Ora Ngapak, Ora Kepenak! Yuk, Cobain 7 Kuliner Khas Tegal ini!

Mau liburan ke Semarang tapi bosan? Hemm... gimana kalau ke Tegal aja? belum pernah, kan? Tegal adalah kota besar di bagian barat laut Propinsi Jawa Tengah Indonesia. Terletak di pantai utara (atau Pesisir) Jawa Tengah, sekitar 175 kilometer (109 mil) dari Semarang, kamu juga bisa ke Tegal, khususnya warga Jakarta, dengan membeli tiket kereta Jakarta Semarang. Tegal terkenal dengan warungnya, yang biasa disebut "warteg" atau warung Tegal.

Warga Jakarta sudah gak asing dengan warteg, karena di setiap pengkolan pasti ada warteg.
Biasanya menu di warteg hanya menyajikan makanan rumahan biasa, bukan masakan khas Tegal. Penasaran dengan makanan khas Tegal? Langsung disimak, yuk!

Blendung

Blendung

Jajanan khas Tegal yang biasa dijual di pasar tradisional atau tepatnya di Pasar Alun-alun Kota Tegal. Blendung terbuat dari jagung rebus dan aprutan kelapa. Rasanya gurih, manis dan sedikit asin. Nagih banget, deh!

Tahu Aci

Tahu Aci

Kalau Semarang punya Tahu Bakso sebagai andalannya, Tegal punya Tahu Aci yang siap memanjakan perutmu! Tahu Aci atau Tahu Kuping terbuat dari tahu kuning yang diisi adonan aci. Tahu Aci ini bisa kamu temui dipenjuru kota Tegal. Di pinggir jalan ataupun di toko oleh-oleh, pasti ada Tahu Aci. Cemilan terenak dari Tegal!

Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi Lengko berisi taoge matang, mentimun mentah, tahu, tempe, bumbu kacang, kecap, dan kerupuk mie. Isinya penuh dengan sayuran, sehat banget, nih. Kamu bisa menemukan Nasi Lengko di seluruh warung yang ada di Tegal.

Rujak Teplak


Rujak Teplak

Rujak Teplak adalah salah satu makanan khas tegal. Sambalnya itu lho yang bikin berbeda dengan sambal lainnya, ada campuran singkongnya! Rujak Teplak sekarang sudah agak susah untuk ditemukan. Tapi kamu bisa ke Pasar Banjaran untuk menikmati rujak ini.

Rujak Kangkung

Rujak Kangkung

Kalau kangkung identik dengan mengantuk, tapi kangkung yang satu ini pasti bikin kamu melek seketika! Pedas pedas seger gimanaaaa gitu.. paling enak disantap bersama tempe dan tahu
goreng.

Soto Tauco

Soto Tauco

Soto Tauco berisikan bihun, tauge, dan potongan kol. Kamu bisa memilih, mau pakai daging sapi atau ayam. Isinya sama seperti soto pada umumnya, ya? yang membedakan adalah bumbu tauco dan racikan bumbu rempah yang dicampur ke dalam soto. Hemmm... penasaran, ya?

Kupat Glabed

Kupat Glabed

Kupat khas Tegal yang rasanya mirip opor! Kupat Glabed, Sajian Mirip Opor Khas Tegal. Sesuai namanya, kupat glabed adalah sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning ‘glabed’. Glabed merupakan sebuah kata yang digunakan oleh orang Tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental ketika masuk ke dalam mulut. Kebayangkan rasanya gimana?


Wah, ternyata banyak banget ya kuliner khas Tegal. Buruan pesan tiket kereta Jakarta Semarang dan turun doi Tegal untuk menikmati kuliner-kuliner nikmat tersebut lansung dari daerah asalnya. Mau liburan yang mengenyangkan? #gampang!

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini