Memilih Keramik Untuk Kamar Mandi

Memilih Keramik Untuk Kamar Mandi

Keramik di kamar mandi rumah Anda perlu diperhatikan dengan matang. Terutama jika Anda sedang merencanakan untuk melakukan renovasi rumah, terutama pada bagian kamar mandi. Selain digunakan untuk lantai, keramik juga sering kali dipakai untuk tembok kamar mandi. Karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih keramik untuk kamar mandi.

1. Rencana yang baik
Tentu, Anda perlu merencanakan segala hal dengan baik sebagai salah satu langkah awal yang tepat. Jika persiapan dan perencanaannya matang, tentu hasil yang didapatkan juga akan sesuai dengan ekspektasi awal. Seperti misalnya, ketika Anda menginginkan adanya cekungan pada tembok kamar mandi Anda untuk menyimpan berbagai keperluan seperti sabun, sampo, kondisioner, dan lain-lain. Tentu Anda harus memastikan bahwa tidak ada saluran air atau jaringan listrik di daerah tembok yang akan dibuat cekungannya tersebut.

2. Cek Ukuran Keramik
Kesalahan umum yang paling sering terjadi adalah salah membeli ukuran keramik. Ukur ruangan dengan baik dan tentukan ukuran keramik apa yang akan Anda pakai. Hitung juga berapa banyak Anda harus membeli keramik tersebut. Belilah dengan jumlah yang lebih banyak sedikit agar ketika terjadi kerusakan saat proses pengiriman atau pemotongan keramik, masih ada keramik cadangan yang dapat digunakan. Selain itu, dikhawatirkan juga ketika tidak membeli keramik cadangan, toko bangunan tersebut kehabisan stok sehingga Anda tidak bisa mendapatkan motif yang sama.

3. Susun Keramik dari Atas
Banyak terjadi kasus di kamar mandi, yaitu pemotongan keramik dengan ukuran yang lebih kecil untuk mengisi kekosongan di tembok kamar mandi. Hal ini dapat dihindari dengan mulai memasangnya dari tembok bagian paling atas ke bawah. Sehingga kekosongan tersebut dapat diisi oleh grout atau semen pengisi keramik dari pada menggunakan potongan keramik.

4. Hati-Hati dengan Pintu dan Jendela
Anda harus berhati-hati jika memasang keramik di dekat pintu atau jendela. Hal ini dapat sedikit menyulitkan Anda saat melakukan waterproofing di kamar mandi. Pastikan bahwa sistem waterproofing di kamar mandi Anda dapat menahan air yang dapat masuk melalui jendela.

5. Saluran Air yang Baik
Selanjutnya pastikan juga bahwa saluran air yang di dalam kamar mandi Anda sudah tepat. Pastikan bahwa air dalam jumlah yang cukup besar mengalir dengan lancar dan tidak menggenang begitu saja di lantai.

6. Pelindung Anti-Bocor
Jika Anda memisahkan kamar mandi Anda menjadi area basah dan area kering, maka Anda harus menggunakan pelindung anti bocor yang tepat pada dinding-dinding shower Anda. Gunakan juga keramik dengan alur khusus yang membuat airnya mengalir ke arah saluran air dan tidak mengalir ke daerah yang kering.

7. Lantai Berbatu
Jika Anda menggunakan lantai yang teksturnya berbatu-batu, tentu akan membuat air lebih sulit dan lebih lama mengalir karena permukaannya yang tidak rata. Karenanya, beri jarak sekitar 1 atau 2 cm antar batunya untuk membuat air lebih cepat mengalir ke saluran air.

8. Perhatikan Pemasangannya
Dalam memasang keramik di kamar mandi, membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus menunggunya sampai benar-benar kering baru menutup celah antar keramiknya. Tentunya butuh waktu beberapa hari lagi untuk benar-benar bisa menggunakan kamar mandi tersebut. Tiap prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari.

9. Berikan Sentuhan Kecil
Sebuah sentuhan kecil dalam desain kamar mandi dapat membuatnya jauh jadi lebih berbeda. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan, seperti menggunakan pola keramik yang berbeda antara tembok dan lantai. Atau antar buat perbedaan bagian yang kering dan yang basah.

10. Perbesar Ukuran Cekungan
Buatlah cekungan di tembok yang berukuran lebih besar sekitar 3-5 cm, karena ketika dilapis dengan keramik, maka secara tidak langsung ukuran cekungannya akan berkurang karena ketebalan dari lapisan keramik tersebut. Selain itu, lebih baik memiliki ukuran yang besar, dari pada nantinya botol sampo Anda tidak muat diletakkan di dalamnya.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini