Cegah Penyakit yang Bisa Merusak Sistem Pencernaan Tubuh

Sistem tubuh dalam manusia sangat perlu dilindungi, salah satunya adalah sistem pencernaan tubuh. Sebab, sistem pencernaan sangat menentukan seberapa efektif penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat sistem pencernaan terganggu, maka Anda akan kesulitan untuk makan atau penyerapan nutrisi akan berjalan tidak optimal.

Salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang perlu Anda waspadai adalah GERD. Penyakit menyerang sistem pencernaan melalui asam lambung yang berlebih. Sudah banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini lengkap seperti di link berikut https://www.goapotik.com/promo/obat-flu-paling-ampuh dengan obat mengatasi perut kembung dan mual yang bisa dibeli dan Artikel berikut akan mengulas seputar cara mencegah GERD agar tidak menyerang Anda.

Sistem Pencernaan

Jangan Makan Terlalu Banyak

Setiap orang tentu memiliki porsinya masing-masing saat makan. Ada orang yang kuat untuk melahap makanan dalam porsi besar dalam satu kali makan namun ada pula yang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan. Nah, porsi makan yang biasa Anda konsumsi juga mempengaruhi potensi terjadinya GERD dan bisa Anda kontrol untuk mencegah terjadinya GERD.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar secara sekaligus, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan Anda yang mengonsumsi makanan dalam porsi lebih sedikit walau dilakukan secara berulang. Kinerja lambung yang terlalu keras akan melemahkan otot katup esofagus bawah dan bisa berujung pada terjadinya GERD.

Hindari Rokok

Rokok merupakan salah satu komoditi yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Indonesia bahkan menempati peringkat tertinggi konsumen rokok di seluruh dunia. Kandungan zat adiktif didalamnya membuat para perokok sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Namun, jika Anda ingin hidup sehat dan bebas dari GERD, maka menjadi perokok adalah salah satu hal yang wajib Anda hindari.

Saat Anda merokok, maka katup esofagus bawah akan menjadi lemah secara perlahan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya GERD yang akan membuat lambung Anda terasa perih. Hindari rokok sebisa mungkin atau cobalah untuk berhenti merokok apabila Anda telah terlanjur menjadi seorang perokok. Kurangi jumlah konsumsi rokok setiap harinya secara perlahan dan hindari lingkungan perokok agar Anda terbawa dan bisa berhenti menjadi seorang perokok.

sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-muntaber-pada-bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel