Mendaki Mahameru? Anda Wajib Tahu Serba-serbinya Dulu!

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Semeru? Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini dijuluki sebagai puncak abadi para dewa. Jika Anda ingin mendakinya, Anda benar-benar harus menyediakan segala keperluan seperti jaket gunung, sarung tangan, topi dan lainnya. Selain itu, Anda juga harus tahu serba-serbinya ini, ya!

Gunung Semeru

1. Waktu Terbaik Mendaki

Untuk mendaki Puncak Gunung Semeru atau yang dikenal juga Mahameru, Anda harus memilih waktu terbaik agar pendakian Anda bisa tuntas. Waktu terbaiknya sekitar bulan Mei hingga September di mana saat itu adalah musim kemarau. Tak cuma faktor medan yang berat, penentu keberhasilan pendakian Anda juga bergantung pada cuaca.

Agar pendakian Anda lancar dan bisa sampai akhir, sebaiknya Anda melakukannya pada rentang waktu itu. Ini dilakukan untuk menghindari berbagai masalah pada musim hujan yang kerap terjadi seperti badai, longsor, atau angin kencang.

2. Waktu Mendaki Hanya 3-4 Hari

Meski Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, tapi untuk sampai ke puncaknya Anda hanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 hari. Sungguh jauh berbeda jika Anda mendaki di gunung lain yang memerlukan waktu sekitar 5 hingga 10 hari.

Selama pendakian, siapkan perbekalan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti air minum, mie instan, jaket gunung, sepatu gunung, topi kupluk dan lainnya. Ini berguna agar Anda bisa lebih puas merasakan kenikmatan pendakian tanpa harus kelaparan atau kedinginan.

3. Wajib Daftar di Pos TNBTS

Jika Anda melakukan pendakian ke sini, sebelumnya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu di Pos Resort Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang ada di Desa Ranu Pani. Desa ini terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Ini adalah gerbang awal keberangkatan para pendaki yang hendak ke puncak Mahameru.

Untuk menuju desa tersebut, Anda bisa memulai perjalanan dari Malang atau Lumajang dengan naik angkot menuju Tumpang. Setelah itu, Anda harus naik jeep menuju ke Desa Ranu Pani. Jarak yang Anda tempuh sekitar 64 Km.

Namun, karena banyaknya jumlah pendaki yang mendaftar, sekarang Anda bisa mendaftar secara online sebelum mendaki di situs bromotenggersemeru(dot)org. Jadi, Anda tak perlu terhalang lagi di Ranu Pani karena kuota pendakian penuh.

4. Danau Ranu Kumbolo

Dari Desa Ranu Pani, Anda akan menempuh jalur yang masih terbilang mudah sepanjang 10 km ke Danau Ranu Kumbolo. Anda bisa beristirahat di sini dan mengisi persediaan air bila perlu. Sambil beristirahat dan mengisi tenaga, sayang rasanya bila Anda melewatkan keindahan danau ini yang saat fajar menyingsing, permukaannya akan berkilau cantik.

Dari sini, Anda harus terus melanjutkan perjalanan melalui Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo yang penuh dengan lavender serta Cemoro Kandang. Setelah itu, Anda akan tiba di Kalimati. Nah, dari Kalimati, jarak yang Anda  tempuh untuk sampai ke puncak tak jauh lagi. Hanya 3 kilometer dan Anda bisa menaklukkan puncak para dewa ini.

Menaklukkan gunung pastinya sebuah kebanggaan untuk Anda yang memang gemar menjalaninya. Tapi ingat, selain mengetahui segala hal tentang gunung itu, Anda juga harus menyediakan perlengkapan yang lengkap seperti sepatu gunung, topi dan peralatan lain. Anda bisa membelinya di Eiger yang menjual perlengkapan pendakian Anda.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini