Penyebab Terjadinya Tiroid pada Manusia Berdasarkan Jenisnya

Penyebab Terjadinya Tiroid pada Manusia Berdasarkan Jenisnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penyebab terjadinya tiroid pada manusia. Namun sebelum itu kita harus ketahui hal hal dasar mengenai tiroid. Penyakit tiroid adalah gangguan yang ada pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berada di leher tepatnya di bawah laring, merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam sistem endokrin dan memiliki berfungsi untuk mengeluarkan hormon metabolisme pada tubuh manusia.

Kelenjar hipofisis dan hipotalamus yang terdapat pada otak memegang kendali besar dalam sistem kerja kelenjar tiroid, dimana kalau tubuh Anda mengalami kelebihan atau kekurangan hormon tiroid, maka otak otomatis akan merangsang kelenjar tiroid agar dapat menyeimbangkan kadarnya terhadap kebutuhan tubuh. Penyakit tiroid pada umumnya memiliki 4 jenis yaitu hipertiroid, hipotiroid, gondok, dan nodul tiroid.

Penyakit tiroid mencakup berbagai kondisi yang bisa mempengaruhi fungsi serta struktur dari kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ini memiliki bentuk yang menyerupai kupu-kupu dan terletak pada bagian depan leher atau di bawah laring.

Kelenjar tiroid memiliki peran yang sangat penting dalam regulasi dari berbagai proses metabolik di seluruh tubuh seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Dari bermacam-macam jenis penyakit tiroid yang ada pastinya bisa mempengaruhi fungsi dari kelenjar tiroid, strukturnya, atau mungkin keduanya.

Kelenjar tiroid ini mengelilingi trakea, yang pada dasarnya trakea merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan. Kelenjar tiroid menggunakan yodium agar bisa memproduksi dua hormon penting, yaitu triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4).

Fungsi dari kelenjar tiroid diatur melalui sebuah mekanisme umpan balik yang melibatkan otak. Disaat kadar hormon tiroid rendah, maka hipotalamus di otak akan memproduksi thyrotropin releasing hormone atau TRH dan mengakibatkan sebuah kelenjar pituitari yang terletak pada bagian bawah otak supaya bisa memproduksi thyroid stimulating hormone atau TSH. Hormon tersebut akan menstimulasi kelenjar tiroid agar bisa memproduksi T4 dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, jika sudah mengetahui hal-hal dasar mengenai tiroid, maka langsung saja ke pembahasan tentang penyebab penyakit tiroid.

1. Hipotiroidisme.
Kondisi hipotiroidisme muncul karena kelenjar tiroid yang memproduksi hormon tiroid dengan jumlah yang sedikit. Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh kelainan yang terdapat pada kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, atau hipotalamus.

Beberapa penyebab dari hipertiroidisme yang sering terjadi adalah tiroiditis Hashimoto atau di mana kondisi sistem dari daya tahan tubuh yang menyebabkan sebuah peradangan pada kelenjar tiroid, resistensi atas hormon tiroid, dan peradangan tiroid lain seperti tiroiditis pasca persalinan dan tiroiditis akut.

2. Hipertiroidisme.
Kondisi yang satu ini disebabkan karena produksi hormon tiroid yang berlebih. Tanda dan gejala dari hipertiroidisme pada dasarnya disebabkan oleh metabolisme yang semakin meningkat.

Hipertiroidisme juga sering disebabkan oleh penyakit Graves, nodul tiroid yang menimbulkan peningkatan hormon tiroid, serta konsumsi yodium yang berlebihan.

3. Penyakit gondok.
Istilah gondok atau goiter pada umumnya menjelaskan tentang adanya pembesaran pada kelenjar tiroid, terlepas dari semua penyebabnya. Gondok tidak bisa dibilang sebagai penyakit spesifik, dan bisa dikaitkan dengan kondisi hipotiroidisme, hipertiroidisme, atau fungsi tiroid yang normal.

4. Nodul tiroid.
Nodul tiroid merupakan suatu istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan adanya sebuah benjolan atau massa yang abnormal pada kelenjar tiroid.

Nodul ini disebabkan karena adanya tumor yang jinak, kista yang jinak, atau kanker tiroid. Nodul bisa berjumlah satu atau lebih, dengan ukuran yang bervariasi. Jika nodul yang sangat besar ternyata bisa mengakibatkan timbulnya gejala akibat dari pendesakan organ-organ di sekitar kelenjar tiroid.

Nah, itulah penyebab terjadinya tiroid pada manusia berdasarkan jenisnya yang perlu diketahui.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Penyebab Terjadinya Tiroid pada Manusia Berdasarkan Jenisnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel