Manis Legitnya Getuk Goreng Sokaraja, Banyumas

Guys, pernah berkunjung ke Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah? Itu, lho, yang terkenal dengan dialek ngapak-nya. Nah, kali ini saya bakal ajak kamu buat mengenal salah satu makanan khas dari tempat ini. Selain dikenal dengan soto khasnya yang menggunakan bumbu kacang yang gurih menggoyang lidah, Sokaraja juga terkenal dengan getuk gorengnya.

Pengalaman ini saya dapat setelah sekian lama bekerja di kota besar, akhirnya pada tahun 2018 kemarin saya putuskan untuk main ke jawa tengah, tepatnya ke rumah saudara yang ada di banyumas. Di sana saya mengenal banyak hal. Saya mengenal banyak budaya lebaran orang pedesaan yang jauh lebih mengesankan bila dibanding dengan lebaran yang ada di kota.


Getuk Goreng Sokaraja, Banyumas

Di pedesaan, kita bisa menikmati beragam tradisi berkunjung ke rumah tetangga dan saudara. Selain itu, saya juga berkunjung ke berbagai wisata yang ada di banyumas. Dan yang tak terlewatkan, saya juga makan getuk goreng sokaraja. Salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal.

Dari situ saya tahu, makanan tradisional sebenarnya memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Tak kalah dengan berbagai makanan yang ada di restoran atau kafe. Terlebih, makanan tradisional memiliki harga yang jauh lebih mahal. Saya dulu ke banyumas menggunakan pesawat. Saya turun di semarang. Maklum saja, bandara terdekat hanya ada di semarang. Rencananya, pada lebaran tahun ini saya juga akan tiket kereta api lebaran 2019 saja untuk liburan ke tempat lain yang ada di jawa tengah.

Apasih istimewanya Getuk Goreng Sokaraja?

Ya, orang-orang biasa menyebutnya Getuk Goreng Sokaraja. Nah, kamu sudah pernah nyobain Getuk Goreng Sokaraja belum? Kalau sudah pernah nyobain pasti tahu, dong, rasanya? Cemilan yang terbuat dari bahan dasar singkong ini memang bikin kangen di lidah. Apalagi buat masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Nah, buat pencinta kuliner yang sudah mencicipi berbagai jenis getuk, pasti bisa membedakan antara Getuk Goreng Sokaraja dengan getuk goreng lainnya. Ya, Getuk Goreng Sokaraja ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan getuk goreng lain. Di mana, sih, bedanya? Di manis legitnya, Guys. Buat saya yang suka manis, Getuk Goreng Sokaraja ini merupakan getuk yang sukses membuat lidah saya kangen kalau sudah lama nggak makan.

Manis legitnya itu, lho, yang bikin kangen. Tapi bagi kamu yang nggak terlalu suka manis, mungkin agak kurang suka. Tapi tak apa, beli untuk oleh-oleh keluarga tercinta tentu adalah pilihan yang bijak, kan? Apalagi kalau keluarga kamu penyuka getuk. Getuk Goreng Sokaraja biasanya dikemas menggunakan besek yang merupakan anyaman bambu yang berbentuk kotak. Orang-orang Banyumas dan sekitarnya ada juga yang menyebutnya œpithi. Nah, hal tersebut juga termasuk ciri khas dari pengemasan Getuk Goreng Sokaraja ini.

Harga Gethuk Goreng Sokaraja

Lalu, bagaiana dengan harganya? Tentu bervariasi ya, Guys. Biasanya memang antara toko yang satu dengan toko yang lain harganya tidak sama. Tapi, umumnya, harga satu bungkus Getuk Goreng Sokaraja kira-kira sekitar Rp15.000-30.000an. Oya, sekarang Getuk Goreng Sokaraja juga banyak variasi rasanya lho. Ada rasa durian, nangka, cokelat, dan lain-lain.

Well, kalau kamu belum pernah nyobain Getuk Goreng Sokaraja, maka cobalah. Sensasi manis legitnya Getuk Goreng Sokaraja sayang banget, lho, untuk kamu abaikan. Kalau kamu lewat Sokaraja, cemilan manis legit ini tentu bisa banget buat oleh-oleh keluarga tercinta.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini