Cek Jumlah Zakat di Kalkulator Zakat Penghasilan


Zakat Penghasilan

Dalam hidup ini, zakat memiliki peran penting dan manfaat dalam hidup ini. Manfaat utamanya adalah membantu sesama yang masih kekurangan dalam hidup ini. Zakat juga memiliki banyak jenis tergantung dari harta yang ingin dizakatkan. Apa saja jenis zakat? Berikut ada jenis-jenis zakat tergantung harta yang dimiliki anda:

1. Zakat fitrah yang wajib ditunaikan menjelang Idul Fitri dengan beras 3,5 kg atau dengan uang setara dengan nilai beras tersebut.

2. Zakat mal merupakan zakat dari harta yang dimiliki jika sudah mencapai nisab dan sudah melebihi 1 tahun. Karena harta terbagi menjadi banyak, berikut rincian zakat untuk masing-masing harta:

a. Hasil peternakan
b. Hasil pertanian
c. Emas & perak
d. Hasil usaha atau perniagaan
e. Hasil pertambangan
f. Barang yang ditemukan dan tidak ada pemiliknya
g. Hasil penghasilan atau profesi

Dari 7 jenis harta diatas, terdapat satu zakat yang juga wajib ditunaikan dalam hidup ini untuk membantu sesama adalah zakat penghasilan. Zakat penghasilan diambil dari hasil pekerjaan atau profesi yang didapat dari hasil profesi seperti profesi dokter, guru, karyawan, akuntan, dan profesi lainnya. Jadi bagi anda yang memiliki profesi tetap, wajib untuk melaksanakan Rukun Islam yang ketiga ini. Zakat profesi ini juga akan diberikan kepada 8 golongan yang berhak menerimanya. Apa saja, berikut daftar golongan yang mempunyai hak untuk menerima zakat dari pengelola zakat.

- Fakir, orang yang tidak memiliki harta sedikitpun
- Miskin, orang yang kekurangan dan tidak cukup memenuhi kebutuhan hidupnya
- Amil, orang yang mempunyai tugas sebagai pengumpul dan penyalur zakat
- Mualaf, orang yang telah memeluk Islam
- Hamba sahaya, orang yang ingin merdeka
- Orang yang mempunyai hutang dalam hidupnya
- Sabilillah, orang yang berjuang pada Perintah dan Agama Allah SWT
- Ibnu sabil, orang yang berada dalam perjalanan dan tidak punya uang

Itulah 8 golongan yang berhak menerima zakat dan sebaiknya segerakan anda membayar zakat ke pengelola zakat. Jika anda belum tahu jumlah uang yang harus dibayarkan, sebaiknya anda cek terlebih dahulu menggunakan kalkulator zakat penghasilan. Dengan menggunakan kalkulator zakat penghasilan, jumlah yang dibayarkan oleh anda akan sesuai dengan hukum hitungan zakat.


Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini