5 Wisata Pantai Terbaik di Tanah Laut

Tanah Laut adalah salah satu kabupaten yang berada di Kalimantan Selatan. Selain banyaknya bukit-bukit, Tanah Laut juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Jadi tidak heran jika Kabupaten yang satu ini memiliki beberapa wisata pantai.

Setidaknya ada 5 wisata pantai terbaik yang berada di Kabupaten Tanah Laut.

1. Pantai Batakan

Pantai Batakan

Pantai Batakan menjadi pantai terbaik pertama di Kabupaten Tanah Laut, Pantai ini berada di Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini berjarak 125 Km dari Banjarmasin ke arah selatan.

Cara Mencapai Pantai Batakan
Akses menuju Pantai Batakan sebenarnya sangat mudah dan indah. Jalanan dengan kondisi aspal yang baik, dan juga jalan yang berkelok-kelok membuat perjalanan menuju ke sana sangat menyenangkan. Ditambah lagi perjalanan menuju pantai melewati perbukitan yang menawarkan pemandangan indah.

Jika kamu dari Banjarmasin, langsung saja menuju ke arah selatan. Di sepanjang jalan akan ada petunjuk arah untuk bisa sampai ke Pantai Batakan. Kamu bisa langsung menuju kesana dengan menggunakan alat transportasi seperti mobil ataupun motor. Mungkin sekitar 1 jam kamu akan sampai disana jika tidak ada kendala di perjalanan.

Jika kamu sudah melihat gapura dan tugu, itu adalah pertanda bahwa kamu telah sampai di Pantai Batakan. Selanjutnya akan ada pos pemberhentian tempat untuk membayar tiket masuk. Hanya dengan Rp. 15.000 kamu sudah bisa keindahan pantai sepuasnya.

Hal-Hal yang Harus Kamu Coba saat di Pantai Batakan
Selain menikmati angin yang bertiup dengan sejuk, dan desiran suara ombak, ada banyak hal lain yang juga bisa kamu nikmati saat di Pantai Batakan. Berkeliling pantai dengan berjalan kaki mungkin adalah hal yang wajib dilakukan saat di pantai, namun bukankah hal tersebut sudah mainstream. Bagaimana dengan berkeliling menggunakan kuda?

Pantai Batakan menawarkan sebuah fitur keren yang mungkin tidak ada di pantai lain, yaitu berkeliling dengan naik kuda. Sangat menarik sekali bukan jika bisa berkeliling pantai dengan menunggangi kuda. Kamu bisa menyewa kuda yang biasanya berdurasi dan dengan harga yang berbeda-beda, kamu bisa menawarnya jika ingin mendapat harga yang murah.

Selain naik kuda, disana juga ada fitur naik delman. Hal inilah yang membuat Pantai Batakan sangat istimewa. Delman sekarang sudah sangat jarang sekali ditemui, dan disini kamu bisa mendapat kesempatan untuk naik delman. Bayangkan, di pesisir pantai berada di atas delman ditambah dengan es degan segar, sungguh kenikmatan tiada duanya bukan.

Satu lagi, saat kita memandang ke lepas pantai, terdapat sebuah pulau, yaitu Pulau Datu. Kamu juga bisa mengunjungi pulau tersebut. Disana terdapat makan yang biasanya dikunjungi untuk tujuan berziarah. Makam tersebut adalah makam Datu Pamulutan.

Fasilitas yang ada di Pantai Batakan juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari parkiran yang luas, kamar mandi, area bermain anak dan panggung hiburan. Jika kamu datang pada Bulan Juli atau Agustus, di sana akan diadakan sebuah ritual yang dilakukan oleh para nelayan.

Nah, mungkin itu saja ulasan mengenai Pantai Batakan. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan memori yang kosong, karena rugi sekali jika tidak mengabadikan momen di sana.

2. Pantai Takisung

Pantai Takisung

Liburan di pantai menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Melihat ombak, dengan angin sepoi-sepoi, atau juga bisa melihat matahari terbenam. Apalagi untuk anak indie, dengan secangking kopi susu, semua masalah seperti sirna. Salah satu pantai yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Takisung.

Rute Menuju Pantai Takisung
Bagi kamu yang belum pernah mengunjunginya, berikut akan diberikan ulasan tentang rute untuk isa sampai di Pantai Takisung. Pantai ini terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, berjarak 87 kilometer dari Ibukota, yaitu Kota Banjarmasin. Berada tepat di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

Kamu bisa mencapai ke Pantai Takisung dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil ataupun motor. Jalannya pun dalam kondisi yang baik, ditambah lagi dengan pemandangan yang indah membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu hanya dengan Rp5.000 pada hari biasa, dan Rp10.000 pada hari libur.

Dengan harga tiket yang sangat murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Fasilitas yang ada didalam pun juga sangat lengkap, mulai dari kamar mandi untuk membasuh dan area parkir yang luas. Ditambah lagi dengan hiburan-hiburan yang diberikan.

Keindahan Pantai Takisung
Secara umum pantai di Indonesia memang memiliki pesonanya masing-masing, termasuk Pantai Takisung. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan ombak yang kecil. Disana terdapat sebuah bangunan pemecah ombak yang berbentuk huruf “T”, sebagai simbol bahwa di sana adalah Pantai Takisung.

Di tepian pantainya terdapat banyak sekali pohon kelapa dan juga pepohonan rindang yang cocok untuk tempat berteduh. Selain itu, terdapat beberapa tempat penyewaan payung dengan alas karpet, dengan biaya sewa hanya Rp50.000 setiap harinya, jadi kamu bisa menikmatinya sepuasnya.

Keseruan lainnya adalah disana terdapat tempat penyewaan motor racing mini yang bisa kamu sewa dengan harga Rp50.000 per 30 menit. Atau jika ingin berpetualang menikmati air laut, kamu bisa juga memanfaatkan penyewaan banana boat. Harganya juga sangat murah, yaitu hanya dengan Rp20.000 untuk orang dewasa, dan Rp15.000 untuk anak-anak.

Pada pesisir pantai, juga terdapat beberapa perahu nelayan yang sedang parkir. Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, selain karena pantainya yang memang bagus, jaraknya yang dekat juga membuat orang-orang gemar sekali menuju kesana untuk sekedar merefresh pikiran.

Dari pantai ini, kamu juga bisa mengunjungi sebuah pulau yang berada tidak jauh dari sana, yaitu Pulau Datu. Hanya dengan menempuh waktu setengah jam perjalanan, kamu sudah sampai disana. Pulau ini biasanya digunakan sebagai tempat berziarah. Jadi, selain keindahan Pantai Takisung, kamu juga bisa pergi ke pulau ini.

Mungkin itu saja ulasan tentang Pantai Takisung. Jika masih penasaran, langsung saja menuju kesana dan puaskan harimu di pantai. Kamu bisa kesana dengan siapapun, bersama keluarga, teman, sahabat, ataupun gebetan. Atau jika memang ingin pergi sendiri juga tidak masalah, kamu bisa menikmati semua dengan damai.

3. Pantai Joras

Pantai Joras

Pantai Joras menjadi pantai terbaik ketiga di Kabupaten Tanah Laut.
 
Cara Mencapai Pantai Joras
Tidak sulit untuk menemukan pantai ini. Kamu juga bisa mencari rute melalui Google Map. Pantai Joras merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Laut. Lebih tepatnya, terletak 40 kilometer dari Kota Pelaihari dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, jika tidak terjadi kendala dalam perjalanan.

Kondisi pantai ini tergolong sepi, dan masih belum banyak orang yang mengaksesnya. Oleh karena itu, kondisi alamnya masih sangat terjaga. Kamu bisa sampai di pantai ini dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Kondisi jalan masih sedikit bergelombang, karena masih dalam tahap pengerasan.

Meskipun begitu, semua akan terbayar saat kamu sampai di pantai nan indah ini. Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu hanya dengan Rp8.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Selain itu, kamu juga harus membayar parkir hanya sebesar Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Disekitar pantai, kamu akan menemukan sebuah menara yang menjulang tinggi. Bangunan tersebut adalah mercusuar. Kamu juga bisa mencoba naik dan melihat pemandangan dari atas, namun harus dengan hati-hati karena mercusuar tersebut tidak memiliki pelindung. Selain itu, ada sebuah jembatan yang menjorok ke laut.

