Wisata Gua Haji Mangku, Tempat Snorkeling Paling Eksotis

Bagi kamu yang hobi snorkeling, pasti sedang mencari tempat wisata yang memiliki pesona air menakjubkan. Wisata Gua Haji Mangku menjadi salah satu destinasi di Kalimantan yang wajib kamu kunjungi. Bukan saja pemandangan alam yang mempesona, tapi juga kejernihan airnya yang cocok untuk snorkeling.

Wisata Gua Haji Mangku, Tempat Snorkeling Paling Eksotis

Lokasi Gua Haji Mangku

Tempat wisata yang berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan ini mungkin masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Lokasinya berada di sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Tiga tahun belakangan ini, Gua Haji Mangku semakin banyak diminati oleh para wisatawan.

Gua ini berada di tengah-tengah hutan sehingga kamu harus melakukan trekking ringan melalui hutan kecil. Kamu harus berhati-hati saat menuju lokasi karena banyak karang tajam dan licin. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Setelah melalui pepohonan ringan, tengoklah ke sisi bawah.

Daya Tarik Gua Haji Mangku

Kolam alami dengan air jernih berwarna kebiru-biruan akan menyambut kedatangan kamu di bibir gua. Bagi kamu yang baru pertama kali mungkin akan merasa merinding karena memang belum banyak wisatawan yang menjamahnya. Namun, jika kamu memberanikan diri untuk masuk ke kolam tersebut, maka kamu akan takjub.

Salah satu daya tarik utama dari wisata Gua Haji Mangku ini adalah keindahan warna airnya. Perpaduan antara biru tua dengan biru toska membuat pemandangannya begitu eksotis dan cantik. Suasana alami masih sangat terasa sehingga kamu bisa menikmati kolam di gua tersebut dengan bebas, layaknya kolam pribadi.

Karena berada di pedalaman hutan membuat air di dalam gua tersebut sangatlah menyegarkan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang enggan untuk keluar dari wisata air tersebut. Belum lagi dengan snorkeling dan diving yang bisa kamu lakukan di kolam ini. Hanya saja, belum diketahui berapa kedalaman dari kolam tersebut.

Fasilitas Gua Haji Mangku

Tempat wisata ini bisa dibilang sebagai wisata yang belum banyak dijamah sehingga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Itulah mengapa belum terdapat fasilitas penunjang bagi para wisatawan, seperti ruang ganti baju, toilet, warung makan ataupun fasilitas lainnya. Untuk itu, bawalah bekal sendiri dari rumah.

Bagi kamu yang ingin melakukan snorkeling, disarankan untuk membawa sendiri peralatan snorkeling dari rumah karena belum ada tempat penyewaan alat snorkeling ataupun diving di sekitar tempat wisata. Jadi, persiapkan segala kebutuhan kamu dalam berwisata karena belum ada fasilitas yang tersedia.

Akses Jalan menuju Lokasi Wisata

Terdapat dua akses jalan yang bisa kamu lalui menuju lokasi Gua Haji Mangku, yaitu via darat dan via laut. Untuk via darat, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Pulau Maratua ke Desa Payung-Payung. Selanjutnya, trekking ringan hingga sampai ke lokasi gua. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar beberapa jam.

Akses jalan kedua adalah melalui laut dimana kamu harus menyewa speed boat atau perahu milik nelayan lokal untuk menuju lokasi dari gua. Waktu tempuh sekitar 20 menit dari Pulau Maratua. Setelah tiba di pinggiran pulau yang berbatuan karang, kamu bisa melanjutkan dengan trekking ringan sekitar 10 menit ke bibir gua.

Demikian informasi mengenai tempat wisata Gua Haji Mangku yang belum diketahui oleh banyak orang. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan sehingga kamu bisa menikmati keindahan alam ini secara gratis. Hanya saja, kamu harus lebih mempersiapkan diri karena belum ada fasilitas penunjang di sekitar gua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel