Traveling ke Balikpapan? Jangan Lupa Beli 6 Kuliner Ini untuk Oleh-oleh!

Sudah jauh-jauh traveling dan menginap di hotel di Balikpapan, masa kamu tidak beli oleh-oleh untuk dibawa pulang? Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Balikpapan juga memiliki kuliner khas yang asiknya bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang di rumah. Mulai dari cita rasa gurih, asin, hingga manis, semua bisa kamu temukan di berbagai pilihan kuliner berikut ini.

Mantau

Traveling ke Balikpapan? Jangan Lupa Beli 6 Kuliner Ini untuk Oleh-oleh!
Source: Balikpapan-info.com
Kuliner satu ini memang bukan merupakan makanan asli Balikpapan karena selama ini lebih dikenal sebagai salah satu jenis kuliner asal Tiongkok. Namun, sepertinya mayarakat Balikpapan sangat menyukai mantau sehingga makanan ini menjadi sangat terkenal dan dijadikan oleh-oleh saat bepergian ke Balikpapan. Ada cukup banyak produsen mantau yang tersebar di Balikpapan, tapi salah satu yang paling populer berkat kelezatannya adalah Pondok Mantau. Tidak hanya sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa langsung mencicipi mantau di tempat secara langsung. Harganya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 60.000.

Amplang Ikan

Saat sedang naik kendaraan dan berhenti di lampu merah, terkadang kamu akan bertemu dengan beberapa penjual yang menjajakan amplang. Nah, Balikpapan adalah kota asal amplang tersebut. Amplang merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar ikan pipih. Terkadang ada pula produsen amplang yang menggunakan bahan dasar ikan tengiri. Tapi, konon amplang yang dibuat dari ikan pipih punya rasa yang lebih lezat dan gurih dibandingkan amplang berbahan dasar tengiri. Dikenal juga dengan nama kuku macan, amplang bisa kamu temukan di berbagai pusat oleh-oleh yang biasanya dekat dengan beberapa hotel di Balikpapan.

Bakpia

Siapa sangka bahwa ternyata Yogyakarta bukan satu-satunya daerah di Indonesia yang punya bakpia sebagai kuliner khasnya? Balikpapan pun ternyata juga memiliki kuliner khas yang sama. Bedanya, bakpia yang ada di Balikpapan mempunyai ukuran yang cenderung lebih besar daripada bakpia Yogyakarta. Selain itu, bakpia khas Balikpapan juga punya rasa yang tidak terlalu manis karena memang didominasi oleh rasa asin dan gurih, terutama pada bagian kulitnya. Jadi, rasa manis baru akan kamu dapatkan ketika menggigit isi bakpia. Sama seperti di Yogyakarta, bakpia khas Balikpapan juga hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, hingga keju.

Bingka

Traveling ke Balikpapan? Jangan Lupa Beli 6 Kuliner Ini untuk Oleh-oleh!
Source: virginmojito.wordpress.com
Terbuat dari bahan utama kentang, kue tradisional khas Balikpapan ini punya masa kadaluarsa yang cukup singkat. Kue bingka dibuat tanpa pengawet dengan bahan-bahan seperti telur, mentega, gula, susu, dan santan. Perpaduan bahan inilah yang menghasilkan rasa gurih serta manis pada kue bingka. Kamu bisa menemukan kue bingka dalam berbagai varian, seperti cokelat, pandan, vanilla, dan gula merah. Nah, karena tidak bisa bertahan lama, sebaiknya kamu membeli kue bingka beberapa jam sebelum pulang. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menemukan toko kue bingka di dekat hotel di Balikpapan yang kamu tempati.

Makanan Olahan kepiting

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan hasil lautnya. Hal ini dipengaruhi oleh letak kota yang memang berada di pesisir pantai. Jadi, kurang afdol rasanya kalau kamu berkunjung ke Balikpapan tanpa mencoba olahan seafood-nya, salah satunya adalah kepiting. Ada dua restoran kepiting yang cukup populer di Balikpapan, yaitu Kepiting Kenari dan Dandito. Tapi, kalau tidak sempat ke sana, kamu masih bisa kok membawa makanan olahan kepiting untuk oleh-oleh, contohnya seperti abon kepiting, amplang kepiting, dan berbagai jenis camilan berbahan dasar kepiting. Kamu bisa tetap mencoba olahan seafood khas Makassar, deh!

Onde-onde Ubi Ungu

Umumnya, onde-onde dibuat dengan kacang hijau sebagai bahan dasarnya. Panganan satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia sebagai jajanan tradisional. Tapi, di Balikpapan, kamu akan menemukan onde-onde yang menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasarnya, jadi isiannya pun berwarna ungu. Nah, onde-onde unik ini merupakan kreasi dari Rumah Kue Brownies yang terletak di kawasan Jalan Jend. Sudirman, yang juga menjadi salah satu kawasan berdirinya beberapa hotel di Balikpapan. Kalau kurang suka dengan ubi, onde-onde yang ditawarkan oleh Rumah Kue Brownies ini juga tersedia dalam berbagai rasa lain, seperti kacang hijau, cokelat, dan keju.

Jadi, dari keenam pilihan kuliner di atas, mana yang akan kamu bawa sebagai oleh-oleh dari Balikpapan?

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini