Budaya Nasi Kotak di Indonesia

Budaya Nasi Kotak di Indonesia

Budaya nasi kotak memang sangat kental di Indonesia. Hal ini bahkan pernah menjadi tema dalam gerakan yang dipelopori oleh para pendukung yang fanatik terhadap Jokowi dan Ahok ketika masih berkampanye. Para pendukung tersebut diberi gelar Panastak secara eksklusif. Sebenarnya sebutan ini diberikan kepada pihak yang mendukung dengan mati-matian kedua tokoh tadi tanpa mempunyai dasar pemikiran jernih dan juga matang. Bahkan, pasukan ini seringkali bisa menjelekkan pihak yang kontra terhadap kedua tokoh tadi. Tidak hanya itu saja, pasukan tadi lebih mendewakan dibanding menyadari bahwa kedua tokoh hanyalah manusia biasa yang tidak akan pernah luput dari kesalahan. Begitu mendalam budaya dari nasi yang dikemas dalam bentuk kotak tadi hingga bisa jadi inspirasi dalam dunia politik di Indonesia.

Selain menjadi inspirasi di dunia politik, nasi kotak juga menjadi budaya di Jepang meski bahan dan isinya berbeda dengan Indonesia, dan disebut dengan Bento. Istilah Bento mempunyai pengertian sebagai satu paket makanan yang dimasak dengan masakan khas Jepang untuk dibawa pulang. Dalam satu paket bento tradisional terdiri dari segenggam nasi, ikan atau daging, acar atau sayuran matang, dan biasanya wadahnya berbentuk kotak. Bahan untuk membuat kotak tadi bisa buatan pabrik maupun ada yang merupakan hasil dari kerajinan tangan.

Di Jepang, bento dijual di beberapa tempat, diantaranya toko yang khusus menjual Bento, stasiun kereta, atau bisa juga dijual di supermarket. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan di Indonesia. Nasi dan lauknya dengan wadah kotak di Indonesia tidak banyak dijual di pasaran, namun dipesan melalui katering dan biasa digunakan pada acara-acara hajatan. Sehingga, tidak bisa membelinya secara langsung.

Inilah perbedaan budaya nasi kotak mewah maupun sederhana antara di negara Indonesia dengan Jepang, baik secara isi maupun fungsinya. Satu hal yang paling mencolok terlihat adalah nasi dengan wadah kotak tidak dijual secara bebas di pasaran seperti yang ada di Jepang. Sedangkan di Jepang, orang akan bisa menemui Bento dijual di berbagai tempat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini