Memahami Apa Itu Body Shaming dan Alasan Harus Berhenti

Memahami Apa Itu Body Shaming dan Alasan Harus Berhenti

Apakah body shaming? Body Shaming adalah secara fisik merendahkan orang lain atau diri Anda sendiri. Ini adalah bentuk penindasan yang biasanya tidak diperhatikan. Karena persepsi orang lain tentang bentuk tubuh mereka, semakin banyak wanita yang menderita krisis kepercayaan diri. Ada baiknya untuk mulai memahami apa itu body shaming dan berhenti melakukannya mulai sekarang. 

Apa Itu Body Shaming?

Body shaming adalah salah satu bentuk penindasan atau bullying dengan mengomentari kondisi fisik orang lain secara langsung atau tidak langsung. Komentar ini berkaitan dengan bentuk, ukuran dan tampilan tubuh yang ditujukan untuk digunakan oleh orang lain atau diri Anda sendiri.

Body shaming bukanlah hal baru. Tindakan semacam ini sudah ada sejak lama, dan sekarang semakin banyak merambah di dunia maya, bahkan sudah dalam bentuk anonim sehingga membuat banyak orang semakin menjadi-jadi. Hal ini semakin mengkhawatirkan karena sudah banyak orang yang menjadi korban body shaming. 

Biasanya, kita membandingkan diri kita dengan teman kita di media sosial karena tubuh mereka yang dianggap lebih sempurna. Jika kita tidak memiliki penampilan yang ideal seperti yang kita lihat pada orang lain, hal itu dapat menyebabkan kecemasan dan ketidaknyamanan kita.

Mengapa Kita Harus Stop Body Shaming?

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Terkadang, wanita tertentu percaya bahwa melakukan body shaming memiliki efek positif yaitu mendorong seseorang untuk memperbaiki penampilan, menurunkan berat badan, meningkatkan kualitasnya atau tetap sehat.

Sayangnya, hal itu ternyata memperburuk kesehatan mental, bukan meningkatkan kualitas diri. Penelitian telah menunjukkan bahwa body shaming tidak membantu mendorong perubahan dan sebenarnya dapat melukai perasaan orang lain.

Cedera yang disebabkan oleh body shaming dapat menyebabkan stres, depresi, dan merusak kesehatan mental. Kita perlu saling mendukung dan menghargai bentuk tubuh yang diberikan kepada kita. Bersyukur atas apa yang kita miliki akan membuat kita lebih positif.

2. Sebagai Pengingat Bahwa Semua Wanita Cantik

Pada dasarnya semua wanita itu cantik. Mulailah dengan memahami dan mencintai diri sendiri. Kemudian bertemanlah dengan orang yang memiliki pandangan positif / netral tentang bentuk tubuh. Setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda dan menarik.

Selain itu, jangan ikut membicarakan tentang memuji atau mengkritik fisik seseorang. Ubah topik pembicaraan dengan menekankan penampilan atau kemampuan orang lain yang positif, alih-alih wajah, rambut, atau pakaian.

3. Memberikan Kekuatan dan Energi Sesama Wanita

Sesama wanita perlu mendukung satu sama lain dengan menghargai kekuatan kita. Gantikan kata sifat yang menunjukkan ciri fisik dengan kata yang menunjukkan kemampuan. Coba rasakan, jika kita menghargai kekuatan orang lain untuk mengekspresikan diri dengan kata-kata, alangkah lebih bijaknya.  Cobalah untuk mengubah perhatian Anda dengan menilai kualitas orang lain untuk memperkuat diri Anda dan memberi mereka energi positif.

Inilah mengapa kita perlu menerima perbedaan fisik kita dan mengubah pandangan kita tentang tubuh menjadi lebih positif. Jangan sampai kehilangan fokus untuk mengoptimalkan keuntungan yang ada dan terjebak dalam komentar miring.

Saatnya merayakan semua jenis kecantikan, tidak peduli bentuk tubuh, bentuk rambut, dan warna kulit kita. Bersama dengan Dove, mari hentikan body shaming dan saling mendukung satu sama lain. Silahkan gunakan produk premium Dove.

Dove Original Deodorant yang mengandung ¼ moisturising cream untuk menjaga kelembapan dan kehalusan kulit ketiak. Ketiak diberi nutrisi dan menjadi lebih lembut dan halus. Dove Original Deodorant adalah pilihan tepat bagi yang menginginkan ketiak super halus dan lembut serta membantu setiap wanita stop body shaming. 

Deskripsi : body shaming merupakan tindakan yang harus dihindari untuk mendapatkan berbagai manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Memahami Apa Itu Body Shaming dan Alasan Harus Berhenti"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel