Cara Mengatasi Telinga Kucing Jamuran dengan Cepat

Kucing adalah hewan lucu dan manis yang banyak dipelihara oleh masyarakat, tentunya kucing juga hewan yang mudah terkena penyakit. Salah satu hal yang sering menyerang kucing adalah jamur, terutama pada area telinga nya yang sering jamuran.

Telinga kucing jamuran diakibatkan oleh beberapa hal, bisa saja tertular saat ia berinteraksi dengan kucing lain yang sudah lebih dulu jamuran. Bisa juga karena kucing tinggal di lokasi kotor yang memiliki banyak bakteri sehingga membuatnya terkena jamur.

Nah, kalau misalkan telinga kucing jamuran, bagaimana kiranya agar kita bisa menghilangkannya? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

Cara Mengatasi Telinga Kucing Jamuran dengan Cepat

1. Karantina Kucing
Ketika kucing anda terinfeksi jamur, langkah pertama yang harus anda lakukan selama masa penyembuhan ini adalah mengkarantinanya. Jangan sampai kucing anda menularkan jamur pada kucing lain atau manusia di sekitarnya.

Anda bisa menaruhnya di dalam kandang dulu sebelum jamur di tubuhnya benar-benar hilang. Pilihlah kandang yang transparan dan cukup luas agar kucing tidak stress saat masa penyembuhan ini.

Jangan lupa membersihkan kandangnya dan semua peralatan yang digunakannya mulai dari mangkuk hingga bantalnya. Hal ini akan berdampak bagus dalam proses menghilangkan jamur.

2. Sampo Kucing Anti Jamur
Saat anda memandikan kucing yang terkena jamur, sebaiknya anda mandikan anabul menggunakan sampo yang memang untuk anti jamur. Kandungan sampo biasa dengan sampo anti jamur cukup berbeda.

Karena itulah anda bisa memandikannya dengan sampo anti jamur sebanyak 2x dalam seminggu. Ada banyak jenis sampo anti jamur untuk kucing yang bisa anda gunakan, jadi pilih saja yang memang menurut anda cocok.

3. Bedak Anti Jamur
Obat jamur untuk telinga kucing jamuran adalah bedak anti jamur yang bisa anda temukan di toko hewan. Cukup dengan menaburkan bedak ini pada area yang berjamur, maka anda tidak perlu khawatir lagi jamur akan merambat ke seluruh badan, karena itu tidak akan terjadi.

Gunakan tabung kepala ketika memberikan bedak tersebut, hal ini untuk mencegah kucing menjilat bedak tersebut.

4. Belerang
Ternyata belerang memiliki kandungan yang bisa menghilangkan jamur pada kucing loh. Kalau cara-cara sebelumnya tidak mempan untuk menghilangkan jamur pada telinga kucing, anda bisa menggunakan belerang saja.

Gunakan belerang yang memiliki konsentrasi 0,5% hingga 5%, lalu usapkan belerang seperti penggunaan sampo pada biasanya. Mandikan anabul sebanyak 2x dalam seminggu agar cepat hilang jamurnya.

Akan tetapi, memandikan anabul dengan belerang akan memberikan efek samping yang kurang bagus. Nafsu makannya akan sedikit menurun, karena itulah anda harus rajin memberikan makanan pada anabul menggunakan cara spoon feeding.

5. Antibiotik
Telinga kucing jamuran memang tidak bisa disembuhkan menggunakan antibiotik ini, tetapi bisa menjadi tameng baginya agar terhindar dari penyakit jamur yang lebih parah.

Pertumbuhan jamur yang sudah melekat pada kucing juga akan terhenti, karena kucing yang sudah diobati menggunakan antibiotik akan lebih tahan dari jamur nantinya.

6. Mencukur Bulu Kucing
Jamur yang tumbuh pada kucing ini biasanya bermula dari lapisan kulit kucing yang paling luar. Dengan mencukup bulu kucing sebelum anda memandikannya, maka sampo anti jamur yang anda gunakan tersebut akan langsung terkena kulitnya, tanpa terhalang bulu anabul.

Selain itu, bulu kucing yang terlalu tebal bisa memperlambat penyembuhannya karena ruam yang disebabkan oleh jamur yang terus basah, dan tertutup bulu. Karena itulah mencukur bulu kucing bisa menjadi cara yang bisa memudahkan anda menghilangkan jamur.

7. Bawa Ke Dokter
Antisipasi terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Apabila seluruh cara diatas tidak bekerja, maka segeralah bawa kucing ke dokter saja.

Jamur yang tumbuh pada kucing jika dibiarkan terlalu lama akan berkembang menjadi penyakit kulit. Hal ini juga bisa menjadi virus yang berbahaya bagi manusia, karena jamur yang berterbangan di udara bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti bersin-bersin hingga radang pernafasan.

Bagi anda yang membutuhkan obat jamur untuk menyembuhkan penyakit pada telinga kucing berjamur, maka anda bisa membelinya di www.proplan.co.id, disana anda bisa menemukan berbagai jenis obat hingga makanan kucing yang sehat, terimakasih.
Ayied Muhammad Riduan Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

0 Response to "Cara Mengatasi Telinga Kucing Jamuran dengan Cepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel