5 Wisata Budaya Di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang sangat kental dengan sejarah dan budayanya. Nilai budaya masih sangat dipegang erat dalam kota ini. Bahkan hingga Kota Jogja menjadi salah satu Daerah Istimewa di Indonesia. Untuk menghormati budayanya, gubernurnya tidak dipilih melalui pemilihan daerah sepeti daerah lainnya.

Kentalnya kebudayaan di Jogja tentu adalah hal yang sangat bagus. Karena meskipun menjadi kota yang sudah cukup maju, kebudayaan khas lokal juga tetap terpelihara. Hal ini juga berimbas pada bidang parawisata di Jogja. Ada banyak wisata budaya dan tempat kuliner khas yang bisa anda kunjungi saat berwisata di Jogja. Tempatnya pun tidak semuanya terkumpul Jadi, untuk memudahkan anda mengunjungi satu tempat dan tempat lainnya anda bisa sewa mobil di OMOcars.com. Untuk sewa mobil di jogja, caranya juga mudah. bahkan ada yang online. salah satunya di omocars.

Wisata Budaya di Jogja

Meski ada banyak wisata budaya di jogja, untuk kali ini hanya akan kita bahas yang berhubungan dengan tempat wisata budaya di jogja. Tentu saja, masing-masing tempat di bawah ini memiliki keindahan yang tak biasa.

1. Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat

Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat

Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat atau dikenal dengan sebutan Kraton Jogja merupakan sebuah pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Jogja. Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat ini sebenarnya merupakan tempat tinggal raja beserta keluarganya. Namun, selain itu juga menjadi kiblat perkembangan kebudayaan di jawa.

Anda bisa mengunjungi Kraton Jogja dengan membayar tiket seharga sekitar 7000 rupiah saja. Disini anda dapat belajar secara langsung bagaimana kebudayaan jawa terus dilestarikan di Jogja. Tentu saja tempat ini akan sangat menarik bagi anda yang tertarik dengan kebudayaan jogja atau jawa secara lebih luas.

Berwisata di Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat bisa menjadi pilihan wisata yang edukatif. Dengan mengunjungi tempat ini anda bisa mengenal lebih lanjut mengenai budaya jawa. Model bangunan yang tetap terjaga juga bisa membuat anda mempelajari bentuk kediaman raja.

Meskipun ini merupakan tempat wisata budaya yang edukatif, tapi juga menyimpan keindahan. Kawaran Kraton Kasultanan Ngayogyajarta Hadiningrat yang memang tetap dijaga keadaannya membuat tempat ini tetap terlihat Indah. Dengan begitu, bukan hanya kebudayaan yang bisa anda bisa dapatkan, tapi juga keindahannya.

2. Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta

Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta

Jika anda tertarik untuk melihat batik, anda bisa mengunjungi Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta. Museum ini merupakan museum batik pertama yang ada di Jogjakarta. Meskipu begitu, museum ini menjadi museum sulaman pertama yang ada di Indonesia. Ini tercacat sebagai rekor MURI pada tahun 2001.

Museum ini terletak di alan Dr. Sutomo Yogyakarta. Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta menyimpan banyak sekali koleksi seputar batik dan sulaman. Setidaknya ada sekitar lebih dari seribu dua ratus koleksi tentang batik dan sulaman yang dimiliki oleh Museum ini.

Koleksi yang dimiliki Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta terdiri dari jenis kain batik, peralatan membatik seperti canting dan lainnya. Disini juga anda bisa melihat berbagai bahan pewarna tradisional yang digunakan untuk mewarnai batik secara alami.

3. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Selanjutnya adalah Museum Sonobudoyo sebuah tempat dimana anda dapat melihat berbagai jenis keris dari nusantara. Cukup dengan membayar tiket seharga 3000 rupiah saja anda sudah bisa masuk ke dalam museum ini. Letaknya pun tidak jauh dari keraton, jadi anda bisa menjadikan Museum Sonobudoyo sebagai tujuan selanjutnya setelah mengunjungi kraton.

Koleksi utama dari Museum Sonobudoyo adalah keris. Museum ini menjadi pilihan bagi anda yang menyukai keris. Keris sendiri merupakan salah satu produk kebudayaan yang bisa ditemukan di berbagai penjuru Nusantara. Dengan begitu, keris sering juga menjadi lambang kebudayaan Indonesia.

Dengan harga yang cukup murah anda sudah bisa melihat berbagai koleksi keris yang ada di museum ini. Museum ini sebenarnya memiliki hingga ribuan koleksi, namun belum semuanya dipamerkan.

Ada berbagai jenis keris yang bisa anda temukan. Kebanyakan diantaranya merupaka keris jawa.  Mulai dari keris luk 7, 11, 13 dan keris lurus yang memiliki pamor sangat beragam. Meskipun begitu, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi dari belahan nusantara lainnya. Ada keris rencong dari aceh, keris Mandau yang berasal dari Kalimantan, ada juga keris yang berasal dari bali, Madura, hingga Sulawesi.

Karena koleksinya yang begitu banyak itu membuat Museum Sonobudoyo menjadi salah satu museum dengan koleksi keris terbanyak.

4. Jazz Mben Senen

Jazz Mben Senen Jogja

Hal yang menarik dari Jogja kaitannya dengan budaya adalah bagaimana berbagai budaya bisa hidup berdampingan disana. Budaya modern dari luar Jogja dan bahkan luar negeri hidup berdampingan dengan budaya jogja yang masih sangat khas. Anda bisa melihat pertunjukan musik tradisional di suatu tempat dan tidak terlalu jauh melihat pertunjukan music populer.

Salah satu bukti nyata bagaimana budaya luar juga bisa hidup berdampingan dengan budaya lokal di Jogja adalah adanya Jazz Mben Senen. Jazz Mben Senen adalah sebuah event pertunjukan music jazz yang diselenggarakan setiap hari senin di pelantaran bentara budaya Yogyakarta. Pertunjukan dilakukan mulai pukul 20.00 waktu setempat.

Selama pertunjukan anda bisa menikmati alunan music jazz yang sangat nikmat. Para pemain music jazz menggunakan berbagai alat music yang suaranya membentuk aluna harmoni yang sangat enak di dengar. Semua alunan music tersebut bisa anda nikmati secara gratis karena Jazz Mben Senen merupakan pertujukan terbuka yang tidak dipungut biaya sedikitpun.

Selain pertunjukan Jazz Mben Senen ini juga membentuk komunitas pecinta jazz. Jadi dalam komunitas ini mereka saling share terkait dengan jazz. Berwisata ke Jazz Mben Senen sekalian berkenalan dengan orang komunitas bisa menjadi pilihan yang menarik. Karena selain anda bisa menikmati wisata, anda juga bisa menambah kawan baru.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama Candi Prambanan. Tempat wisata ini merupakan salah satu hasil budaya dalan sejarah nusantara. Di candi ini anda akan melihat beberapa candi yang sudah sangat tua usianya. Dengan mengunjungi Candi Prambanan, anda tidak hanya berwisata, tapi juga ambil andil dalam pelestarian budaya di Indonesia.

Hal ini karena dengan menjadi tempat wisata, Candi Prambanan mendapatkan perawatan yang baik sehingga bentuk kebudayaan ini tidak terbengkalai. Jika anda belum puas jika hanya melihat Candi Prambanan saja, anda bisa menyaksikan pertunjukan yang ada di Candi ini.

Salah satu pertunjukannya adalah sendratari Ramayana. Tarian dan sekaligus drama ini menceritakan tentang Rama yang berusaha untuk menyelamatkan Sinta. Sinta yang merupakan istri rama diculik oleh Rahwana yang jatuh hati pada Sinta. Kisah yang sudah sangat terkenal tersebut dipentaskan dengan sangat apik oleh para penari nya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini