Kenali Ciri-ciri Aki Mobil Harus Ganti

Ciri-ciri Aki Mobil Harus Ganti

Membeli mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Selain dari harga mobil bekas yang lebih murah dan terjangkau, Anda juga pasti mendapatkan mobil dengan kualitas yang berbeda dari mobil. Memang, jika beruntung Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik. Namun, melakukan pengecekan dasar sebelum membawa mobil tersebut untuk perjalanan jauh sangatlah penting.

Salah satu komponen penting yang harus dicek adalah aki. Komponen ini berperan penting dalam sistem kelistrikan mobil dan bahkan bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa menyala ketika bermasalah. Itulah sebabnya, jika mobil bekas yang baru Anda beli menunjukkan beberapa gejala di atas, segera ganti aki dengan yang baru. Berikut ini beberapa ciri-ciri aki yang sudah harus diganti:

1. Mobil Sulit Distarter

Pada umumnya mobil akan menyala ketika sekali atau dua kali di starter. Akan tetapi, ada beberapa situasi dimana mobil tidak bisa menyala padahal sudah distarter berkali-kali. Jika Anda merasakan hal tersebut maka bisa jadi aki mobil harus segera diganti.

2. Nyala Lampu Redup

Aki yang sudah soak atau rusak akan menunjukkan warna lampu yang kurang terang. Bahkan pada beberapa kejadian lampu tidak menyala sama sekali. Jika Anda telah mengalami hal tersebut maka segera ganti aki mobil Anda.

3. Suara Klakson Tidak Nyaring

Suara klakson mobil juga dapat digunakan untuk mengecek kondisi aki. Apabila suara klakson sudah tidak senyaring sebelumnya, maka hal ini menunjukkan bahwa aki Anda sudah soak.

Ketika 3 hal di atas terjadi pada mobil Anda, maka segera ganti aki dengan yang baru. Namun agar lebih akurat, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu pada pemilik lama mobil tersebut kapan terakhir kali mengganti aki. Sebab, usia pakai aki biasanya adalah sekitar 10 bulan atau lebih dengan perawatan yang tepat.

Jika aki ternyata belum lama diganti, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Sebab bisa jadi komponen lain terkait kelistrikan yang bermasalah. Sayang kan jika Anda sudah mengganti aki dengan yang baru tetapi ternyata masalahnya bukan di situ?

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Kenali Ciri-ciri Aki Mobil Harus Ganti"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel