Jangan Diremehkan, Periksa Ban Mobil Sebelum Bepergian agar Berkendara Lebih Aman

Melakukan perjalanan dengan mobil pribadi baik ketika jalan – jalan bersama keluarga, sahabat, atau sendirian pun akan terasa menyenangkan apabila kondisi mobil sangat optimal. Performa mesin mobil memang haruslah selalu dirawat karena turut menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Akan tetapi, bukan hanya itu saja, bagian lain pada mobil juga perlu diperhatikan apabila berbicara masalah keamanan berkendara tersebut, yakni salah satunya ialah ban mobil.

Toyota2000

Ban mobil sendiri tergolong penting karena performa mesin yang bagus tentu ditopang dengan ban yang kokoh sehingga keseluruhan mobil berjalan dengan stabil. Meskipun begitu, sebagian orang belum terlalu teliti ketika mengecek kondisi kendaraannya dan ban seringkali terlewat. Padahal, sekecil apapun masalah yang terdapat pada ban mobil, bisa berakibat fatal ketika sudah dikendarai di jalanan. Perjalanan yang harusnya asyik harus berbuah malapetaka karena kecerobohan tersebut.

Demi menghindari hal – hal yang tidak diharapkan, penting untuk memeriksa setiap bagian mobil khususnya ban. Berikut beberapa tips untuk mengetahui dan menjaga kondisi ban mobil tetap optimal.
  
Service Ban2000

1.    Tekanan Angin
Pertama – tama yang bisa dilakukan sebelum bepergian adalah memeriksa tekanan angin pada ban mobil. Tak jarang pengendara lupa untuk melakukan hal tersebut sehingga baru terasa ketika performa mobil kurang optimal karena tekanan angin yang kurang atau sebaliknya mobil juga tak nyaman saat tekanan angin berlebih.

Ban yang kurang angin membuat jalannya mobil lebih berat yang berpengaruh terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar. Selain itu, ban bisa saja meledak terutama jika sedang mengendarai mobil dengan kecepatan yang cepat. Di satu sisi ban yang kelebihan angin juga mengganggu karena terlalu keras ketika saat berkendara.

2.    Tutup Pentil pada Ban Mobil
Pengendara seringkali menganggap tutup pentil pada ban mobil sebagai hal yang sepele. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kekurangan angin pada ban mobil berbahaya dan bisa saja penyebabnya salah satunya ialah tutup pentil pada ban mobil yang sudah tidak memadai atau bahkan hilang karena angin yang terisi di dalam ban perlahan – lahan keluar.

3.    Rotasi Ban
Rotasi ban memegang tanggung jawab pada seluruh ban karena menanggung beban saat mobil dijalankan. Untuk menjaga kondisi ban, perlu dilakukan servis rotasi ban agar tingkat keausan pada ban mobil merata. Servis rotasi ban yang ideal hendaknya dilakukan 10.000 km sekali.

4.    Velg Ban
Kondisi velg pada ban juga berpengaruh terhadap keoptimalan ban mobil itu sendiri. Velg dengan keadaan yang buruk bahkan cenderung rusak akan mengakibatkan keseimbangan ban mobil berubah serta membuat ban lebih cepat aus.

Demikianlah beberapa tips untuk mengetahui ban mobil yang baik dan siap untuk berkendara. Selain itu, periksa pula kedalaman alur ban mobil serta rutin servis spooring dan balancing. Lakukan Servis tersebut untuk anda yang berada di kota banjarmasin bisa lakukan service di Dealer Toyota Banjarmasin dari Auto2000. Sebagai dealer resmi Auto2000, Dealer Toyota Banjarmasin tentu akan memberikan servis terbaik untuk kebutuhan mobil Anda. Oleh sebab itulah, jangan lupa untuk menjadwalkan servis berkala di Dealer Toyota Banjarmasin atau cek website Auto2000 di https://auto2000.co.id/cabang-toyota/banjarmasin/auto2000-ahmadyani-banjarmasin/.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini