaitu kian mudah karena dapat didatangkan ke rumah dengan menggunakan aplikasi Aido, tak hanya perawat saja, karena ada fisioterapis dan sejenisnya yang juga bisa Anda datangkan ke rumah.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Agar Tak Sampai Diamputasi Ketahui Cara Perawatan Luka Diabetes Berikut Ini!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel