Ini Cara Benar Menyikapi Berita Politik Indonesia

Globalisasi telah mengantarkan setiap Negara menuju perkembangan dan kemajuan. Termasuk dalam kemajuan bidang teknologi dan informasi. Akan tetapi dalam menghadapi globalisasi dalam bidang informasi, masyarakat perlu sekali berhati – hati. Sebab dengan semakin samarnya garis batasan antar Negara dan juga menyempitnya jarak dalam penyebaran informasi, maka segala macam informasi menjadi lebih mudah tersebar hingga lebih mudah termanipulasi dan diramu. Apalagi jika menggunakan internet maka berita hoax menjadi bisa diviralkan, dan sarat akan provokasi.

Ini Cara Benar Menyikapi Berita Politik Indonesia

Apalagi jika mengenai berita politik yang biasanya selalu ada sumbu penyulut api yang bisa kapan saja membakar seluruh hati masyarakat hingga menjadikan bangsa ini porak poranda. Maka dari itu dalam menerima informasi baik itu berupa berita politik dan lain sebagainya, sebaiknya anda melakukan penyariangan atau filter seperti di bawah ini :

1. Jangan dulu percaya pada berita
Ketika anda mendapatkan suatu berita sebaiknya anda jangan dulu mudah untuk mempercayainya. Sebab tidak semua berita itu benar – benar terjadi dan tidak semua berita itu disampaikan dengan murni.

2. Pastikan sumbernya akurat
Setiap berita yang muncul tentunya pasti ada sumber dari berita tersebut. Dan hal yang harus anda lakukan ketika mendapatkan suatu berita anda harus memastikan jika berita tersebut bersumber dari sumber yang memang akurat dan bisa dipercaya. Jangan sampai anda mudah percaya berita yang berasal dari sumber perorangan apalagi sumbernya tidak anda kenali sama sekali. Bisa jadi orang tersebut hanya ingin melakukan pencemaran dan lain sebagainya.

3. Jangan mudah terprovokasi
Dan yang paling penting sebisa mungkin anda untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita yang berisi unsur ajakan untuk mendemdam dan lain sebagainya, apalagi berhubungan dengan politik yang bisa saja merubah sikap bangsa dan memcah belah rakyat, sebaiknya jangan sampai mau terperngaruh dengan konten berita yang seperti itu.

Itulah beberapa sikap yang harus anda lakukan ketika mendapatkan sebuat berita, terlebih jika berita itu mengenai berita politik Indonesia sebaiknya terima berita dengan bijak dan hati-hati.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini