5 Tips Ampuh Hemat Berbelanja Via Online

Berkat kemajuan teknologi saat ini, membeli barang tidak lagi harus pergi ke pasar atau toko layaknya jaman dulu. Kini, cukup hanya lewat gadget atau smartphone juga bisa berbelanja aneka barang kebutuhan, mulai dari baju, alat dapur, makanan, barang elektronik dan lainnya. Ya, menjamurnya toko online atau yang biasa disebut online shop semakin memudahkan dalam hal jual beli. Namun, dibalik kemudahan tersebut, ternyata berdampak pula pada kebiasaan sebagian orang seperti misalnya hasrat belanja yang tidak terbendung atau kalap. Alhasil, uang jadi cepat habis akibat belanja di toko online termurah. Nah, agar bisa hemat saat belanja online, lakukan beberapa cara atau tips berikut ini. Semoga saja dengan menerapkan tips ini, kamu jadi bisa lebih terkendali dan tidak kalap saat belanja online.
 
Hemat Berbelanja Via Online

1.    Pilih Toko Online
Ada banyak online shop hingga marketplace yang tersebar di dunia maya, banyaknya pilihan ini terkadang membuat bingung. Sebelum membeli barang, sebaiknya tentukan terlebih dahulu toko online mana yang hendak dikunjungi. Akan lebih baik jika memilih toko online termurah https://www.blibli.com yang banyak menjual beragam jenis item dengan harga miring, minimal sesuai harga pasaran. Dengan begitu, pastinya bisa menghemat pengeluaran.

2.    Langsung Masuk Ke Pilihan
Biasanya, pada sebagian besar marketplace, barang yang dijual dikelompokkan berdasarkan kategori agar calon pembeli lebih mudah mencari dan memilih barang apa yang ingin dibeli. Jika dari awal sudah mengetahui jenis barang apa yang dicari, sebaiknya langsung masuk ke kategori yang menjual barang tersebut. Hal ini untuk mencegah agar tidak membeli barang lain yang sebenarnya tidak perlu. Banyak orang yang membeli barang karena alasan tertarik meski sebenarnya tidak terlalu perlu.

3.    Manfaatkan Promo Atau Voucher Belanja
Untuk menarik minat pembeli, biasanya sebagian toko online mengadakan promo diskon atau pemberian voucher yang dapat digunakan saat membeli barang. Tidak ada salahnya memanfaatkan promo ini karena memang, jika bisa menggunakannya dengan baik, justru dapat menjadi salah satu cara atau tips belanja hemat yang ampuh. Khususnya pada momen tertentu seperti perayaan hari besar, diskon yang diberikan juga semakin besar.

4.    Survei Harga
Melakukan survey harga sebelum membeli barang juga penting dan perlu dilakukan sebagai bagian dari usaha berhemat. Dari perbandingan harga di beberapa toko online, kita jadi bisa mengetahui berapa kisaran harga normal yang ditawarkan pada suatu barang, selain itu pastinya juga bisa mengetahui mana toko online termurah yang menawarkan harga paling rendah.

5.    Ketahui Detail Barang
Salah satu resiko belanja online adalah kita tidak dapat melihat langsung barang yang dijual, hanya bisa melihat dari media foto dan keterangan produk yang tercantum pada halaman toko online. Untuk meminimalisir resiko salah beli barang, baca dan ketahui secara seksama keterangan detail produk. Jika salah dalam membeli, pastinya harus membeli barang yang baru lagi dong! itu artinya perlu keluar uang lagi. Nah, agar hal ini tidak terjadi, perhatikan betul mengenai spesifikasi barang yang ingin dibeli.

Nah,itu tadi 5 tips hemat belanja online yang bisa kamu terapkan ketika hendak berbelanja atau membeli barang via online. Jangan ragu untuk membagikan informasi pada artikel ini kepada kerabat atau teman jika dirasa bermanfaat. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga tuntas. Salam!

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini