D.E.S.E: Solusi Software Belajar Online di Era New Normal

DESE Bhineka

Tentunya pandemi Covid 19 ini, membuat semua aktivitas yang memungkinkan untuk melakukan kontak antara satu orang dengan yang lainnya menjadi sangat dibatasi, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, Bhinneka.com sembuat sebuah software belajar online yang dapat diakses oleh semua pihak yang bergerak di dunia pendidikan, yaitu D.E.S.E.

D.E.S.E hadir sebagai salah satu solusi bagi para murid untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan pembelajarannya, walaupun tidak bertatap muka secara langsung oleh guru. Dengan hadirnya software belajar online D.E.S.E ini, tentunya dapat meminimalisir penyebaran virus menjadi lebih luas. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai program D.E.S.E dari Bhinneka.com:


Fasilitas Software Belajar Online D.E.S.E

D.E.S.E hadir sebagai salah satu platform belajar online yang memiliki berbagai macam fasilitas menarik di dalamnya. Tentunya fasilitas tersebut akan membantu murid dalam melakukan pembelajaran atau melakukan diskusi. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang akan diberikan oleh D.E.S.E:

1. Fasilitas Konsultasi dan Pelatihan

Di dalam program D.E.S.E, terdapat berbagai macam fitur yang berfungsi untuk menyediakan pelatihan dan konsultasi bagi penggunanya. Pelatihan ini sendiri ditawarkan dan diselenggarakan oleh para lembaga pelatihan pendidikan yang sudah memiliki kredibilitas. 

Melalui program pelatihan tersebut, para guru dapat meningkatkan kemampuan diri dalam memberikan pembelajaran bagi para murid.

2. Akses Buku Elektronik

Tidak hanya berguna untuk menyediakan layanan pembelajaran secara online saja, D.E.S.E juga menawarkan berbagai macam buku elektronik yang dapat diakses oleh para murid hanya dari satu platform saja. 

Nantinya para tenaga pendidik akan berperan aktif di dalam pengelolaan buku elektronik yang disediakan D.E.S.E, kemudian E-book atau buku elektronik ini dijadikan buku pegangan para murid. Buku elektronik dari D.E.S.E ini sendiri pun dapat diakses melalui perangkat apa saja, jadi Anda tidak perlu khawatir jika sedang menggunakan perangkat lainnya.

3. Belajar Online Secara Real Time

Seperti yang sudah diketahui, kebanyakan pembelajaran online memiliki tingkat efektifitas yang lebih rendah, dibandingkan dengan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Hal ini menyebabkan para murid seperti dipaksa untuk dapat memahami materi melalui beberapa materi atau video, tanpa bantuan tenaga pendidik.

Namun, hal tersebut nantinya tidak akan dijumpai jika Anda menggunakan D.E.S.E. Dengan menggunakan platform ini, para murid nantinya akan melakukan pembelajaran online secara bersamaan dengan guru, seperti halnya ketika sedang melakukan pembelajaran tatap muka. 

Belajar online secara real time ini juga sangat berguna bagi para guru untuk tetap dapat mengawasi aktivitas murid dari luar ruangan, seperti olahraga atau aktivitas lainnya. Hal ini tentunya akan memberikan suasana yang mirip dengan aktivitas pembelajaran yang biasanya ada di sekolah.

4. Platform Komunikasi

D.E.S.E tidak hanya dapat digunakan sebagai software belajar online saja, namun juga dapat digunakan sebagai platform untuk berkomunikasi antara seluruh pihak yang bergerak di dunia pendidikan. 

D.E.S.E dapat mengkoneksikan orang tua murid pada komunitas pendidikan yang tersedia di D.E.S.E, contohnya seperti bimbingan belajar di luar sekolah. Dengan adanya platform ini, akan mengurangi miss communication antara pengajar, guru, dan murid. Selain itu, orang tua murid juga akan dengan mudah memantau perkembangan belajar anaknya.


Keunggulan Software Belajar Online D.E.S.E

D.E.S.E hadir sebagai solusi dari proses pembelajaran online bagi para murid dan guru, terlebih di dalam era new normal seperti saat ini. Terdapat beberapa keunggulan yang membuat D.E.S.E pantas dijadikan sebagai rekomendasi software belajar online. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tempat Bertemunya Berbagai Penyelenggara Pendidikan

D.E.S.E tidak hanya dapat berperan sebagai platform pembelajaran online saja, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mempertemukan semua orang yang menyelenggarakan pendidikan di dalamnya. Terdapat beberapa pihak yang dapat dipertemukan ketika Anda menggunakan D.E.S.E, seperti:

Guru

Murid

Orangtua Murid

Lembaga Pendidikan Formal atau Sekolah

Perusahaan Telekomunikasi

Perusahaan yang Menyediakan Hardware Edukasi

Komunitas Pembelajaran Online

Guru Bimbingan Belajar di Luar Sekolah

Layanan Pembiayaan Online

Buku Elektronik


2. Pembelajaran Online Secara Terpadu

Dengan menggunakan program D.E.S.E, nantinya proses pembelajaran akan lebih mudah karena seluruh prosesnya akan dilaksanakan dari satu tempat saja. 

Tidak hanya itu saja, ekosistem pembelajaran online juga dapat diakses oleh orang tua, jadi orang tua murid dapat ikut juga berperan aktif mengawasi proses pembelajaran anaknya.

Pembelajaran yang terpadu ini diharapkan akan menjadi solusi dari kendala-kendala dalam pembelajaran online seperti terjadinya miss communication, pembelajaran tak kondusif, platform yang tidak memadai, koneksi internet yang buruk, dan kendala lainnya.


Bagaimana Sistem Kerja Software Belajar Online D.E.S.E?

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas mengenai kelebihan dan keunggulan software digital education ini dibandingkan dengan software lain, agar lebih paham, berikut alur kerjanya secara umum:

D.E.S.E akan menghubungkan pihak guru atau pengajar, orang tua murid, dan murid ke dalam suatu ekosistem pembelajaran secara online yang terintegrasi.

Anda yang mengandalkan D.E.S.E, akan mendapatkan lisensi atau akun digital classroom berbasis Google Suite for Education premium yang aksesnya bisa diseragamkan (alamat email sekolah, email tiap guru/pengajar, dan email tiap murid).

Bhinneka akan memberikan pelatihan mengenai setup atau instalasi awal, cara penggunaan, simulasi pembelajaran online, dan pendampingan teknis lanjutan lainnya. 

Bhinneka juga akan membantu pengkoordinasian perangkat PJJ online yang akan menunjang pembelajaran secara online.


Adapun beberapa fitur Google Suite for Education yang akan didapatkan antara lain:

Google Drive dengan kapasitas tak terbatas.

Google Meet untuk rapat maupun pembelajaran.

Google+ internal.

Google Calendar yang sudah terkoneksi dengan tautan pembelajaran online, 

dan fitur-fitur lainnya.


Mengingat Bhinneka.com adalah marketplace gadget pertama dan terbesar di Indonesia, tidak perlu khawatir mengenai pengadaan hardware khususnya tablet atau notebook, sudah pasti hardware yang didapatkan resmi bergaransi. 

Tidak ingin menggunakan notebook atau laptop? Paket dengan harga khusus juga sudah disiapkan bagi sekolah atau tim pengajar yang ingin menggunakan tablet dengan stylus pen untuk menunjang pembelajaran online. 

Dengan penggunaan tablet, tentunya proses belajar mengajar akan semakin mudah, tidak menghabiskan banyak waktu, efektif, dan efisien. Mengingat tablet merupakan gadget yang sangat mudah dibawa kemana-mana, tidak menghabiskan space banyak ketika disimpan di dalam tas, dan kelebihan-kelebihan lainnya. 

Tidak hanya Bhinneka saja, program pemilikan hardware tersebut juga tentunya sudah didukung oleh fintech rekanan Bhinneka seperti Avantee, Cicil.co.id, Duha Syariah, Akseleran, dan lain-lain.

Kesimpulannya, Bhinneka.com, selaku pengembang dari platform D.E.S.E ini memiliki tujuan untuk memberikan sebuah solusi pembelajaran online yang dapat diakses dengan mudah oleh para murid dan guru. D.E.S.E sebagai software belajar online diharapkan dapat menghadirkan inovasi dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara efektif.

Untuk Anda yang tertarik mengenai D.E.S.E bisa langsung mengunjungi web Bhinneka.com, kemudian mengisi formulir yang tersedia.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "D.E.S.E: Solusi Software Belajar Online di Era New Normal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel