Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang yang Cocok untuk Para Jomblo

Wisata rumah sangkut sering juga disebut sebagai rumah jomblo. Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa namanya rumah jomblo? Jika kamu penasaran dengan kisahnya tempat wisata yang satu ini, maka langsung kunjungi saja lokasi. Berikut ini akan kami ulas mengenai informasi dari rumah sangkut di Gunung Kupang.

rumah jomblo atau rumah sangkut

Lokasi Rumah Sangkut

Rumah ini berada di Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di atas gundukan tanah merah di kawasan perumahan di Ksatria Secaba dan Dodiklatpur. Rumah tersebut dikelilingi oleh tanaman-tanaman liar yang membuatnya terlihat tak terurus.

Jika dilihat dari rumah, mungkin tidak ada yang istimewa, bahkan hanya terlihat seperti rumah yang tak terurus karena terlihat lusuh. Namun, mengapa rumah ini digunakan sebagai tempat wisata? Tentunya rumah ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan sekitar, bahkan luar kota yang berkunjung ke lokasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Sangkut

Rumah ini sebenarnya tidak memiliki keistimewaan dibanding rumah lainnya, terlihat sama, bahkan lebih tidak terawat karena memang tidak ada penghuninya. Alasan utama mengapa rumah ini begitu populer bagi wisatawan milenial adalah karena posisinya yang unik sehingga cocok digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Rumah ini berada di atas tebing tanah yang begitu fotogenik, terlebih dengan suasana di sekitarnya yang sepi dan tenang sehingga hasil foto kamu akan terlihat lebih bersih dan artistik. Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan, maka datanglah pada sore hari karena guratan dari sinar matahari akan begitu indah.

Cahaya sunset akan membentuk siluet rumah terlihat makin cantik dan mempesona. Sebenarnya, rumah ini pernah hancur karena disapu angin puting beliung pada akhir Oktober 2017. Karena banyaknya wisatawan yang mendukung dibangunnya kembali rumah ini, maka rumah jomblo kembali dibanding dengan tambahan tanggal.

Pembangunan wisata rumah jomblo terbaru ini masih menjaga keaslian dari rumah yang semua, jadi rumah ini memang dibuat seperti tidak terawat. Tangga yang dibangun sebagai fasilitas bagi para wisatawan untuk lebih mudah menaiki rumah yang berada di atas tebing ini sehingga kamu bisa mendapatkan foto lebih menarik.

Teka Teki Rumah Sangkut

Rumah sangkut atau rumah jomblo ini merupakan rumah yang tak berpenghuni. Sampai sekarang, belum diketahui siapa pembuat dan penghuni rumah ini sebelumnya. Berbagai mitos yang tersebar menjelaskan bahwa rumah ini dihuni oleh makhluk halus sehingga kesan mistis juga terasa jika kamu mengunjunginya pada malam hari.

Baca Juga :

Akses Jalan Menuju Rumah Sangkut

Untuk bisa mencapai tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dan melakukan perjalanan sekitar beberapa menit memasuki daerah Kecamatan Cempaka. Di sebelah kiri jalan, masuklah ke Jalan Gunung Kupang di Kompleks Kesatrian Secaba dan Dodiklatpur Perum Graha Praja Idaman.

Tidak butuh waktu lama, kamu akan menjumpai perumahan dimana rumah jomblo ini berada, yaitu di Perum Graha Idaman. Rumah ini berada di bagian belakang perumahan dan terlihat begitu menonjol karena lokasinya yang berada di atas tebing sehingga kamu bisa langsung melihat dan mengenalinya dengan mudah dan cepat.

Demikian informasi mengenai tempat wisata rumah sangkut atau yang sering disebut rumah jomblo. Jika kamu bosan berlibur di tempat wisata air, wahana permainan atau wisata lainnya, maka rumah jomblo bisa menjadi destinasi yang tepat. Bukan saja untuk para jomblo, bagi kamu yang berpasangan pun boleh mengunjungi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel