Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Nunukan adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi kalimantan Utara, dan Pulau Nunukan memiliki luas wilayah 14.493 Km². Kabupaten Nunukan memiliki Motto "Penekindidebaya" diambil dari bahasa tidung, yang artinya "Membangun Daerah".

Nunukan adalah salah satu daerah berkembang di Provinsi Kalimantan Utara, dalam 5 tahun terakhir Daerah Nunukan mengalami peningkatan yang pesat terutama dari sektor perkebunan, perdagangan dan rumput laut.

Wilayah Kabupaten Nunukan ini menjadi sangat penting karena berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia, yaitu kota Tawao di malaysia Timur.

Maka dari itu Kabupaten Nunukan menjadi pintu gerbang bagian utara provinsi Kalimantan Utara, untuk tujuan wisata wilayah Nunukan juga menyimpan banyak potensi alam, keindahan alamnya juga sangat menakjubkan.

Di pusat kota Nunukan, juga banyak terdapat fasilitas umum, seperti penginapan/hotel, beberapa tempat hiburan dan juga beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, antara lain :


Alun-alun Kota Nunukan

Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Nunukan adalah salah satu kabupaten di Kaltara yang sedang berkembang. Nunukan memiliki potensi daerah yang sangat besar di bidang perdagangan, pertanian, jasa dan perkebunan. Hal ini ditunjang oleh jalur utama perdagangan kota Tawao, Malaysia dan pulau-pulau lain di derah Sulawesi dan jawa hal ini ditunjang dengan posisi pulau nunukan yang strategis dan keberadaan Pelabuhan Besar Tunon Taka. Setiap hari rata- rata 8 unik kapal cepat dengan kapasitas penumpang mencapai 100 orang, pulang - pergi antara Nunukan dan Tawao.

Sungai Nyamuk

Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Di Sungai Nyamuk ini sebagian besar penduduk dan masyarakat bekerja dan berprofesi sabagai petani yang menggarap tanaman lada dan coklat. Di daerah Sungai Nyamuk ini terkenal sebagai penghasil lada dan coklat dari Kalimantan Utara. Bagi anda yang tertarik dengan ilmu pertanian, tentu saja tempat ini bisa direkomendasikan sebagai tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Baca Juga : 6 Wisata Alam yang Menarik di Kabupaten Bulungan

Pantai Batu Lamampu

Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Seperti pantai lainnya, Pantai ini juga sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar saat hari libur. Pantai ini menawarkan berbagai macam keindahan diantara nya, ombak laut yang kuat, hamparan pantai yang panjang lagi bersih. Sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Selain menawarkan berbagai macam keindahan, Konon di kawasan pantai batu lamampu ini terdapat sebuah batu yang memiliki mitos Jodoh. Di atas tumpukan batu karang ada sebuah pohon beringin, dan masyarakat mempercayai jika mengikatkan seutas tali di pohon tersebut dan menyebut nama seseorang, maka dia akan menjadi jodoh kita.

Baca Juga : Objek Wisata Pantai Amal Kalimantan Utara

Pesona Masjid di Tengah Laut

Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Di Kepulauan Nunukan terdapat sebuah masjid yang sangat unik, yakni Masjid An-Nur. Yang membuat masjid ini berbeda adalah letak nya yang berada di tengah lautan. Sehingga kalau dilihat dari kejuhan masjid ini seakan-akan terapung. Setelah sholat, jema'ah bisa menikmati pemandangan indah nya laut sekitar dengan sibuknya lalu lintas kapal sekitar masjid.

Budidaya Rumput Laut

Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan

Kepulauan Nunukan memiliki garis pantai yang panjang, sekitar 314.592 Km dengan luas perairan 304.867 Hr. Dengan luas tersebut, Nunukan sangat berpotensi besar di bidang budidaya rumput laut. Kehadiran rumput laut di daerah nunukan sangat berperan menaikkan perokonomian masyarakat nunukan, yang sebelum nya hanya mengandalkan dari mencari ikan.

Demikian sedikit tentang Tempat - tempat Wisata di Kabupaten Nunukan, yang bisa anda kunjungi. Tentunya selain tempat wisata di atas masih banyak tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Nunukan, Semoga bermanfaat.

Masukkan Alamat Email Anda di Bawah ini