Pantai Joras dan Keindahan Alamnya
Pantai Joras masih dalam proses pengembangan, sehingga kamu tidak akan menemukan fasilitas-fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Namun, hal ini lah yang justru diminati banyak orang. Kondisi pantai yang masih sangat alami, tidak banyak bangunan, akan membuat pikiran benar-benar tenang.

Jika tujuanmu adalah untuk menenangkan pikiran setelah melalui banyak tekanan rutinitas, pergi ke pantai ini mungkin bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah dan pohon-pohon cemara yang juga menyejukkan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih.

Pantai ini memiliki sebuah bangunan atau bisa disebut jembatan yang mengarah ke laut. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bisa mengeksplor pantai. Selama perjalanan, kamu akan melewati jalan yang dikelilingi dengan hutan, tidak ada rumah, dan jalan yang yang masih belum di aspal.

Pantai ini memiliki ombak yang kecil, sehingga sangat cocok jika kamu ingin bermain air. Pepohonan yang masih sangat rindang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa membawa peralatan memancing, karena di sana juga terkenal dengan banyaknya ikan.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Pantai Joras, jika kamu masih penasaran dan ingin lebih mengetahui tentangnya, langsung saja pergi kesana. Satu yang perlu diingat, jangan pernah meninggalkan sampah, kamu hanya boleh meninggalkan kenangan.

4. Pantai Asmara

Pantai Asmara

Salah satu pantai terbaik dan pantai yang nama nya paling romantis ialah Pantai Asmara yang berada di Kecamatan Asam-asam.

Tentang Pantai Asmara
Sebenarnya nama asmara ini diambil dari singkatan “Asam-asam Muara”, karena namanya yang panjang maka diangkatlah menjadi Pantai Asmara. Pantai ini terletak di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Tidak sulit untuk bisa sampai ke pantai ini, karena akses jalannya yang sangat mudah.

Untuk bisa sampai ke Pantai Asmara, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit dari Kota Banjarmasin. Soal rute, kamu tinggal membukanya melalui google maps, dan ketik Pantai Asmara sebagai lokasi tujuan. Di sepanjang jalan pun terdapat papan petunjuk arah yang bisa membawamu kesana.

Harga tiket masuk di Pantai Asmara hanya Rp10.000 per orang. Kamu juga perlu membayar parkir sebesar Rp5.000 saja untuk motor dan Rp10.0000 jika kamu membawa mobil. Biaya tersebut sepertinya tidak ada artinya dibanding dengan keindahan yang bisa kita dapatkan.

Obyek wisata diresmikan pada tahun 2016, namun meskipun sudah berdiri sejak lama, pantai ini tetap menjaga kelestarian alamnya. Jumlah pohon yang masih banyak, serta kondisi pantai yang sangat bersih. Air lautnya pun juga bening, sehingga kamu tidak perlu takut untuk berenang.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah lengkap. Paling tidak sudah ada toilet atau kamar mandi sebagai tempat membasuh, dan beberapa spot warung saat kamu ingin mengisi perut. Di sekitar pantai juga tersedia penginapan, jika memang dibutuhkan kamu bisa langsung menuju kesana.

Luapkan Asmaramu di Pantai Asmara
Pantai dengan nama yang romantis ini sangat cocok sekali buat kamu ingin menyampaikan perasaan kepada seseorang. Ditambah lagi, ini adalah Bulan Februari, banyak orang yang bilang ini adalah bulan kasih sayang. Jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya, sebelum hilang.

Ada banyak hal yang kamu lakukan, tidak hanya menikmati desiran ombak dan angin yang sepoi-sepoi. Disana terdapat sebuah fasilitas speed boat, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp20.000 saja. Kamu bisa mengajak pasanganmu untuk naik speed boat, siapa tahu nanti makin jatuh hati.

Hal yang paling spesial di pantai ini adalah fasilitas gembok cinta. Pas banget, lagi jalan-jalan bersama pasangan dan memang ingin menyatakan perasaan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Gembok cinta tersebut bisa mengisyaratkan bahwa kamu dan pasanganmu sudah terkunci dengan komitmen masing-masing, sungguh romantis banget.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Pantai Asmara. Segera buat janji dengan pasanganmu, jangan lupa untuk membawa gembok cinta. Kamu bisa kesana kapan pun, hari hari biasa maupun hari libur.

5. Pantai Muara Kintap

Pantai Muara Kintap

Pantai muara kintap terbilang pantai yang paling muda dibandingkan pantai-pantai lainnya yang berada di Kabupaten Tanah Laut. Namun sebenarnya pantai ini sudah lama ada, tetapi tidak dikelola dengan baik. Baru di awal-awal 2019 pantai ini di kelola dan dikunjungi banyak wisatawan.

Rute Menuju Pantai Muara Kintap
Tidak banyak yang tahu tentang pantai ini, karena jaraknya yang cukup jauh dari Kota Banjarmasin, yaitu sekitar 150 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah selama kurang lebih 3 jam. Namun, semua perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar tuntas dengan keindahan Pantai Muara Kintap.

Kamu bisa menuju pantai ini dengan mengendarai mobil ataupun motor. Jika kamu berada di Banjarmasin, langsung berjalan ke arah Kota Pelaihari. Untuk mempermudah perjalanan kamu bisa memanfaatkan Google Maps, agar tidak tersesat di perjalanan. Kamu juga akan dibantu dengan adanya petunjuk yang ada di setiap pertigaan atau perempatan.

Pantai ini resmi dibuka oleh pemerintah pada tahun 2017, dan fasilitasnya pun hingga kini terus dibangun agar bisa memuaskan para pengunjung. Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah kamu bisa masuk kesana tanpa membayar sepeserpun, alias gratis.

Jangan Lupa Abadikan Momen di Ayunan Jomblo
Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya sebuah ayunan yang diberikan nama sebagai “Ayunan Jomblo”. Fasilitas ini dibangun oleh Karang Taruna di desa setempat untuk bisa menambah daya tarik para wisatawan. Benar sekali, adanya ayunan tersebut berhasil menarik banyak wisatawan di beberapa tahun terakhir ini.

Ayunan tersebut tidak hanya ada satu, jadi jangan khawatir akan rebutan saat ingin mencobanya. Nama Ayunan Jomblo ini diambil karena ukurannya yang hanya cukup untuk satu orang saja. Namun bukan berarti yang menaikinya juga akan jadi jomblo.

Selain ayunan, fasilitas lain yang terdapat di pantai ini adalah beberapa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Namun, untuk bisa menikmatinya, kamu perlu menyewanya dengan harga sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000 untuk sepuasnya.

Pantai dengan pasir berwarna putih ini dan ombak yang kecil membuat para pengunjung bisa mencoba untuk merasakan kesegaran air lautnya. Di pinggiran pantainya juga disediakan payung-payung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Kamu juga bisa bermain ATV dengan cara merental ke pihak yang menyediakan, atau juga bisa mencoba serunya banana boat.

Satu lagi hal yang perlu kamu ketahui, obyek wisata ini letaknya sangat jauh dan masih tergolong baru. Sehingga masih belum ada tempat untuk penginapan, jika kamu ingin menginap, kamu bisa mencoba untuk berkemah di pantai. Pasti akan sangat seru sekali bukan, tapi jangan lupa untuk izin kepada petugas agar ada yang mengawasi.

Mungkin itu saja sedikit cerita tentang Pantai Muara Kintap. Jika penasaran ingin mencoba ayunannya langsung saja datang kesana dan nikmati keseruannya. Jangan lupa untuk membawa kamera dan space memori yang masih banyak, agar semua momen bisa diabadikan.

Demikian lah 5 pantai terbaik versi WisataKalimantan.com. Menurut kamu bagaimana? yuk berikan komentar kamu jika tidak setuju atau ingin menambahkan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Laut.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "5 Wisata Pantai Terbaik di Tanah Laut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel