Wisata Danau Seran Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Wisata Danau Seran Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Bertempat di Kelurahan Gantung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan terdapat sebuah Danau yang cukup unik dan memukau, namanya Danau Seran, atau juga disebut sebagai Danau Cempaka.

Danau ini terletak di Jalan Guntung Manggis (Jalur Trikora, Banjarbaru). Secara kasat mata, danau ini memang terlihat kecil. Namun, hal itu tidak membuat surut minat para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata ini. Mengapa? Karena dulunya, danau ini terbentuk akibat bekas pendulangan intan yang dilakukan oleh warga setempat dan PT. Galuh Cempaka. Dan karena sejarah itulah, maka tempat ini pun selalu ramai dikunjungi.

Danau Seran memiliki air yang sangat jernih dengan warna kehijauan dan di sekitar danau tumbuh subur pepohonan yang rindang, menambah asri suasana danau seran.

Sehingga danau ini telah menjadi daya tarik wisata baru bagi warga Banjarbaru. Apalagi dari pinggir danau ini wisatawan dapat menyaksikan sunset yang sangat indah.

Bagi wisatawan yang datang dari jauh kemungkinan tidak akan sadar jika danau ini terbentuk dari sisa penambangan yang ditinggalkan begitu saja tanpa dilakukan proses reklamasi.

Terlepas dari itu semua, yang pasti danau ini telah berubah wajah menjadi tempat yang sangat cantik. Apalagi jika wisatawan berkunjung di sore hari. Langit jingga dan matahari yang mulai tenggelam dengan sinarnya yang mulai memerah membuat lukisan alam yang begitu indah. Dari sana kemudian banyak anak muda yang tertarik untuk berkunjung ke danau ini.

Jernihnya air danau membuat siapa saja yang berkunjung ke sini tidak akan kuasa untuk menahan hasrat berenang. Namun bagi kalian yang mau berenang di danau ini harap untuk berhati-hati dan jangan terlalu ke tengah. Sebab danau ini adalah bekas area galian yang artinya permukaan dasar danau tidak rata sehingga beresiko masuk ke dalam lubang yang dalam layaknya sumur.

Kalau mau aman tapi tetap bisa menikmati keindahan danau ini, bermain saja di tepinya. Atau bersantai di bawah pepohonan yang tumbuh di pinggir danau. Dengan pengambilan posisi gambar yang tepat, kamu akan mendapatkan hasil foto yang sangat indah, tak kan ada yang menyangka jika danau itu adalah bekas area tambang.

Selamat berlibur ya, Namun tetap jaga selalu kebersihan Danau Seran ini. Agar selalu terlihat cantik.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini