Isi Waktu Liburan di Destinasi Wisata Hits Kalimantan Timur

Jika saat liburan sekolah ini kamu berkesempatan mengunjungi Kalimantan Timur, jangan sampai kamu melewatkan destinasi wisata di provinsi ini. Kalimantan Timur punya banyak tempat wisata yang begitu instagramable. Kalau masih ragu ingin mengunjungi destinasi mana saja, berikut rekomendasi destinasi wisata hits Kalimantan Timur yang wajib dikunjungi.

1. Wisata Alam Bukit Bangkirai


Wisata Alam Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur

Bukit Bangkirai merupakan salah satu dari banyaknya wisata alam di Pulau Kalimantan. Destinasi wisata ini terletak Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika kamu berangkat dari Balikpapan, dibutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk mencapai tempat ini. Para penikmat petualangan di alam bebas, pasti akan sangat senang menjelajahi hutan wisata satu ini.

Bukit Bangkirai menawarkan pengalaman berwisata di tengah-tengah hutan hujan tropis. Dalam hutan ini, kamu bisa melihat beragam flora dan fauna yang hidup dengan bebas. Selain menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata, Bukit Bangkirai juga memiliki wahana canopy bridge. Wahana ini berupa jembatan gantung yang berada di ketinggian sekitar 40 meter.

Saat kamu berada di atas canopy bridge yang menghubungan 5 pohon bangkirai, kamu bisa melihat dengan jelas keindahan alam di sekitarmu. Warna hijau pohon yang menguar tinggi, akan menimbulkan rasa nyaman dan adem bagi yang melihatnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaikmu, saat menyusuri canopy bridge ini.

2. Bontang Kuala


Bontang Kuala, Kalimantan Timur

Destinasi wisata hits Kalimantan Timur selanjutnya berada di Kota Bontang. Kota ini tak hanya terdepan di bidang industri, melainkan juga bidang pariwisatanya. Salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi adalah Bontang Kuala. Bontang Kuala ini merupakan desa yang dihuni para nelayan, yang perumahan penduduknya identik dengan letaknya di atas permukaan air laut.

Bangunan seperti rumah serta jalan di desa ini, dibuat dari kayu ulin yang tak akan lapuk terkena terpaan air laut. Saat berjalan menyusuri desa ini, kamu bisa melihat betapa jernihnya air laut, dengan perpaduan warna biru dan hijau yang sangat menarik. Seafood tentu saja menjadi kuliner utama di Bontang Kuala, jadi jangan sampai kamu pulang sebelum berburu kuliner di desa ini.

3. Pulau Maratua


Pulau Maratua, Kalimantan Timur

Sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia, Pulau Maratua memang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Sebagai salah satu gugusan Kepulauan Derawan, Pulau Maratua memberikan pemandangan yang menyejukkan mata, berupa pasir putih dan birunya laut. Selain itu, terumbu karang tipe fringing reef, menjadi salah satu sumber keelokan dunia bawah laut Pulau Maratua.

Mengingat keelokan dunia bawah laut pulau ini, tentu tak mengherankan jika Pulau Maratua disebut sebagai surganya para penyelam. Ada begitu banyak spot diving yang ada di sini, seperti Eel Garden, Turtle Traffic, dan The Channel. Kamu bisa menikmati sensasi berenang dengan ratusan ubur-ubur di Pulau Maratua, tanpa harus merasa takut terkena sengatannya.

Baca Juga :

4. Danau Labuan Cermin


Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Penyisipan kata ‘cermin’ pada nama tempat ini bukannya tanpa alasan. Danau Labuan Cermin memang memiliki air yang sangat jernih, sehingga refleksi benda di sekitarnya pun terlihat sangat jelas di atas permukaan danau. Keunikan lain dari danau ini ini adalah dualitas rasa airnya. Air di bagian bawah danau terasa asin, sedangkan air di bagian atasnya bercita rasa tawar.

Tersedianya banyak destinasi wisata hits Kalimantan Timur seperti yang dipaparkan di atas, menambah panjang daftar destinasi yang wajib dikunjungi. Keindahan alam yang disajikan oleh tiap destinasi wisata ini, dijamin akan menghilangkan penat yang kamu rasakan. Jangan lupa juga mengajak serta keluarga dan teman, agar keelokan alam ini bisa dinikmati bersama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel