Manfaat Penting Cek Merek Dagang

Manfaat Penting Cek Merek Dagang

Merek merupakan salah satu unsur yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa pendaftaran merek bukanlah hal penting yang harus dilakukan.

Padahal ada banyak sekali manfaat cek merek untuk bisnis. Untuk menjawab keraguan pemula bisnis, simak pentingnya cek merek berikut.

Mengulik Alasan Mengapa Pendaftaran Merek Penting Dilakukan


1. Merek Mewakilkan Identitas Produk

Pada dasarnya, merek diartikan sebagai tanda grafis yang menampilkan logo, gambar, nama, kata, angka, huruf, dimensi, dan kombinasi sebuah perusahaan. Dari pengertian tersebut sudah bisa diambil kesimpulan, bahwa merek ialah tanda pengenal produk maupun perusahaan. Perusahaan yang mereknya telah terdaftar akan terhindar dari berbagai permasalahan.

Semakin ketatnya dunia bisnis, membuat banyak para pelaku bisnis yang menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh keuntungan. Semisal melakukan sabotase, plagiasi, dan permasalahan lainnya. Namun, dengan mendaftarkan merek secara resmi perusahaan yang anda miliki akan mendapatkan identitas dan hak eksklusifnya secara sah di mata negara.


2. Cek Merek Dapat Menjadi Pembeda Kompetitor Lain

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika melihat label perusahaan saat berkeliling mall? Tentu melalui keberadaan label, anda dapat mengidentifikasi beberapa perbedaan dari masing masing toko. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa mendaftarkan dan cek merek sangatlah penting. Melakukan pengecekan dapat menghindarkan perusahaan dari kesamaan kompetitor.

Apabila saat mengecek merek anda menemukan kesamaan nama, logo, atau gambar dengan perusahaan lain, maka anda bisa melakukan klaim kepada Dikjen Hak Kekayaan Intelektual. Perlu anda ketahui, manfaat cek merek tak hanya menjadi pembeda perusahaan atas klasifikasinya saja, namun juga mencakup kualitas produk yang anda dan orang lain miliki.


3. Dapat Memperoleh Hak Eksklusif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, merek dapat memberikan hak eksklusif bagi perusahaan. Hak eksklusif merupakan hak untuk menggunakan mereknya sendiri dalam mendirikan sebuah bidang usaha. Pengusaha yang sudah mendaftarkan merek perusahaannya, dapat memiliki kewenangan untuk mengizinkan pihak lain menggunakan merek dagangnya.

Dalam hal pemberian izin penggunaan merek kepada pihak lain, pemilik merek asli harus melaporkannya terlebih dahulu kepada pihak berwenang. Pasalnya, perizinan penggunaan merek kepada pihak lain juga butuh persetujuan dari Dikjen HKI. Hal ini pula telah disesuaikan dengan undang undang negara yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


4. Menambah Image Suatu Produk

Tak bisa dipungkiri, konsumen akan lebih percaya kepada produk yang jelas dan memiliki merek. Pasalnya, produk tersebut akan lebih meyakinkan jika dibandingkan dengan produk yang belum memiliki merek resminya sendiri. Sebuah produk yang mereknya telah terdaftar dapat memudahkan para konsumen untuk menggali informasi lebih mudah.

Jadi, dengan adanya pendaftaran dan pengecekan merek sebuah perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Hal demikian tentu dapat menjadi ladang keuntungan bagi anda sebagai pemilik bisnis. Oleh sebab itu, jika perusahaan anda belum mendaftarkan merek secara resmi, maka segeralah untuk menghubungi pihak Dikjen HKI.


5. Memiliki Kebijakan Untuk Mengklaim Merek

Jika ada perusahaan lain yang menggunakan merek yang sama dengan merek anda, maka bisa mengajukan klaim dan mendapatkan nilai plus. Bagaimanapun prosesnya, merek dagang yang telah anda daftarkan akan menjadi pemenangnya. Inilah yang menjadi salah satu pentingnya pendaftaran merek.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut, merek merupakan kebutuhan perusahaan yang perlu diperhatikan demi kelangsungan bisnis. Setelah memahami penjelasan dalam ulasan tersebut, kini anda tentu sudah mengetahui betapa pentingnya mendaftarkan dan mengecek merek bagi perusahaan.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Manfaat Penting Cek Merek Dagang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel