Susuri Hutan Gambut yang Asri di Taman Nasional Sebangau

Pulau Kalimantan memiliki banyak kawasan konservasi alam yang begitu indah, salah satunya adalah Taman Nasional Sebangau. Walau belum seterkenal Taman Nasional Tanjung Puting, namun suguhan taman nasional satu ini pun, tak kalah menariknya. Berikut beberapa hal menarik yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi kawasan konservasi Sebangau ini.

Susuri Sungai Taman Nasional Sebangau

1. Sungai Koran, Sungai Hitam yang Dipenuhi Gambut
Memasuki kawasan konservasi Sebangau yang terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kamu akan disambut dengan sungai hitamnya. Sungai dengan warna air hitam yang terletak di tengah-tengah kawasan taman nasional ini bernama Sungai Koran. Warna hitam air Sungai Koran, diakibatkan karena tingginya kadar tanin pada sungai tersebut.

Selain warna air yang menarik perhatian, dasar Sungai Koran ini juga dipenuhi dengan gambut yang tumbuh dengan suburnya. Gambut yang tumbuh di dasar sungai ini, tingginya berkisar dari 1 hingga 17 meter, menjadikannya sebagai ekosistem rawa gambut. Ramin merupakan salah satu flora khas di ekosistem ini, yang memiliki daya jual yang tinggi karena ketahanan akan air.

Jika kamu tertarik untuk menyusuri Sungai Koran, maka kamu bisa menyewa speedboat. Biaya penyewaan speedboat biasanya sudah termasuk dengan biaya pendampingnya. Dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam saja, untuk bisa menyusuri Sungai Koran ini. Bulan Desember hingga Februari, merupakan waktu terbaik bagi pengunjung untuk menyusuri sungai ini.

2. Menyaksikan Langsung Aktivitas Satwa di Alam Bebas
Sama dengan banyak taman nasional lainnya, taman nasional yang didaulat sebagai lokasi ekowisata ini merupakan rumah bagi banyak satwa. Pada tahun 2016, diperkirakan ada 182 jenis burung, 54 spesies ular, dan 15 jenis mamalia yang hidup di taman nasional ini. Jadi, sama sekali tak mengherankan jika kamu bisa langsung melihat banyak satwa, saat menyusuri kawasan ini.

Orang utan merupakan salah satu satwa primadona di kawasan ini. Jika kamu kebetulan mengarungi sungai di sore hari, kamu bisa melihat orang utan sedang bekerja mengumpulkan daun untuk alas tidur mereka. Selain itu, kamu juga bisa melihat satwa lain seperti beruang madu, bekantan, monyet ekor panjang, dan burung rangkong di Taman Nasional Sebangau ini.

3. Uji Nyali dengan Menyusuri Jalur Reptil
Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, jangan lewatkan sensasi menelusuri Jalur Reptil di Sungai Koran. Disebut Jalur Reptil karena memang sering ditemukan banyak jenis ular seperti sanca, ular hijau, serta viper di jalur ini. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan ragam jenis ular ini, di batang pohon yang tumbuh rapat di sepanjang sisi sungai.

4. Trekking di Tengah Belantara Hutan Gambut
Selain menjelajahi bagian kawasan konservasi Sebangau dengan menggunakan speedboat, kamu juga bisa memilih untuk melakukan trekking. Perjalanan kaki menjelajah kawasan konservasi ini dilakukan di tengah belantara hutan gambut. Jika beruntung, kamu bisa langsung menyaksikan proses penyadapan getah pohon, yang nantinya akan dijadikan bahan baku banyak produk.

Baca Juga : Jembatan dan Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah

5. Berfoto di Dermaga yang Instagramable
Belum lengkap rasanya mengunjungi suatu tempat, tanpa mengabadikan kenangannya dalam bentuk foto. Nah, bagi kamu yang ingin menambah koleksi foto menarik di media sosialmu, jangan lupa untuk mengambil foto di Dermaga Kereng Bangkirai. Dermaga ini terletak di desa Kereng Bangkirai yang merupakan gerbang masuk ke kawasan konservasi gambut Sebangau.

Jika kamu menyukai destinasi wisata dengan konsep ekowisata, maka Taman Nasional Sebangau merupakan destinasi yang cocok untukmu. Saat mengunjungi taman nasional ini, kamu bisa melihat langsung ratusan jenis flora dan fauna, yang hidup bebas di habitat asli mereka. Penginapan pun tersedia di sini, jika kamu ingin menjelajahinya lebih dari sehari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel