Tips Mudah Mencegah Keluarga Tertular Virus Corona

Tips Mudah Mencegah Keluarga Tertular Virus Corona

Wabah Virus Corona menjadi pandemi di seluruh dunia setelah sebelumnya menginfeksi China dan menewaskan lebih dari 3.000 jiwa. Kini virus ini juga ditemukan di Indonesia dengan penyebaran yang sangat masif. Dalam waktu satu bulan saja, jumlah orang positif corona mencapai lebih dari 2.400 jiwa. Indonesia juga sempat mencatatkan diri sebagai negara dengan angka kematian dua tertinggi di dunia yaitu hampir 10%nya. Angka ini kini sudah turun menjadi sekitar 8% dengan jumlah kematian mencapai 190 orang. Jika pada awal informasinya, mereka yang lebih beresiko adalah para manula dan mereka yang memiliki komplikasi penyakit diabetes serta darah tinggi, sekarang ini ternyata kematian bisa terjadi pada siapa saja dan tidak memandang usia.

Pastinya siapa saja tak ingin menjadi korban virus ini. Agar peperangan melawan corona bisa dimenangkan, perjuangan tidak hanya harus dilakukan oleh pemerintah dan tenaga medis saja, namun juga semua orang. Sebagai ayah atau ibu Anda juga harus melindungi putra-putri dari virus yang mematikan tersebut dengan berbagai cara. Berikut ini adalah tips bagi Anda ayah atau ibu untuk bisa lebih maksimal melindungi buah hati dari bahaya penularan virus covid19:

1. Berikan edukasi mengenai virus corona.

Memberikan si kecil pengetahuan mengenai Covid19 adalah hal yang sangat diperlukan apalagi jika Anda memiliki anak usia sekolah yang sudah pandai membaca situasi. Cara memberikan edukasi tentu Anda sesuaikan dengan usia anak sehingga mereka bisa memahaminya dengan baik. Poin yang perlu Anda sampaikan adalah bahayanya, cara pencegahan dan mengapa anak-anak perlu tetap berada di rumah saja untuk menghindari penularan covid19.

2. Ajarkan si kecil cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Meski berada di rumah saja, ajarkan si kecil untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Beri informasi mengapa hal tersebut perlu dilakukan. Dan sediakan alternatif untuk mencuci tangan jika tidak sedang berada di rumah yaitu menggunakan hand sanitizer.

3. Ajarkan etika batuk.

Meski si kecil tidak sedang batuk atau pilek, namun ajarkan etika batuk dan pilek padanya sehingga kapan saja ia merasa akan batuk dan bersin, ia sudah mengerti dan terbiasa. Etika batuk dan bersin adalah menutup area mulut dan hidung menggunakan siku meski sedang menggunakan masker. Jika memiliki tisu dan sedang tidak menggunakan masker, tutuplah menggunakan tisu lalu buang di tempat sampah.

4. Makan makanan sehat.

Berikan si kecil makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dengan begitu ia tak akan mudah terserang bibit penyakit terutama yang berasal dari virus.

5. Menjaga kontak fisik.

Ajarkan pada anak untuk sebisa mungkin tidak menyentuh orang lain yang berasal dari luar rumah. Jaga jarak dengan tamu dan sebisa mungkin pertahankan si kecil di dalam rumah saja. Jika tiba-tiba si kecil keluar rumah tanpa sepengetahuan Anda, minta ia untuk mencuci tangan dan mengganti pakaian jika perlu mandi untuk menghilangkan virus yang bisa saja menempel.

Dengan cara-cara di atas Anda telah berusaha untuk menjaga keluarga dari bahaya penularan virus corona. Jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala sakit, segera lakukan konsultasi secara online terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc sehingga Anda tidak perlu keluar rumah. Jika memerlukan bantuan langsung dari tenaga medis, lakukan penjadwalan bertemu dokter di Halodoc sehingga Anda tak perlu keluar rumah terlalu lama.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.

0 Response to "Tips Mudah Mencegah Keluarga Tertular Virus Corona"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel