Sensasi Menikmati Hutan Sekaligus Pantai di Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan cagar alam yang berlokasi di dua kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yaitu kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo. Posisi geografis Taman Nasional ini dikelilingi oleh pantai-pantai dari laut selatan. Hal ini menjadikan Taman Nasional yang indah ini memiliki pemandangan yang eksotis dan kaya. Berikut akan dibahas daya tarik wisata dari Taman Nasional yang terkenal dengan cerita-cerita mistisnya ini.

Daya Tarik Wisata Taman Nasional Alas Purwo

Daya Tarik Wisata Taman Nasional Alas Purwo

1. Pemandangan hutan hujan yang lebat

Alas Purwo berasal dari bahasa Jawa, alas berarti hutan dan purwo berarti purba. Sesuai dengan namanya, hutan purba ini adalah hutan hujan yang dilengkapi dengan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Pemandangan terlihat indah saat musim kemarau dengan daun-daun coklat yang berguguran. Anda bisa menikmati hutan dengan berjalan di jalanan yang telah di aspal.

2. Terdapat situs candi peninggalan kerajaan Majapahit

Di tengah-tengah hutan Alas Purwo terdapat situs candi peninggalan kerajaan Majapahit yaitu situs Kawitan. Situs ini masih digunakan sampai kini untuk acara keagamaan yaitu upacara Pagarwesi oleh umat Hindu. Tak jauh dari situs Kawitan, dibangun pula Pura Giri Selaka. Pura ini terletak dekat dengan pantai Trianggulasi.

3. Dilengkapi wisata pantai-pantai

Terletak di ujung tenggara pulau Jawa dan dikelilingi oleh laut Selatan, Taman Nasional Alas Purwo juga dikelilingi oleh pantai-pantai. Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Cungur yang merupakan habitat beberapa jenis burung, Pantai Pancur yang dapat digunakan untuk camping, Pantai Trianggulasi yang disinggahi penyu langka untuk bertelur, dan Pantai Plengkung dengan ombak yang cocok digunakan untuk surfing.

4. Hutan mangrove yang alami

Wisata pantai tak lengkap tanpa adanya hutan mangrove. Hutan bakau yang diberi nama hutan mangrove Bedul ini merupakan habitat bagi berbagai jenis burung air dan  merupakan hutan mangrove terluas di pulau Jawa. Di spot wisata ini, Anda dapat menyewa perahu atau kano untuk berkeliling kawasan hutan mangrove dan berkunjung ke Ngagelan yang merupakan tempat penetasan telur penyu.

5. Pemandangan padang rumput dengan berbagai jenis fauna

Berkunjung ke savana Sadengan yang terletak di dalam area wisata ini merupakan pengalaman tak terlupakan. Di padang rumput ini, Anda dapat menyaksikan kawanan burung merak, banteng, dan juga rusa yang hidup bebas. Kawasan ini dibatasi oleh pagar untuk menjaga keamanan pengunjung. Terdapat pula menara pandang yang dibangun 3 lantai sebagai tempat untuk menikmati hamparan padang rumput dan faunanya dengan lebih leluasa.

6. Berjalan-jalan diantara hutan bambu

Hutan di dalam Taman Nasional ini selain di tumbuhi oleh hutan-hutan besar dan tinggi, juga ditumbuhi oleh bambu-bambu dalam jumlah yang melimpah. Ekosistem bambu ini luasnya mencapai 40% dari total luas hutan. Anda bisa menikmati keindahan hutan bambu dengan berjalan-jalan di jalan setapak di antara rimbunan pohon bambu.

7. Wisata goa alam

Setelah menyusuri hutan bambu, Anda akan sampai pada pemandangan goa alam yang sangat eksotis. Goa in bernama Goa Istana yang di dalamnya terdiri dari goa-goa kecil yaitu goa Lowo, goa Padepokan, goa Basori, goa Mayangkara, goa Haji, dan goa Gajah. Goa-goa ini biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan religius seperti tapa dan semedi.

Dibalik berbagai mitos dan cerita mistis Alas Purwo yang menyebar dari mulut ke mulut, tentunya berbagai daya tarik yang dimilikinya mampu menenggelamkan keangkerannya. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja untuk tiket masuk, Anda dapat menikmati kekayaan flora dan fauna yang tak ada habisnya ini.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Sensasi Menikmati Hutan Sekaligus Pantai di Taman Nasional Alas Purwo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel