Wisata Goa Batu Hapu Tapin

Wisata Goa Batu Hapu Tapin
Mulut Goa Batu Hapu
Goa Batu Hapu merupakan sebuah goa karst yang luas dengan mulut goa yang besar. Ada dua bibir goa yang sudah terhubung dengan tangga beton sehingga memudahkan pengunjung masuk ke goa.

Di dalam mulut goa, stalagmit (susunan batu kapur berbentuk kerucut yang berdiri tegak di lantai gua) dan stalaktit (batangan kapur yang terdapat pada langit-langit goa dengan ujung meruncing ke bawah) yang terbentuk secara alami sungguh memukau. Dari langit-langit goa yang berlubang, cahaya matahari menembus masuk.

Sesekali, kelelawar terbang keluar dan masuk mulut goa. Suara kelelawar terdengar semakin berisik saat masuk lebih dalam ke goa dengan melewati jembatan besi.

Akses

Gua Batu Hapu adalah objek wisata yang terletak di dekat pasar Binuang tepatnya di desa Batu Hapu, kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin yang bisa ditempuh 43 Km dari Kota Rantau dan dari Bandar Udara Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru, Goa Batu Hapu berjarak sekitar 80 kilometer atau sekitar 110 kilometer dari Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari pasar Binuang masuk sejauh 16 km dengan jalan yang sudah cukup baik, selama perjalanan anda dapat menikmati pemandangan pedesaan yang khas dengan nuansa alam pegunungan.

Baca Juga : Wisata Pulau Pinus 2 Riam Kanan

Panjat Tebing

goa ini terletak dipegunungan sehingga yang mempunyai hobi tantangan panjat tebing disinilah nyalinya diuji, tetapi risiko ditanggung sendiri karena belum diasuransikan, masyarakat di sekitar goa siap bermitra dengan wisatawan yang berkeinginan bermalam sambil menikmati makanan dan kehidupan masyarakat pedesaan.


Tiket Masuk

Pengunjung di haruskan membayar retribusi Rp 2.500 per orang, Dewasa ataupun anak-anak di kenakan tarif yang sama, termasuk saat hari libur.

Demikian sedikit tentang Wisata Goa Batu Hapu Tapin, Semoga bermanfaat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini