Kenali Spherical Roller Bearing dan Jenis Roller Bearing yang Lainnya

Spherical Roller Bearing

Bantalan atau juga dikenal dengan istilah bearing merupakan salah satu elemen mesin yang memiliki fungsi sebagai penumpu poros. Dengan begitu, putaran dan gerakan poros bisa berjalan dengan aman dan lancar dan mengurangi kerugian daya yang disebabkan karena gesekan. Ada berbagai jenis bearing, mulai dari cylindrical roller bearing, tapered roller bearing, spherical roller bearing, dan masih banyak lagi.

Masing-masing jenis ini memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis bearing tersebut dan apa saja perbedaannya. Pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis bearing, khususnya roller bearing. Roller bearing adalah bearing yang berbentuk bola dan bisa menerima beban radial yang besar.

Jenis-Jenis Roller Bearing

1. Cylindrical roller bearing

Jenis yang pertama adalah cylindrical roller bearing. Sebenarnya jenis bearing ini masih terbagi lagi menjadi beberapa tipe yang lebih kecil. Biasanya bearing ini dijual di pasaran dengan berbagai ukuran diameter lubang. Ada bearing yang mempunyai diameter silindernya 1:1 hingga 3:1. Bagian luar dari cylindrical roller bearing biasanya akan dilapisi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya untuk menerima beban.

2. Needle roller bearing

Roller bearing yang berikutnya adalah needle roller bearing. Needle roller bearing secara bentuk hampir mirip dengan cylindrical roller bearing. Keduanya sama-sama mampu menerima beban radial yang besar. Yang membedakan antara keduanya adalah perbandingan panjang dan diameter dari needle roller bearing cukup besar dan ukuran rolnya cenderung kecil. Ada dua jenis bearing ini, yakni bearing yang rolnya tidak berada dalam sangkar dan bearing yang rolnya berada di dalam sangkar.

3. Tapered roller bearing

Tapedered roller bearing mampu menerima beban radial atau beban aksial yang cukup besar. Jenis bearing ini memiliki sederet rol yang digunakan untuk menerima beban aksial satu arah. Dengan begitu, jika beban yang ada adalah dua arah, maka harus ditambahkan satu bearing lagi dengan arah yang berlawanan. Sebagai alternatif, bearing ini juga bisa digunakan dengan dua deret rol.

4. Roller thrust bearing

Roller bearing berikutnya adalah roller thrust bearing. Jenis ini memang mirip dengan roller bearing pada umumnya. Yang membedakan hanyalah posisinya saja. Roller thrust bearing sangat cocok untuk menahan beban yang cukup berat. Biasanya bearing jenis ini dipakai pada set gear kendaraan yang membutuhkan rotating shaft.

5. Spherical roller bearing

Jenis roller bearing yang terakhir adalah spherical roller bearing. Spherical roller bearing merupakan rolling-element bearing atau bantalan dengan elemen yang bergulir yang memungkinkan untuk meminimalisasi ketidaksesuaian sudut. Selain itu bearing ini juga berfungsi untuk membuat gesekan menjadi lebih rendah. Keunggulan dari spherical roller bearing ini adalah lebih mudah dalam perawatannya. Untuk melakukan perawatan hanya perlu dilumasi secara berkala.

Itulah tadi beberapa jenis roller bearing yang perlu Anda ketahui. Semua bearing tersebut bisa Anda dapatkan di Logam Makmur. Bukan hanya lengkap, di Logam Makmur Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis bearing seperti block bearing, linear bearing, universal joint, dan masih banyak lagi. Mengenai kualitas juga tidak perlu dipertanyakan lagi karena semua produk Logam Makmur berkualitas sangat baik.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk-produk yang ditawarkan, Anda bisa langsung mengunjungi website Logam Makmur di www.logam-makmur.com. Perusahaan yang berlokasi di Jl. Taman Sari Raya No.63 A, RT.10/RW.1, Taman Sari, Jakarta Barat ini buka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 08.30 WIB. Jika Anda berlokasi di sekitar daerah tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi kantornya.

Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Kenali Spherical Roller Bearing dan Jenis Roller Bearing yang Lainnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel