Bunaken Snorkeling : Spot Terbaik yang Harus Anda Kunjungi

Bunaken Snorkeling
Sumber : https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2020/02/72764331-993641014333636-7402049444275806717-n-bc609d24475b3b3ddb1dcb90ea4eb373.jpg


Jika Anda mencari tantangan baru dalam berlibur, maka aktivitas air seperti snorkeling harus Anda coba. Salah satu pusat snorkeling yang banyak dituju wisatawan dunia adalah Bunaken, Manado, Indonesia. Pada taman laut seluas lebih dari 75 ribu hektar ini, Bunaken memiliki ratusan terumbu karang yang indah dan puluhan spesies ikan yang cantik. Karena itu, terdapat setidaknya 20 titik penyelaman (diving) dan snorkeling di Bunaken yang bisa dinikmati wisatawan. Snorkeling sangat cocok bagi Anda yang takut menjelajah lautan pada tingkat kedalaman yang jauh. Meskipun hanya di permukaan atau laut dangkal, Bunaken tetap menawarkan indahnya keragaman biota laut. Berikut ini ada beberapa titik snorkeling terbaik yang menjadi favorit banyak wisatawan.


1.       Puncak Barakuda

Puncak Barakuda berada di bagian barat laut Taman Nasional Bunaken dan menjadi spot terjauh dari Pulau Manado. Spot ini unik karena arus yang terjadi di Puncak Barakuda terjadi akibat pergantian arus dari daerah penuh terumbu karang dan daerah berpasir. Meskipun begitu, snorkeling di Puncak Barakuda akan membuat Anda bertemu banyak barakuda berukuran besar, serta spesies ikan lain. Beberapa diantaranya adalah ikan jack, ikan tuna, karang lunak, dan sebagainya.


2.       Muka Gereja

Terletak di depan gereja di Pulau Manado Tua, spot snorkeling Muka Gereja menjadi terkenal dengan arus airnya yang tenang dan jernih. Sehingga jarak pandang Anda akan lebih jauh. Banyak sekali ragam anemon dan spesies ikan yang bisa Anda lihat di sini, seperti spotted eagle rays, scorpionfish, leaf fish, dan masih banyak lagi. Bahkan jika beruntung, Anda dapat bertemu white tip reef shark, sejenis hiu dengan ukuran sedang. Jangan takut akan diserang hiu karena Anda akan diarahkan pemandu bagaimana cara menghadapi hiu jenis ini. Menarik, bukan?

Wonderful Indonesia

3.       Bunaken Timor

Bagi Anda penyelam yang sudah ahli, mungkin Anda bisa mencoba spot Bunaken Timor. Arus laut yang dimiliki spot ini memang cukup kuat sehingga perlu teknik-teknik tertentu. Tidak hanya terumbu karang, Anda juga dapat melihat banyaknya gua bawah laut yang memikat untuk dijelajahi isinya. Sedangkan penjelajahan di kedalaman tertentu akan mempertemukan Anda dengan berbagai spesies penyu, pari elang, dan bahkan hiu. Ini adalah keuntungan dari arus kuat tersebut sehingga semakin banyak biota laut yang Anda temui.


4.       Fukui Point

Spot yang terletak di sebelah barat daya Pulau Bunaken ini merupakan hasil penemuan instruktur Jepang bernama Fukui. Fukui Point memiliki koleksi terumbu karang yang masih “mentah” atau sangat alami yang berada di lereng dengan turunan yang beragam. Tidak hanya turunan rendah saja, turunan curam juga akan Anda temui. Jika Anda snorkeling di Fukui Point, beberapa spesies yang bisa Anda temui adalah belut moray berbintik putih, ikan sailingfing tangs, napoleon wrasse, macolon niger, dan masih banyak lagi. Lalu di kedalaman 15 meter, Anda bisa melihat 5 kerang raksasa yang menakjubkan.


5.       Lekuan 1, 2 dan 3

Selanjutnya adalah titik Lekuan yang berada di selatan Pulau Bunaken. Spot ini memiliki 3 titik yang berdekatan dan sama-sama menyuguhkan keindahan bawah laut, yaitu Lekuan 1, 2, dan 3. Pada Lekuan 1 dan 2, Anda dapat bertemu pyramid butterflyfish, napoleon wrasse, bannerfish, dan spesies ikan cantik lainnya. Sedangkan pada Lekuan 3, Anda dapat melihat koral kipas laut dan banyak spons besar menempel pada dinding laut. Lekuan 3 biasanya digunakan bagi penyelam yang berpengalaman karena Anda bisa mencapai di kedalaman 200 meter lebih. Sudah merasa tertantang?

Pilih dan kunjungi spot snorkeling terbaik di Bunaken tersebut sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Bagi Anda yang belum memiliki peralatannya, banyak penyewaan alat snorkeling di sana yang biasanya satu paket dengan penyewaan kapal. Ketahui informasi lebih lanjut tentang Bunaken dengan berkunjung ke Wonderful Indonesia sekarang juga.

Peta Bunaken
Sumber : https://docplayer.info/docs-images/70/62741696/images/50-0.jpg
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Bunaken Snorkeling : Spot Terbaik yang Harus Anda Kunjungi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel