Inilah Beberapa Bahaya Diare Bagi Anak-anak

Anak-anak mempunyai kondisi yang sangat berbeda dengan orang dewasa, salah satunya mengenai daya tahan tubuh. Anak lebih rentan sekali terhadap masalah penyakit, misalnya saja diare yang sangat sering sekali terjadi pada anak-anak. Hal tersebut sering sekali membuat para orang tua mengalami kekhawatiran, makanya penting mengetahui mengenai cara mengatasi atau melakukan pertolongan pertama pada anak saat diare. Karena jika terlambat saja mengatasi, kondisi tersebut dapat mengakibatkan bahaya pada anak apalagi masih bayi.

Beberapa Bahaya Diare Bagi Anak

Sama seperti jenis penyakit lainnya, diare yang terjadi pada anak-anak itu bisa memberikan efek yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Karena terkadang orang tua tidak paham betul apakah anak mengalami diare atau hanya mengeluarkan tinja yang cair saja. Inilah perlu paham mengenai ciri dari anak yang mengalami diare seperti:
  • Sudah membuang air besar yang lebih dari 5 kali dalam sehari, ini bisa dipastikan positif mengalami diare.
  • Dehidrasi akibat kekurangan cairan yang secara terus menerus keluar.
  • Sulit untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman, gelisah dan sangat rewel sekali tidak seperti biasa.
  • Jarang buang air kecil.
Banyak sekali obat diare pada anak alami resep dokter yang dapat mengatasi masalah tersebut lebih cepat. Tetapi yang lebih penting dari pada hal tersebut adalah selama diare pastikan anak tidak mengalami kekurangan cairan yang mengakibatkan dehidrasi ataupun lainnya. Karena jika sudah mengalami hal itu dan orang tua kurang paham, tidak menutup kemungkinan anak akan mengalami masalah yang lebih berbahaya lagi.

Selain diare, masalah gangguan pencernaan lainnya yang tidak jarang dialami oleh anak-anak adalah sembelit. Ini tidak berbeda dengan diare yang dapat diakibatkan masalah susu, makanan, pola makan dan lainnya. Untuk obat sembelit dan susah buang air besar alami tentu saja berbeda dengan obat diare. Jika Anda anak mengalami salah satu masalah tersebut, ada baiknya segera atasi dan konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli. Baik pengobatan secara tradisional ataupun modern, yang paling penting membuat anak cepat sembuh kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel