Cara Merawat Knalpot Mio Racing


Knalpot Mio Racing

Bagi sebagian pemilik sepeda motor, knalpot menjadi salah satu komponen motor yang perlu mendapat perhatian lebih. Banyak tidak sedikit yang rela menghabiskan dana lebih untuk mengganti knalpot standar sepeda motornya dengan knalpot racing dengan harga yang jauh lebih mahal. Hal ini terjadi karena knalpot merupakan bagian dari identitas motor dan juga bisa bernilai gengsi bagi pemiliknya. Mengapa demikian?

Keluaran suara dari knalpot motor terkadang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Harapan agar semua orang tahu siapa pemilik sepeda motor hanya lewat suara knalpotnya, selalu menjadi harapan. Belum lagi nilai gengsi juga menjadi faktor, ketika merk knalpot mahal nempel di sepeda motornya. Sayangnya, prinsip demikian tidak dimiliki oleh semua pemilik sepeda motor. Jangankan untuk mengganti knalpot racing mio dengan knalpot custom, bahkan knalpot standar bawaan dibiarkan begitu saja hingga berkarat dan bocor.

Sebenarnya, knalpot motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang perawatannya sangat sederhana dan tidak butuh waktu khusus. Namun, yang sering terjadi adalah hal yang sebaliknya. Knalpot motor tidak terawat dan dipenuhi dengan karat hingga akhirnya bocor. Jika ini terjadi, tidak hanya akan berimbas kepada tampilan motor itu sendiri, tetapi juga akan berpengaruh kepada perfoma sepeda motor itu sendiri.

Kurangnya perawatan pada knalpot hingga bocor sendiri juga akan menyebabkan banyak kerugian lainnya. Baik suara mesin yang berubah dan berisik maupun performa motor yang akan berkurang seperti yang suidah disinggung diatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan komponen sistem pembuangan motor ini. Dan berikut ini adalah Tips dan Cara Perawatan Knalpot Motor Agar Tidak Berkarat dan Bocor, seperti dibawah ini:

 TIPS PERAWATAN KNALPOT ANTI KARAT

  • Cobalah untuk mencuci motor secara rutin, terutama setelah kehujanan. 
  • Menjaga kebersihan motor, tak hanya knalpot, akan menjauhkan komponen-komponen metal pada motor dari serangan karat. 
  • Jangan lupa pula seusai mencuci untuk mengeringkan motor hingga benar-benar kering.
  • Oleskan pelumas di bagian leher knalpot sehabis memanaskan mesin motor. 
  • Sebaiknya ini dilakukan secara regular untuk mencegah terjadinya korosi pada bagian leher knalpot.
  • Tuangkan pula sedikit oli, 1-2 sendok makan ke dalam knalpot saat memanaskan motor. 
  • Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang berada dalam knalpot serta menjaga knalpot dari karat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini