Cara Terbaik Dalam Memilih Penerima Sedekah yang Pas dan Tepat

Memberi sedekah merupakan kewajiban setiap individu. Sedekah adalah cara yang dilakukan untuk memberi kepercayaan bahwa rezeki datang dari Tuhan YME. Namun pada siapakah sebenarnya kita harus besedekah? Apakah sedekah kita sudah tepat guna dan bermanfaat bagi orang lain? Memang pada hakikatnya sedekah akan memberikan imbalan berupa Pahala dari Tuhan YME. Akan tetapi, ada beberapa pihak atau golongan yang semestinya lebih diutamakan untuk mendapatkan sedekah, diantaranta adalah:

Sedekah

Kerabat atau keluarga yang kesusahan

Memang  banyak pihak yang berhak mendapatkan sedekah dari orang. Akan tetapi, alangkah lebih baik apabila kita mengutamakan pihak keluarga atau keluarga yang sedang kesusahan. Terkadang kita seolah menutup mata ketika akan besedekah dan merasa di luar sana banyak pihak yang memerlukan bantuan dari kita. Namun, sebelum itu, lebih baik jika kita utamakan dalam membantu kerabat atau keluarga. Jika memang dirasa sudah berkecukupan, maka kita bisa memberikan sedekah tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan.

Fakir miskin

Tidak dipungkiri bahwa kalangan fakir miskin memang memerlukan bantuan berupa sedikit materi. Terkadang materi yang kita anggap tidak seberapa merukapan rezeki besar bagi golongan fakir miskin atau yang kekurangan. Fakir miskin menjadi prioritas kedua setelah keluarga atau kerabat terpenuhi semua kebutuhannya dan dirasa sudah berkecukupan. Maka dari itu, prioritas selanjutnya adalah kalangan fakir dan miskin.

Orang sakit

Jika sebelumnya kita perlu memprioritaskan fakir dan miskin, maka selanjutnya, kita berhak bersedekah terhadap orang yang sakit. Tentunya orang sakit dalam hal ini adalah orang sakit dan juga fakir. Dengan bantuan yang kita berikan serta doa yang dipanjatkan, kita bisa membantu mengurangi beban yang dirasakan orang tersebut. Dorongan moril seperti menjenguk akan memberikan manfaat dan energi positif bagi orang tersebut.

Sedekah bisa diberikan dalam bentuk apapun, dengan sedekah yang kita berikan kita tidak hanya bisa memetik manfaatnya tapi orang yang kita beri sedekah juga akan mendapat keringanan atas segala kesusahan yang dia punya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini