Manfaat Coding Bagi Generasi Muda

Manfaat Coding Bagi Generasi Muda

Tahukah kalian bahwa berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft pada tahun 2015, mayoritas siswa di Indonesia mulai menyadari manfaat coding bagi masa depan. Apalagi menyadari perkembangan industri yang berkaitan dengan teknologi canggih di era ini, tentu sebagai generasi yang terjun langsung di industri 4.0 kita menyadari bahwa hal tersebut perlu kita pelajari.

Manfaat Belajar Coding

Ada beberapa alasan kita sebagai generasi muda harus belajar coding untuk era industri 4.0, yaitu sebagai berikut:


1. Memecahkan masalah

Salah satu kunci utama dari pemrograman adalah pemecahan masalah. Sebagai programmer, harus dapat menyelesaikan masalah dengan cepat atau menemukan cara baru untuk menjawabnya. Coding merupakan salah satu jalur yang bisa kamu tempuh untuk menguasai kemampuan tersebut. Karena selain menuntut kamu untuk mampu berpikir kreatif, coding dapat membiasakan diri untuk berpikir secara terstruktur, sistematis, dan efisien.

2. Prospek masa depan

Memiliki keterampilan coding juga dapat menjanjikan masa depan yang cerah bagi kamu yang tertarik dengan industri teknologi. Pertumbuhan bidang IT dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Dengan demikian, lapangan pekerjaan bagi programmer akan semakin luas di masa depan. 

3. Remote working

Dengan kecanggihan teknologi untuk mempermudah komunikasi dan pengetahuan yang dimiliki, tentu kita bisa mengerjakan coding di mana saja selama tersedia akses internet dan daya listrik. Hal ini tentu akan mempermudah pekerjaan, sebab kita tak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke kantor.

4. Menciptakan inovasi baru

Dengan menguasai coding, kita memiliki kesempatan untuk menciptakan hal baru yang dapat mengubah dunia. Jika kita memiliki ide-ide yang sederhana, tapi memiliki dampak ke lingkungan sekitar, catatlah gagasan tersebut. Kemudian realisasikan dengan berlatih coding.

5. Berbagi dan belajar bersama

Setiap programmer tidak pernah bekerja sendirian. Setiap programmer memiliki komunitas yang besar dan jaringan open source untuk berbagi kode dan belajar bersama. Dengan cara yang demikian itu, kita tentu bisa terus mengasah kemampuan untuk mempelajari hal-hal yang baru setiap hari.

Dengan memiliki keterampilan coding, tentu berpotensi menjadi web programmer, software developer, front-end engineer, back-end engineer, full-stack engineer maupun mobile developer.

6. Berpikir kritis, struktur, sistematis dan efisien

Belajar coding merupakan salah satu persiapan untuk era industri 4.0, selain berpeluang untuk menciptakan produk, di satu sisi belajar coding bisa membuat seseorang menjadi berpikir kritis, struktur, sistematis. Yaitu artinya membentuk pola pikir menjadi terstruktur dan sistematis dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan juga efisien.Dengan belajar coding itu artinya bisa membuat Indonesia lebih baik lagi, karena dengan adanya inovasi atau munculnya ide-ide yang ada di kepala maka akan membuat para pekerja milenial menjadi serba cepat dan cekatan.

Kursus Coding Secara Online

Mengingat begitu banyaknya manfaat coding buat generasi sekarang tentu perlu kiranya generasi muda belajar coding dari sekarang. Belajar coding tidak hanya untuk para programmer tapi juga banyak keahlian lain seperti ahli statistik dan ahli data science yang memerlukan skill coding untuk melakukan pekerjaannya. Jadi kebutuhan belajar coding sangat luas dan dibutuhkan banyak orang. 

Dewasa ini banyak tersedia kursus coding, ada yang di dalam kelas dan ada juga yang dilakukan secara online. Metode online ini sangat menarik karena tepat untuk para pemula yang ingin mengenal coding dari dasar terutama prinsip-prinsip coding dasar. Para pemula ini butuh wawasan secara general terlebih dahulu untuk kemudian baru belajar secara serius melalui lembaga kursus coding di dalam kelas secara intensif. Kursus coding online sekarang banyak bermunculan, konsepnya bisa berupa video e-learning, kursus interactive ataupun kursus coding melalui video call. 

Kursus coding online juga ada yang bersifat intensif. Kursus coding online intensif biasanya praktek langsung melalui metode belajar secara online dan interactive. Lama belajarnya juga tergolong memakan waktu yang cukup banyak, yaitu bisa dalam hitungan bulan.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Manfaat Coding Bagi Generasi Muda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel