Fakta Menarik Tentang Masjid Biru di Turki yang Menakjubkan

Ada begitu banyak destinasi wisata menarik di kota turki. Dengan keindahan bangunan yang begitu mempesona. Salah satunya adalah masjid biru atau blue mosque. Hampir semua orang yang mengunjungi turki, pasti ke masjid ini. Apalagi buat orang yang melakukan wisata religi. Masjid ini dikenal juga sebagai masjid sultan ahmed. Lokasinya di istanbul turki. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik masjid biru di turki yang menakjubkan.

Fakta Menarik Masjid Biru di Turki

Sejarah Singkat Masjid

Masjid biru di bangun sekitar tahun 1609 dan 1616. Proses pembangunan atas perintah sultan ahmed I dan namanya dijadikan sebagai nama dari masjid ini. Makam beliau juga berada di halaman masjid biru. Lokasinya dekat dengan istana topkapi yaitu kediaman para sultan utsmaniyah dan tidak jauh dari selat bosphorus. Sebutan masjid biru berasal dari dinding masjid yang seluruhnya berwarna biru. Tapi kini warna tersebut sudah dihilangkan dan warna masjid tidak didominasi warna biru.

Arsitektur Masjid Biru

Arsitektur masjid biru adalah sedefhar Mehmet Aga. Dia membuat masjid menyerupai kubus dan memiliki ukuran 53 x 51 meter. Dia menggabungkan beberapa desain seni arsitektur hagia sophia dan Byzantium serta arsitektur tradisional islam. Dibagian atasnya terdapat 6 menara. Dibagian tengah terdapat kubah dengan diameter 23,5 meter dan tinggi 43 meter. Dibagian kubah juga dilengkapi 4 setengah lingkaran, setiap setengah lingkarannya memiliki arah yang berbeda. Sedangkan kolom betonnya memiliki diameter 5 meter.

Fasilitas di Masjid Biru

Masjid biru di bagi menjadi dua bagian yaitu area pelataran tengah dan bangunan utama masjid. Dibagian area pelataran dikelilingi oleh koridor yang menyatu dengan bangunan utama. Ketika bangunan utama tidak bisa menampung jamaah banyak yang menggunakan koridor dan pelataran tengah. Di sekitar masjid juga terdapat fasilitas bangunan lainnya. Seperti istana peristirahatan sultan, air mancur, gedung sekolah, tempat pemandian, rumah sakit, air mancur dan kamar yang disewakan.

Desain Interior Masjid Yang Memukau

Desain interior masjid biru sangat memukau. Di dominasi keramik yang berwarna biru. Kurang lebih ada 20.000 keramik dari iznik turki yang dipajang disini. Keramik ini memiliki ukiran yang unik. Ada ukuran tulip, daun, bunga delima, mawar, dan motif geometris, keramik bagian bawah menggunakan desain tradisional. Dibagian galeri menggunakan keramik buah dan bunga. Di masjid juga terdapat 200 kaca hias dengan ukiran yang unik. Membuat suasana di dalam masjid semakin menakjubkan.

Lampu masjid juga menggunakan emas dan batu berharga. Setiap jengkal desain interiornya akan membuat anda terpukau. Bagian mihrab juga terbuat dari mamer dengan hiasan stalaktit.

Itulah sedikit fakta menarik tentang masjid biru di turki yang harus anda ketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel