Wisata Pulau Birah-Birahan Kotabaru, Kalimantan Selatan


Wisata Pulau Birah-Birahan Kotabaru, Kalimantan SelatanPulau Birah-Birahan terletak di antara kecamatan Pulau Laut Kepulauan dengan kecamatan Pulau Sembilan.

Pulau ini terbilang masih baru, tidak seperti saudara nya yang sudah terkenal luas, yaitu Pulau Samber Gelap. Namun kedua nya sama-sama sangat bagus dan memiliki ciri khas masing-masing.

Sebagai pulau yang terletak jauh di selatan Kotabaru. tentu ada harga dan waktu yang lumayan yang harus di bayar untuk sampai ke tempat wisata ini.

Pertama-tama kamu bisa menuju Dermaga Kenyamukan. Setelah itu, perjalanan di lanjutkan dengan menyewa perahu nelayan. Harga sewanya berkisar antara Rp. 500.000,00 – Rp. 800.000,00/perahu (maksimal 25 orang).

Perjalanan dari Dermaga Kenyamukan sampai ke Pulau Birah-Birahan, Kabupaten Kotabaru, membutuhkan waktu sekiranya 8 jam perjalanan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menjumpai kawanan lumba-lumba saat menyeberangi lautan tersebut.

Pilihan lain untuk ke sampai Pulau Birah-Birahan bisa melalui Teluk Tamiang, Pulau Sugi, ataupun desa Lontar. perjalanan menggunakan kapal nelayan bisa di tempuh sekitar 2-3 jam, tergantung kecepatan kapal, arah angin dan ombak.

Saran saya, jangan ke sana pada saat musim angin barat, karena 80% nelayan tidak akan mau mengantar karena alasan gelombang besar.

Keunikan Pulau Birah-Birahan Kotabaru ini adalah setumpuk koral mati yang tersapu ombak sehingga membentuk pulau baru, namun sangat disayangkan banyak koral mati sampai membentuk pulau seperti ini.

Selain itu, Ada tiga zona pantai di pulau Birah-Birahan ini.

1. Zona terumbu karang,

2. zona pantai tebing batu

3. Zona pantai penuh ganggang

Untuk zona pantai penuh ganggang sebenarnya kurang bagus untuk berenang, karena banyak tanaman air, ikan kecil, anak hiu dan anak ikan pari. Oleh karena itu, zona ini lebih cocok buat kamu yang punya hobi memancing.

Namun jangan khawatir dulu, Di sini juga ada spot buat snorkeling, kok. Coba aja kamu sambangi zona pantai terumbu karang. Pasti kamu gak akan nyesel. Tapi sayangnya, kamu harus membawa peralatanmu sendiri, karena di sini belum ada yang menyewakan peralatan tersebut.

Demikian sekilas tentang Wisata Pulau Birah-Birahan Kotabaru, Kalimantan Selatan. Selalu jaga kebersihan tempat wisata kita ya sahabat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini