Destinasi Wisata Bontang yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sebagai salah satu kota yang terletak di Kalimantan Timur, Bontang ternyata menyimpan sejuta pesona, termasuk sebagai salah satu destinasi wisata. Selain dikenal sebagai kota industri, Bontang juga memiliki banyak destinasi wisata menarik, yang pas dijadikan sebagai tempat menghabiskan liburan. Berikut ini beberapa destinasi wisata Bontang yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Segajah

Pulau Segaja, Bontang

Sebagai destinasi wisata bahari andalan Kota Bontang, sangat sayang rasanya jika kamu pergi ke kota ini tanpa mengunjungi Pulau Segajah. Pulau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini kerap dijuluki oleh banyak orang, sebagai pulau misterius. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena hilangnya eksistensi pulau ini di malam hari, namun kembali muncul lagi di siang hari.

Hilang dan timbulnya Pulau Segajah, disebabkan karena pasang surut air laut. Oleh karena itu, pastikan kamu mengunjungi pulau ini saat pagi hingga menjelang sore hari. Pasir putih dan air laut jernih akan kamu temukan di Pulau Segajah. Jangan lupa bawa perlengkapan snorkeling, jika kamu ingin melihat gerombolan ikan badut yang berenang bebas di sekitar pulau ini.

Baca Juga : Keindahan Pulau Derawan Bagaikan Surga Dunia

2. Graha Mangrove Bontang

Graha Mangrove, Bontang

Pusing memikirkan tempat liburan keluarga yang mengasyikkan di Kota Bontang? Ajak saja keluargamu ke Graha Mangrove Bontang. Tempat wisata yang terletak di Bukit Sekatup Damai (BSD) ini menawarkan suasana nyaman dan asri, yang tercipta dari deretan pohon bakau. Kamu dan keluarga dijamin tak akan menyesal jika mengunjungi tempat wisata ini.

Untuk lebih memanjakan pengunjung, taman wisata juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan musang dan iguana. Dua hewan ini sengaja dipelihara, untuk menambah daya tarik tempat wisata ini. Selain itu, terdapat pula fasilitas seperti gazebo, meeting rooms, rumah pohon, serta banana boat dan perahu, bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata air.

3. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK)

Destinasi wisata Bontang selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja adalah Taman Nasional Kutai. Taman nasional ini berada di dua daerah sekaligus, yaitu Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang, tepatnya di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta. Sebagai kawasan konservasi, tempat ini menawarkan keragaman flora dan fauna yang hidup dalam hutannya.

Taman Nasional Kutai merupakan habitat asli bagi sekitar 958 jenis flora seperti gaharu, bakau, meranti, cemara laut, kantong semar, hingga raflesia. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi 80 persen jenis burung di Borneo, serta ragam kelompok primata seperti orang utan dan bekantan. Bagi kamu yang ingin melihat dari dekat ragam flora dan fauna ini, langsung saja kunjungi TNK.

4. Desa Selangan

Desa Selangan, Bontang

Ingin merasakan langsung sensasi tinggal di kampung laut? Kunjungi saja Desa Selangan yang berada di Kota Bontang. Desa ini disebut kampung laut, karena memang perumahan warga yang terbuat dari kayu, dibangun di atas permukaan laut. Air laut yang jernih, serta ikan-ikan yang bebas berenang saat kamu melihat ke arah bawah, merupakan pemandangan biasa di desa ini.

Baca Juga : Isi Waktu Liburan di Destinasi Wisata Hits Kalimantan Timur

Saat kamu mengunjungi Desa Selangan, jangan heran jika kamu bisa mencicipi ragam jenis ikan laut segar seperti bawal dan kerapu. Keripik ikan juga menjadi komoditas utama yang diperdagangkan di desa ini. Perjalanan dari Kota Bontang ke Desa Selangan ditempuh dengan menggunakan speedboat, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit saja.

Jika kamu berencana mengunjungi Kota Bontang, sempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata Bontang yang telah direkomendasikan sebelumnya. Walau selama ini dikenal sebagai kota industri, namun Kota Bontang pun membuktikan bahwa julukan kota wisata pun pantas disandangnya. Penikmat wisata laut pasti akan sangat menikmati perjalanannya di Bontang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel