Jadi Pusat Mappanretasi Suku Bugis, Yuk Lihat Indahnya Pantai Pagatan!

Mappanretasi Pantai Pagatan
Mappanretasi Pantai Pagatan 2017 yang di hadiri Presiden Joko Widodo

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu, jangan lupa menyempatkan diri untuk singgah di Pantai Pagatan. Pantai yang dikenal dengan pasir putih dan laut birunya ini, siap memanjakan mata dan juga merilekskan tubuhmu dengan keindahannya. Lokasinya yang cukup strategis juga membuatmu mudah untuk mengunjunginya.

Bersantai di Pantai Pagatan, Pantainya Kampung Nelayan Bugis 

Tak begitu sulit menemukan pantai indah satu ini saat kamu sedang berada di sekitar Kabupaten Tanah Bumbu. Pantai ini sendiri berlokasi di Desa Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Jika kamu memulai perjalanan dari pusat ibukota kabupaten, maka jarak yang akan ditempuh hanya sekitar 19 kilometer saja.

Pantai ini memiliki garis pantai sejauh 200 meter, dengan pasir putihnya yang memanjang dari barat ke timur sejauh 1.5 kilometer. Area pantai yang lumayan panjang ini pun membuat banyak kegiatan dilakukan oleh warga setempat maupun pengunjung saat berkunjung ke sini. Ada yang sekadar jalan santai, berjemur, serta tentunya menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam.

Nah, jika kamu hobi memancing, maka kamu bisa menyalurkan hobimu tersebut di pantai ini. Pantai ini sendiri memang berada di area kampung nelayan Bugis dan dikenal juga sebagai pusatnya penghasil ikan di Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis ikan yang kerap ditangkap di area Pantai Pagatan ini seperti kerapu, kakap putih, serta beragam jenis ikan karang lainnya.

Pusatnya Mappanretasi, Pesta Laut Khas Suku Bugis

Ada satu keistimewaan dari pantai ini dibandingkan dengan pantai lainnya di Kalimantan Selatan. Pantai ini merupakan pusat dari pesta laut khas Suku Bugis yang dalam istilah setempat disebut Mappanretasi. Pesta laut ini merupakan pesta adat yang diadakan setiap tahunnya di bulan April, selama tiga minggu berturut-turut.

Mappanretasi diadakan sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan, atas hasil laut yang menjadi sumber rezeki bagi para nelayan Bugis di pantai ini. Salah satu kegiatan ritual di pesta laut ini adalah pelepasan miniatur rumah perahu untuk dilarung ke laut. Dalam miniatur rumah perahu itu sendiri sudah diisi dengan berbagai makanan sebagai bentuk rasa terima kasih pada Sang Pencipta.

Sempatkan Diri Mencicipi Kuliner Khas Tanah Bumbu

Saat kamu sudah berada di pantai ini, jangan lupa juga untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner sedap khas Tanah Bumbu. Nasi pundut dan kue bugis merupakan dua dari banyaknya kuliner khas setempat yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke sini. Kamu bisa menyantap kuliner ini di warung makan yang banyak berjejer di sekitar pantai.

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, tanpa berhenti sejenak dan menikmati indahnya Pantai Pagatan. Sama sekali tak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan pantai ini, begitu pun dengan jam operasionalnya. Jangan lupa ajak serta keluarga, teman, atau orang terdekat, untuk bersama-sama menikmati keindahan pantainya nan memesona.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Jadi Pusat Mappanretasi Suku Bugis, Yuk Lihat Indahnya Pantai Pagatan!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel